2013 New Ninja 250 Evolution Mapping… Wani piro…???


Mapping design Ninja series…Warisan dari Senpai (先輩)/Senior.

Mungkin saja setiap varian lekuk tubuh antara satu varian dengan lainnya didesain oleh orang yang berbeda iya too..? nah kalau keunggulan itu dipadu dalam sebuah motor opo gak menjadi motor terbagus dari yang bagus..??? kali ini RT akan coba bahas kelas yang lagi jadi trend saat ini yaitu sport full fairing dengan istilah pemetaan desain(design mapping)…

Ninja 250 series semakin mengokohkan titlenya sebagai ‘performance bike’ dengan pricing yang sebanding dengan apa yang didapat dari ketangguhan dan tampilan motor itu sendiri dengan memposisikan pada konsumen dalam range”middle-up” …(50jeti up…)


Latar belakang touring bike yang mendominasi global market jadi acuannya..

Untuk pabrikan Honda memang ada beberapa  referensi untuk motor berfairing sebagai acuan desainnya….Honda tampaknya lebih yakin dengan mengawinkan sport (CBR)dengan touring bike(VFR).. sehingga desain VFR merasuk dalam tubuh CBR 250nya dimana klan CBR sebenarnya notabene klan sport murni… lain kalau pakai nama VFR,CBF… atau CB yang naked…sebuah strategi kawin silang dua ras menjadi sport touring,memang secara level bisa dibilang “cuma” bersinggungan dengan klan Ninja 250.. beda konsep..walau kesininya di”head-to-headkan” atas dasar full fairing dan kubikasi…lantas kelebihannya apa kalau touring sport.. ? dari konsumen yang disasar lebih luas tentunya dengan kata kunci “touring+sport”…serta pendekatan teknis yang beda dengan “performance bike” terbukti hanya dengan silinder tunggal dan main di torsi…serta berdampak dalam cost/penetapan pricingnya(50jeti-kebawah)…nah hal itu sudah menjadi ‘opsi global’ pabrikan sayap mengepak ini,enggak bisa dibilang salah!!…dan cara pandangnya juga secara global market entah di Indonesia hal ini “diterima” pasar apa tidak hanya waktu yang akan membuktikanya…selain itu pricing akan menemukan konsumennya sendiri-sendiri 😀

Bagaimana dengan pabrikan yamaha…? lain lagi nih… secara ‘design mapping’ gak perlu repot desain…fokoknya 😀


Design Sport full fairing Yamaha bejibun…DNA balap jadi tema setiap produknya…kenapa tidak segera..??

Yamaha sebetulnya mempunyai segudang desain sport yang menawan… bagaimana jika kelas seperempat liter ini di tanah air menjadi ‘ladang subur’ buat pabrikan roda dua..apakah Yamaha akan terjun juga…?.akan bermain di range manakah kira-kira kalau benar-benar terjun…??? karena statusnya masih “abu-abu” untuk kelas full fairing maka wait & see saja…atau ada pendapat lain…???


Perlu keberanian lebih walau modal desain sudah ada…atau fokus di roda empat saja di Indonesia..???

Suzuki yang bertarung di kelas blue ocean seperempat liter dengan menurunkan varian nakednya tampaknya ‘tahu diri’…harus berani menentukan pilihan jika main di kelas 250cc ini…dan akhirnya jatuh ke opsi Inazuma 250..kiprahnya kita tunggu saja..pun tampaknya masih malu-malu kucing ngaspalnya :mrgreen: ,tapi bagaimana kans-nya untuk main di kelas full fairing… sama dengan Yamaha..masih “grey” jua… tapi secara modal desain banyak kok acuan full fairing yang ajib…

Well… kelas seperempat liter memang kelas ‘middle’ baik secara kubikasi maupun harga… sehingga sebetulnya batas level “menengah ” di kisaran 50-an jt di Indonesia adalah wajar… yang jadi masalah mampukah pabrikan meracik motor sport yang kompetitif kualitas bagus dikisaran harga segitu..

Hmmm semoga hal ini akan mendorong pabrikan lain memproduksi dan membuat pabrik di Indonesia… sehingga harga lebih murah lagi dibawah 50 juta kalau bisa…namun kembali ke judul tadi..wani piro or wani pora, untuk membangun pabrik di sini…

Karena untuk merealisasikannya banyak faktor yang harus mendukungnya..seperti kesiapan vendor lokal yang mumpuni untuk support ke industri roda dua tanah air walau’CKD’ … atau pabrikan lokal akan muncul…? tunggu 20 tahun lagiii 😀

“Melihat ketiga varian CBR,Ninja & Inazuma sebetulnya adalah sebuah pilihan semata dan tampaknya bisa juga dibilang ‘berbagi lahan’ entah maunya konsumen kesininya kalau mereka diadu itu hanyalah tuntutan sebuah ‘kompetisi performa’ adanya(mungkin kedepan ketiganya akan “diperkosa” dalam satu sirkuit balap)…dimana secara jualan tak lain ketiganya adalah sebuah tawaran dari ketiga ‘pabrikan samurai’ itu dan konsumen dipersilakan menentukan pilihan sesuai selera,peruntukan serta kemampuan daya belinya…bagaimana kalau budget gak nyampai…yah minimal jadikan mongtor impian sajah….”  :mrgreen:

Related Articles

56 COMMENTS

    • pak RT, istilah blue ocean itu apa toh ? apa maksudnya buat pasar asia tenggara (yang wilayahnya sebagian besar laut :D)

      • blue =air laut yang tenang wkwkwkwkwk……..itu lawannya red=darah …adu kepala… fairing lawan fairing..naked lawan naked… pokoknya “berani diadu”
        gampangnya yah menciptakan arus sendiri…CMIIW
        Nih tak carikan lengkapnya… 😀 tinggal baca..

        Yang dimaksudkan dengan Blue Ocean Strategy adalah sebuah strategi bisnis yang dipaparkan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne, dimana mereka mengajarkan para pelaku usaha untuk bisa menaklukan ketatnya persaingan dengan menciptakan pangsa pasar baru yang belum pernah dilirik maupun tersentuh oleh para kompetitornya.

      • ow.. itu masuk strategi bisnis toh. boleh diambil pintasnya, mencari dan menemukan celah yang belum dipakai sama kompetitor ya.

  1. Pak RT, mau nanya, CBR 250 RR yg warna kuning itu pernah dijual di Indonesia nga y? keren banget kalo dibandingin sama New CBR 250 yg sekarang.. IMHO,, terus mesinnya sama New CBR 250 yg sekarang sama nga y,, atau beda sama sekali..?

    • Beda bro Honda CBR 250 RR itu keluar pada tahun 90an. mesinnya juga 4 silinder segaris dan powernya juga jauh banget hampir 40 Hp.
      cmiiw.

      • Beeeuuhh,, kalo 4 silinder brati jauh lebih sangar dari ninin 250 fi dong.. Brati yg 250 RR ini bener2 sport murni y bro, beda sama 250 R, udah ada keturunan turing’y,, padahal namanya mirip, tapi spec beda jauh, kadang membingungkan saya yg masih newbi..

  2. Pak RT CBR250 RR (kuning) kok itu sih, bukannya itu cuma cbr poto gosip, cbr250 RR, yang pernah saya liat lampunya bulet dua. Gimana kalo di ganti gambar new cbr 250 R aja pak?

  3. ninja250 bisa kmungkinan narik fans nya zx6, cbr250 sudah jelas narik fans nya vfr1,2
    pangsa pasar kakaknya di intimidasi…

  4. Efek yang terasa nampar ya bagi pemilik zx 600 & 1000. Secara penampilan mirip blas. Cuma beda dikit. Jadi yang mau beli zx 1000 jadi pikir2 karena toh penampilan hampir sama persis.

  5. cbr250rr kuning & yzf-r4 di atas cuma sotoshop orang iseng di internet..
    banyak banget korbannya..
    hari gini masih ketipu sama sotoshop..

  6. Keunggulan cbr 250 dibanding All new ninja 250 :

    1. CBR 250 ada fitur side stand switch, ninja gak ada.
    2. CBR 250 ada saklar lampu shg lampu bisa dimatikan, Kalo ninja otomatis lampu selalu hidup shg boros aki serta keawetan bohlam.
    3. CBR 250 Terdapat combi brake pada semua tipe rem, ninja gak ada.
    4. Bobot cbr lebih ringan drpd ninja. beda 10 kg.
    5. cbr jauh lebih irit bbm krn 1 cilinder.
    6. Posisi duduk serta handling CBR 250 lebih nyaman, ninja lebih nunduk jd lebih cepet pegel.
    7. Krn cbr 1 cilinder maka perawatan dan jadwal penggantian parts akan lebih murah drpd ninja karena jumlah komponen yg digunakan lebih sedikit.
    8. Jaringan bengkel resmi honda jauh lebih besar daripada kawasaki sehingga disinyalir after sales & ketersediaan suku cadang akan lebih terjamin.
    9. Harga cbr lebih murah daripada ninja, untuk masing2 tipe terpaut 10 juta dengan new ninja.
    10. Ukuran Velg CBR 250 lebih besar daripada ninja 250.
    11. Sistem Injeksi CBR 250 lebih modern drpd ninja 250 krn sdh mengadopsi close loop dg 02 sensor untuk gas buang. Ninja 250 indonesia masih open loop.
    12. Posisi duduk boncenger cbr 250 lebih nyaman dan lebar drpd ninja 250.
    13. Tarikan awal CBR 250 masih tetap lebih galak daripada new ninja 250. (menurut review beberapa otomotif media yang sudah ngetest di sentul)
    14. Bentuk desain & style cbr lebih kalem, elegan dan eksklusif.
    itulah cbr 250.

    Keunggulan all new ninja 250:

    1. Mesin 2 silinder shg top speed lebih cepat drpd cbr.
    2. suara knalpot lebih menyenangkan. ganti knalpot racing suara bisa lebih mantab.
    3. Desain ninja 250 lebih sporty, racy, stylish dan very moge look.
    4. Desain nya memungkinkan Hawa panas dari mesin dialirkan ke bawah sehingga menambah kenyamanan pengendara.

    Jadi terlihat Keunggulan CBR 250 sebenarnya lebih banyak, namun keunggulan ninja 250 walaupun lebih sedikit namun vital sehingga nilai keduanya bisa jadi seimbang.
    Tergantung selera konsumen.

      • Eh salah ya..?? Namanya apa sih mbah yang bener?
        Pokoknya CBR 250 itu Kalo gk salah pas dimasukin gigi 1 ketika standar samping masih dibuka maka mesin motor nya mati. Di ninja 250 yang lama juga gitu kok.

        • Kalau tidak salah semua motor batangan ada ..switch di kopling.. kalau motor posisi gigi masuk.. mesin ogah hidup..tanpa dikopling..itu kali….cmiiw

  7. motor mimpi yzf 250R gambarnya udah betahun2 yang lalu alias jadul tapi klo bandingkan dengan New ninja kok ngga kalah keren ya desainnya malah sekilas lebih racy look..

  8. DigJack berkata:
    6 Agustus 2012 pada 10:03 pm

    Eh salah ya..?? Namanya apa sih mbah yang bener?
    Pokoknya CBR 250 itu Kalo gk salah pas dimasukin gigi 1 ketika standar samping masih dibuka maka mesin motor nya mati. Di ninja 250 yang lama juga gitu kok.
    ========================================================================
    ridertua berkata:
    7 Agustus 2012 pada 3:20 am

    Kalau tidak salah semua motor batangan ada ..switch di kopling.. kalau motor posisi gigi masuk.. mesin ogah hidup..tanpa dikopling..itu kali….cmiiw
    =========================================================================
    @ridertuek
    Bener tuh mbah yg dibilang DickJack….Ninja lama kalo standar samping dibuka biar dikoplingpun nggak bakalan mau hidup.
    Switnya ada dipangkal standar samping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives