Gerakan Tiba-Tiba Saat Dijalan = Tindakan Ceroboh…!!!


motoringmojo.com

Pagi pagi berangkat kerja hampir bersingungan dari samping seorang pengendara yang mau mengambil manuver Zig-Zag… spontan kaget juga dibuatnya… berikutnya ketika berada di barisan motor dengan tanpa diduga kendaraan yang di depan mengurangi laju dengan tiba-tiba dimana awalnya kecepatan juga lumayan di 70kpj-an..

Untuk yang pertama memang bisa dibilang boleh sih berganti jalur… cuman alangkah baiknya jika dilakukan secara ‘smooth’..pakai sein… dan kecepatan “konstan” sehingga tidak membuat kaget pengendara lain… mungkin cara”overtake”  yang aman adalah selembut mungkin dan kecepatan tidak jauh beda dengan kendaraan disekitar serta saat overtake usahakan terlihat baik oleh rider yang mau di salip dengan tanda sein atau “bahasa tubuh”.. ada saran lain bro..?? atau alon alon sajah… lebih amannya..  :mrgreen:

Untuk yang kedua seharusnya kecepatan konstan dan menghindari percepatan atau perlambatan yang tiba-tiba..atau mengatur ritme kecepatan sehalus mungkin…kecuali keadaan darurat misalnya ada orang tiba-tiba menyeberang…walau jarak kita aman dengan pengendara didepan kita dan kita agak kaget dan spontan tekan rem ..artinya kita juga berhenti “mendadak”… aman dari pengendara depan memang…tapi apakah kita bisa menjamin pengendara dibelakang kita sudah ambil jarak aman dengan motor kita..???

Related Articles

40 COMMENTS

  1. Kalau dirasa tidak memungkinkan saya tidak akan zig-zag seperti itu,,, karena saya hobi selap-selip tapi tetap memperhitungkan ruang untuk menyalip dan tidak memaksa orang untuk menghindar dan berpindah jalur

    • wah jadi inget ni jaman SMA…. ada ibu2 yang langsung keluar gang seperti itu… walhasil sukses disambar angkot…. dan ada lagi jaman kuliah bapak2 putar balik arah di lampu merah maen nyelonong aja (budayanya dari dulu dilampu merah situ memang seneng banget nyelonong)… akhirnya sukses deh dicium truk gandeng 16 roda… ngeri hasil ciumannya …. karena itu musti ditanamkan di benak…. tengok kanan kiri… dan pelan2 kala berbelok… jangan ikutin budaya orang “bodoh” yang suka ambil jalan pintas… ikutin aja aturan lalu lintas… berputar pun dengan cara aman dan daerah yang memang aman untuk berputar arah ….

  2. betul2…..klo lagi zigzag gitu kadang wuengg……..bikin kaget, nek lagi emosian kejar xixxixixi………..saiki wes males…..Enjoy Riding wae……akselearsi+deselerasi dibuat smooth…

  3. gya berkendara di Jogja sangat ekstrim, gk kompak, ada yg slow, smooth, ad yg fast, n emng lo me slow bwaan ny cm emosi cz bnyak yg main selip, jdi ny cm ngikutin alur aj, slow ok, gas pol jga ok.
    lo msalah overtaking, trgntung orang yg mlkukan, cz kdang yg disalip emang salah, berkendara sambil smsan, niat ny mw kasih peringatan cz lo di klakson mlah seolah pamer lo bsa naik mtor smbil smsan

    • kemaren pagi pas Pak tua cerita ada tabrakan sepeda vs motor itu paginya pula saya liat tabrakan angkot vs motor… yah biasalah si angkot berhenti mendadak plus motong jalur motor karena ada penumpang yang mau naik…. lha si motor sudah keluar suara keras rem ckkiitt ckkiiiitttt …… Bruaaakkk…. nabrak deh

  4. ancen’e wong ngunu njaluk dibasmi tuntas dari peredaran di muka bumi ini, nang dalan kampung ae sepeda motor dibleyer banter nggarai kaget n kuping kopok

  5. pling sering klo zigzag kya gitu bwt ngehindarin mobil angkot ngerem ngedadak gan!… banyak yg ngelakuin zigzag kya gitu pdahal ngebahayain yg dibelakang,,, tpi mau gimana lagi dri pada nyeruduk angkot!… smua pengguna jalan baik mobil atawa motor rus saling menghargai lah semsama pengguna jalan jngn kpngin menang sendiri!…

  6. oplet, bus kota, taksi, trus pengendara wanita * (kebanyakan) mau mobil atopun motor bnykan gak pake otak. kayak td sore. gw lg jjs sm sikecil, kec. 20 – 30 kmph, trus ngambil jalur kiri , eh… ada cewek pake NJMX overtake dari kanan tanpa idupin sein lngsung tuh cewek belok kiri. brakkk… sukses deh jupi-z gw nabrak tu cew. trus gw n si kecil sm tu cewek jatuh, untung si kecil gpp, klo si cewek gw gak tau ntah luka ntah gak, trus gw dihardik. masa gw di blg g punya mata lo ya. y gw blg aja, “gmn mbak kalo kita selesaikan di pos polisi aja, kan mbak yg salah lampu sein mbak g idup koq sy yg dmrh2in, n byk saksi lo mbak!”, mngkn krn emang tau salah tu cewek diam aja pas gw ngomng it, y udh tu cewek akhirnya lgnsg ngacir aja, mgkn krn malu.

  7. Pernah ngalami tp juga pernah melakukannya,bkn niat hati untuk jalan zig zag tp rider lain pada jalan pelan banget di tengah jalan,padahal udah di klakson juga gak minggir2…..

  8. klo jalannya relatif lurus n mulus hindari berzigzag coz bisa buat orang gugup tapi klo jalannya banyak lobang, berzigzag sangat perlu klo ngga mau velg peyang.

  9. mungkin orang itu mau gaya atau sok kali. Jujur saya ngebut dan suka nyalip-nyalip kalo bawa motor. Tapi gasampe bikin orang ngalah/minggir.

  10. saya pernah tuh lagi nyantai pagi2 tiba2 ada bapak2 pake beat nyusul saya trus lgsg masuk gang. Tabrakan pun tak terhindarkan. Sibapak marah2 tapi saya cuek aja. Hahaha.

    • emang bisa ???
      yang ada, pas berangkat & pulang kerja
      rata” jarak antar kendaraan 30-50 cm (xmalang)
      🙁

  11. Biasanya yg sering zigzag itu kaum pria, skarang seiring di zaman motor-motor matic yg larinya josss tanpa harus over gigi dulu, rider perempuan juga doyan zigzag tuh….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives