Valentino Rossi Bilang Motor Yamaha M1 Versi Lama Lebih Kompetitif, Ini Faktanya

0

Mugello, ITALIA— Putaran ke enam gelaran balap MotoGP dilangsungan di negeri Spaghetti, kampung halaman Valentino Rossi, Italia..  memasuki hari pertama latihan bebas ( FP1 & FP2), The Doctor mengalami sedikit peningkatan jika melihat dia memacu motor dengan kondisi dibekap cedera akibat kecelakaan baru-baru ini, di sesi pertama Rossi berada di posisi 15 dan sesi kedua dia mampu memperbaiki catatannya di posisi 12 tercepat.
Rasa sakit yang membalut lengannya tak kunjung reda ditunjang dengan kondisi motor Yamaha M1 yang memberikan feeling yang kurang enak saat digeber, Jika kondisi diluar sepuluh besar ini berlangsung hingga sesi latihan bebas ke tiga maka dikhawatirkan Rossi tidak akan bisa turun dalam  sesi Kualifikasi dengan kata lain nasib nya akan ditentukan pada FP3 hari sabtu.

Celakanya lagi sirkuit  Tuscan adalah salah satu trek yang paling menantang secara fisik, membutuhkan kondisi kesehatan yang optimal, selain daripada itu kondisi alam berupa suhu panas di trek menjadi tantangan yang tak ter elakkan, semua kondisi ini menjadikan seri kali ini menjadikan hal sulit bagi Rossi dalam kondisi saat ini  karena dengan kondisi fit 100% saja sudah sulit apalagi saat dibalut cedera saat ini, seperti yang dikeluhkan nya,

 “Saya tidak menyangka menderita rasa sakit sekali di lengan saya … Untungnya setelah itu saya pergi ke klinik dan mengobati bagian yang sakit itu.. Sore harinya aku minum obat penghilang rasa sakit yang bisa meredakan rasa sakit di lenganku.
Namun  itu tidak cukup untuk meredakan memar -memar yang terjadi saat jatuh dilintasan saat latihan lalu, selain itu saya juga merasa khawatir dengan perasaan dengan motor, kita harus menemukan sesuatu yang lebih baik, terutama untuk hari Minggu… Kita harus melangkah lebih jauh dan mencoba agar bisa memasuki Kualifikasi (Q2), jika tidak bisa masuk kualifikasi (start diluar 10 besar) semuanya akan menjadi lebih rumit…  Kita harus melakukan perbaikan  baik secara fisik maupun dalam set-up motor…  Aku merasa tidak enak badan”.

Memang banyak yang harus dibenahi pada motor Yamaha YZR-M1 agar kompetitif kali ini dan kunci dari semua itu adalah bagaimana menentukan pilihan ban yang tepat,  kompon ban Michelin yang berbeda akan memberikan hasil yang tidak sama  untuk setiap motor.. bagi Yamaha Factory ini sebetulnya adalah saatnya untuk mendiminasi melihat posisi pembalap tim Satelit Yamaha Tech3 saja menempatkan Jonas Folger dan Johann Zarco pada posisi  ke 3 dan ke 4.
Dan Feeling Rossi berkayta bahwa kondisi ini mirip dengan seri sebelumnya di Spanyol dan Perancis,

“Ini, seperti di Jerez dan Le Mans, paket motor lama melaju dengan lebih baik…. Namun saya berharap paket motor baru juga akan semakin kuat … Zarco juga sepertinya tidak memaksa ban terlalu kuat dan sehingga tidak mengalami penurunan performa, di sini  mereka( tim satelit Yamaha) akan sangat kuat. “

Bisa jadi pernyataan Valentino bahwa motor dengan paket lama akan sangat bagus Faktanya saat latihan tim satelit begitu bagus, tak bisa disangkal.. karena Feeling dan pengamatan Rossi sangat tajam !

Leave a Reply