Honda Civic Tipe R 2018, Garang namun tetap Elegan Harga 500 juta

0

  LONDON— Kedinamisan pabrikan otomotif Honda masih kita rasakan auranya dengan melihat update dari varian legendaris CIVIC nya… Untuk Civic Tipe R terbaru, dilengkapi dengan mesin bensin VTEC Turbo 4 silinder berkapasitas 2 liter yang sudah ditingkatkan. Tenaga output maksimalnya sebesar 320 ps dan torsi maksimum sebesar 40,8 kgm. Hasil ini dalam peningkatan 10 ps dalam rasio saat ini.
Harga untuk daerah Amerika Serikat yang terbaru berada di kisaran  35 ribu dolar AS atau sekitar 465 juta rupiah,
Honda American memberikan pernyatannya“Kami merencanakan untuk meluncurkannya di pasar Amerika Serikat musim semi ini.”
Dalam pameran mobil di Jenewa, dilakukan pengenalan generasi kelima hatchback Honda Civic Tipe R. Diketahui bahwa versi konsepnya pernah dipamerkan dalam sebuah pameran di Paris, musim gugur tahun lalu, namun kemudian diumumkan bahwa mereka akan bersiap meluncurkan mobil tersebut.


Honda Civic Tipe R 2018 dalam model baru berdasar dari hatchback Civic 5D generasi ke-10 dan terlihat berbeda dari ‘source code’ dari sayap belakang yang besar, karbon fiber, dan sisi mobil, bumper yang lebih agresif, ‘fender’, ban 20 inci, kehadiran ‘air intake’ dan tiga knalpot di bagian tengah bawah mobil.


Seperti pendahulunya, desain eksterior baru Civic Tipe R menggunakan aksen merah dan jok sporty yang sesuai dengan interior dan setirnya, trim metal di pedal, dashboard dan stik gear, sebagai pelengkap spesial. Sebagian interiornya masih mirip dengan hatchback versi normal.

Honda Civic Tipe R 2017-2018 memusatkan pembaruan mesin turbo empat silinder berkapasitas bensin 2,0 liter dari generasi sebelumnya yang akan menghasilkan tenaga sebesar 310 dan torsi 400 Nm, mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik, dan top speednya mencapai 270 km/jam.
Diketahui juga bahwa mesin hatchback baru ini akan menghasilkan 345 tenaga kuda, dan torsi 450 Nm, namun versi sungguhannya menghasilkan tenaga lebih kecil-hanya 320 tenaga kuda plus gaya dorong sebesar 10 newton, dan torsi maksimumnya tidak berubah, menyisakan level sebelumnya sebesar 400 Nm. Mengendarai hatchback ini-bukanlah alternatif untuk sistem mekanik enam kecepatan.


Di sisi elektronik kontrol Honda memunculkan mode ‘Comfort’ yang mana mengubah setelan ‘adaptive shock absorber’ di suspensinya, reaksi pada pedal gas dan setir mobil dalam arah tenaganya lebih nyaman. Ada juga mode ‘Sport’ dan ‘+R’. Suspensinya lebih lembut dari pendahulunya dan torsi kekakuan  bodi mobilnya membesar menjadi 38 persen.

Pembuatan mobil ini  akan dilakukan di Inggris dan penjualan Honda Civic Tipe R akan dimulai akhir 2017, dan untuk pertama kalinya mobil ini akan berada di Amerika Serikat. Informasi harganya belum ada.

Leave a Reply