Moge… Sirine… Pengawalan dan Rakyat Jelata…



Waktu mudik hari minggu kemarin naik skutik inreyen… jalan tidak lebih dari 60 kpj… nyantai…tiba-tiba dikejutkan dengan bunyi sirine dari arah berlawanan…puluhan rombongan moge harley dan motor sport CBR 1000 rr ,kawasaki ZX 1000,Honda GoldWing sedang menuju Bali(maybe) dengan pengawalan aparat….(baru sekarang lihat CBR 1000RR Repsol digeber dijalan…maklum RT ndesooo.. ) :mrgreen:

Melihat “dentuman” engine gede, jantung jadi berdebar juga..desingan mesinnya bikin ciut..maklum RT naik skutik dengan kubikasi 8 kali lebih kecil ..dan harga lebih murah 17 kali lipatnya :mrgreen: …Tapi ada satu hal yang RT bikin bertanya-tanya..perlukah mereka pakai sirine…??? bagaimana kalau piranti itu ;

  • Dipakai luar kota saja..toh paling setahun berapa sih melintas jalanan…
  • Bukan buat harian…emang ada moge buat kerja..?? 🙂
  • Pemakaiannya berdampingan dengan petugas Pat wal…

Melihat kencangnya saat dipacu miris juga bagaimana jika ndlosor ?? 🙂 weh.. moge memang beresiko tinggi… memang  idealnya dipacu ditempat dan jalur yang relatif sepi/aman… perlukah pengawalan melihat kecepatan segitu..?? daruratkah..?? melihat pengawalan yang ekstra dari petugas kok jadi gimana gitu yah…RT berhenti bukan karena apa..tapi pengin lihat juga(maklum…. 😀 )…. OK ,mari kita sedikit relaksasi sebentar 😀 …………………….

  • Coba tutup mata dan bro bayangkan jika anda sebagai pemilik moge tadi trus ikut konvoi..bagaimana sikap bro sekalian… mau cepat sampai kah…mau jalan pelan,dengan power motor melimpah itu…? (bangun jangan mimpi..)
  • Trus buka mata dan tutup lagi kali ini bro bayangkan sebagai pengendara bebek individual yang harus minggir ketika rombongan itu lewat …gimana perasaan dan hati sampeyan…? (terimalah kenyataan)
  • Berikutnya tutup mata lagi dan bayangkan anda ikut dalam konvoi motor “harian” apa yang bro rasakan…???…  🙂  (saya harus jujur)
  • Yang terakhir..tutup mata dan tidur… dah malam nih :mrgreen:

Gambar sebuah moge diSydney yang habis menabrak pejalan kaki perempuan tua(70th) dua-duanya kritis…

Semua memang punya hak yang sama dijalan, baik si kaya maupun si”kurang beruntung”  bahkan yang motor cc kecilpun kadang gak kurang arogan juga kala konvoi… 🙂 gak semua loh..tapi ada… realitanya…

Ada beberapa pendapat yang menarik untuk RT kutip disini ,oleh pengamat kepolisian Widodo Umar dan Direktur Keselamatan Transportasi Darat Dephub Suripno menyikapi masalah konvoi:

  • Rombongan motor tersebut (moge)boleh saja melakukan konvoi, tapi tidak perlu dikawal.
  • Kalau iring-iringan jenazah,ambulans, perlu dikawal, Tapi kalau ini kan hanya orang senang-senang…
  • Kondisi rakyat sebagian besar belum sebahagia rombongan bermotor tersebut. “Tentu saja, cara-cara semacam itu menimbulkan kecemburuan sosial,”

Dilematis memang di satu sisi pesatnya kemajuan teknologi khususnya roda dua dengan motor gede dan teknologi canggih hanya bisa dinikmati sebagian kecil rakyat saja… butuh reinkarnasi dan kelahiran kedua untuk bisa menikmati moge :mrgreen:

Lanjut tidur lagiii..mimpiiiiiii  😆



68 Comments

  1. mudik kmana mas?
    dikawal biar keliatan eksklusip n gagah..serta gak merasakan kmacetan..orang kaya gtu loh..haha
    kalo saya ktmu pas hari sabtuny k arah jogja..pawai moge ud keliatan belagunya..nah yg mtor2 harian sama aja..bahkan karena kadang boil2 gak mau lbh k pinggir karena jalan yg jelek,beberapa anggota konvoi malah sampai ada yg misuhi pengendara boil..saya pernah ngalamin d daerah saradan..dngan seenakny mereka trobos marka n berjalan zig zag

  2. cs1,,,,, maafkan matius yaaaaaaa,,,
    matius galauuuuuuuuuuuuuuuuuu

    kmaren lihat sekilas penampakan motor
    mirip ducati degan rangka tralis nya
    tapi yang aneh nya tuh mesin ducati kok kecil
    dan bunyi nya halus kek mesin 150cc. ehhhhhhhhhhhhmmmmmmm
    matius mulai putar otak dan putar haluan jalan
    untuk memenuhi keigin tahuan matiusssssssss
    cessss,,,,,cesssss,,,,,,cessss,,,,, gas cs1 dibetot sedalam dalam nya
    tampa menghiraukan triakkan sipemilik warung kopi( hooooiiiiiiii bayar dulu hoiiiiiiiiiii) matius trus tancap gas dan mulai mendekat kepada
    sosok motor mirip ducati tapi bertubuh imut itu,,
    akhir nya si rider sadar diikuti dan manteng gas sejadi jadi nya tak kuasa bagi si cs1 untuk mengikuti sitralis walaupun dibeberapa kornering matius telas menempel siteralis sambil melogok tuh kearah motor,, tapi trus lurus sitralis tancap lagi gessssssssss kencang banget tuh motor,, tapi walaupun matius hanya sekilas melihat nya dari samping dalam kegelapan malam, matius hafal benar degan bunyi kenalpot nya(bunyi kenalpot cs1) dan matius yakin seyakin yakin nya tuh motor adalah si tralis honda yang menggunakan mesin cs1 yang ugrade 150cc,,, kencang coyyyyyyyyyyy cs1 aja ngak sangup ngikuti pa lagi new vixion bajay ninja,,, sebab degan mesin cs1 yang standar aja udah bisa nyalip ninja di trek lurus apa lagi kalau dah 150cc wihhhhhhhhhhhhh apa ngak gila tuh motor lari nya==================

    tunggu aja tuh rombongan moge klau ketemu ma cs1 matius

  3. mentang2 punya moge, seenaknya aja dijalanan. katanya sih, tu yang punya moge kebanyakan gak byr pajak lho om bro. kalo emang sprti itu, pengendara bebek,matic n sport 250 kebawah lah yg berhak make jalan.(ini khusus r2)

  4. pake sirine kalo ada patwalnya,mungkin msh bs dimaklumi.
    Kejadian kemarin di magelang-jogja, beberapa rombongan harley tak ada patwalnya,tiap jalan rame mlh seenaknya membunyikan sirine. Tanpa babibu nerobos marka, tidak mau antri di lampu merah, seakan mereka yg punya jalan.
    Apa krn petingginya pejabat polri ya?

  5. Yg bwa moge geto biasanya mah arogan dijalan biasanya lho, kalo ndlozor mah ane males nolongin soalnya prnah kjadian didepan bebek ane satu HD ndlozor di jalan gr2 bwa mtor gak kira2 pdhal tu jaln lg rame bgd wong dkt pasar, mau nolongin malez mending nyengir aja. 😆

  6. Jangan jangan P.RT ngimpi dapat hadiah undian 2 unit CBR 1000 RR…wk..kk..kk.. bagi ke saya yg satu ,ya…! # sama sama tukang ngimpi..

  7. apa karena orang kaya jadi segalanya minta fasilitas termasuk klo naek motor juga mesti dapet fasilitas nomor satu tapi apa perlu sampai pake pengawalan polisi segala, kenapa ngga di kawal satpam aja toh mereka ngga dalam menjalankan tugas negara atau kemanusiaan kenapa mesti dikawal polisi???

  8. belum kaya itu mah.. lagi belajar kaya :mrgreen:

    kenapa saya bilang gitu?

    klo ga mau macet beli aja helikopter, bangun helipad pribadi, bebas macet and tanpa pengawalan

    tapi lagi2 ni baru hobi baru dalam tahapan “masih belajar kaya”

    pengen terlihat lebih kaya lagi?

    naek “keranda” dijamin dikawal dah ente, coba klo berani duluan, tapi sayangnya orang jarang mau berebutan naek “keranda”

    padahal pasti lebih dihormati, kendaraan pasti berjalan pelan dan menghormati Anda jika “berkeranda”

    *analisa ngawur 😆

  9. Ajiiib dlematisnya 😀

    Ah ane gak perlu reinkarnasi untuk mempunyai moge, di rmh ada metik n ane merasa motor piksen ane lbh gede dr metik :mrgreen:

  10. y biasa lah pak RT pengguna noge pasti bakalan kaya gt, seandainya klo kita punya moge pasti bakalan kaya gitu juga tuh….

  11. waktu malam minggu ketemu rombongan klub motor t*under make strobo mbah. mungkin karena motornya lemot kali ya?

  12. seperti berita di tv beberapa hari lalu pak rt,kayaknya itu rombongan artis,diantaranya ada rapi ahm@d,adi nugroho,yg memang mau turing ke bali.berangkat dari malang,karena moge-nya dpaketin pake kontener,trus ridernya brangkat naik pesawat dari jakarta,trun dbandara abdurrahman saleh. sempet mampir dirumah walikota batu.trus lanjut ke bali.
    diantara artis itu yg paling dpan mogenya memang goldwing….setau saya cm itu.hehe
    sumber : silet (pas kebetulan nonton siarane pak,soale ada moge2 itu haha)

  13. wah ​iyaa nieh sepertinya saya kemaren lihat rombongan yang sama deh… 3 atau 4 goldwing dengan sirine…. 2 motor pengawal polisi… 2 CBR lawas.. (bukan seperti gambar diatas) dan 1 harley…dengan kecepatan mungkin sekitar 100 kpj ++ berpapasan lawan arah di daerah mbawen… posisi lagi bawa byson jalan santai… jadi ya cuek aja pak tua… gak pake minggir… wong Udah dipinggir (kiri jalan) ^^

  14. yang di jofja aja kmarean konvoi moge makan korban, n berhubung pengendara moge salah satu pejabat y uda..lepas dah…

  15. http://www.harianjogja.com/2012/channel/jateng/polisi-beri-tilang-8-pengendara-moge-182273 ### KLATEN–Gara-gara tak mematuhi rambu lalu lintas delapan pengendara motor gede (moge) jenis Harley Davidson diberi bukti pelanggaran (tilang) oleh polisi lalu lintas dari Satlantas Polres Klaten.

    Pelanggaran rambu lalu lintas oleh delapan pengendara moge yang melaju dari arah Jogja ke Surabaya itu terekam kamera CCTV. Mereka melanggar tiga lampu warna merah pengatur lalu lintas yang menyala di jalur Jogja-Solo.

    Kasatlantas Polres Klaten, AKP Yuswanto Ardi, ketika ditemui wartawan, Senin (30/4/2012), mengatakan para pengendara Moge itu melaju di ruas jalan Jogja-Solo setelah menghadiri Jogja Bike Rendezvous (JBR) di Jogja Expo Center (JEC) yang berlangsung pada Sabtu-Minggu (28-29/4) lalu.

    Kelompok moge yang berasal dari Surabaya itu ditindak oleh polisi lalu lintas pada Minggu pagi sekitar pukul 06.30 WIB. Awalnya, delapan pengendara moge tersebut melanggar lampu lalu lintas warna merah yang menyala di kawasan Desa Kepoh, Kecamatan Delanggu.

    Perbuatan itu mereka ulangi lagi di bangjo simpang empat Desa Karang, Kecamatan Delanggu. Untuk ketiga kalinya, mereka menerobos isyarat lampu warna merah di bangjo di simpang empat Pasar Delanggu yang pagi itu lalu lintasnya ramai.

    “Semua pelanggaran yang dilakukan itu terpantau oleh kamera kami di Klaten Traffic Management Center (KTMC),” ujar Ardi saat ditemui wartawan di Mapolres Klaten, Senin.

    Tak berapa lama setelah berkoordinasi dengan petugas di lapangan, rombongan itu pun akhirnya dihentikan di jalur Jogja-Solo, di titik Pakis, Kecamatan Wonosari. Selain melanggar lalu lintas, rombongan itu juga tidak mendapatkan pengawalan dari aparat polisi. Pasalnya, di jalan raya, mereka juga menyalakan klakson yang mirip dengan sirene polisi dan melintas dengan seenaknya. Hal itu membuat beberapa kendaraan lain yang melintasi jalan pun terganggu.

    Menurut Ardi, pihaknya tidak akan pandang bulu dalam penindakan pelanggaran lalu lintas. lebih lanjut ia mengatakan, semua pengguna jalan memiliki hak yang sama. “Moge itu sensitif. Kalau tidak ditindak, apa kata dunia?” ujarnya.

    Akibat melanggar rambu-rambu lalu lintas, surat izin mengemudi (SIM) kedelapan pengendara moge asal Surabaya itu ditahan oleh aparat. Mereka harus menghadiri sidang SIM yang digelar dua pekan lagi.

  16. http://www.harianjogja.com/2012/channel/jateng/moge-maut-dua-pelaku-tidak-ditahan-ipw-akan-somasi-kapolres-182281 ### KULON PROGO – Dua pengendara Motor Besar (Moge) yang menabrak dan menyebabkan kematian Parlan Hadi Pranoto dan korban lainnya, Petrus Kusumo luka parah, keduanya warga Dusun Depok 2, Kecamatan Panjatan, ternyata tidak ditahan. Kedua penabrak tersebut hanya dikenai wajib lapor oleh Polres Kulonprogo.

    Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Satlantas Polres Kulonprogo, Ipda Didik Purwanto mengatakan, Polres Kulonprogo masih melakukan penyidikan dan pendalaman terkait dua kasus kecelakaan yang melibatkan rombongan Moge. “Kami masih mendalami kasus ini. Belum ada tersangka. Sebab, saksi sendiri (Petrus) hingga kini masih belum bisa dimintai keterangan dan dirawat di RS Bethesda,” ungkap Didik saat ditemui di kantornya, Senin (30/4/2012).

    Meski begitu, pihaknya masih menahan lima barang bukti, tiga Moge masing-masing Motor HD warna Merah Nopol (B 3000 DZ) yang dikendarai HH, 45 warga Bandung, Jawa Barat, Motor HD warna hitam yang menabrak korban (B 6060 SES) dikendarai oleh DD, 42, Motor HD warna Hitam (B 3845 KAN) yang dikendarai AS, warga Bekasi. Selain itu, dua motor korban, Yamaha Mio warna Hitam (AB 2637 QC) dan Honda Supra Fit (AB 3109 BL) juga ikut diamankan, di Mapolres Kulonprogo.

    Terkait apakah kedua pelaku, yakni HH, 45 dan DD, 42, warga Bandung, Jawa Barat, akan ditahan, Didik enggan berkomentar. Meski begitu, dia mengatakan kedua pelaku dikenakan status wajib lapor. “Saya tidak mengatakan keduanya ditahan atau tidak. Yang jelas, kedua pelaku dua pekan sekali wajib lapor. Karena, sampai saat ini, kasus ini masih didalami,” jelas Didik.

    Kasus Moge Maut tersebut, mendapat perhatian serius dari Indonesia Police Watch (IPW) Jawa Tengah. Kepala Divisi Hukum Rudy Kabunang mengatakan, pihaknya sudah mendengar kabar kedua pelaku penabrakan korban Parlan tersebut ternyata tidak ditahan oleh Polres Kulonprogo. Rudy sangat menyayangkannya.

    Atas keberatan itu, Rudy yang menjadi kuasa hukum korban akan mengirimkan surat somasi ke Kapolres Kulonprogo dengan tembusan Kapolda DIY dan Kapolri. Apalagi, lanjutnya, menurut pengakuan sejumlah saksi, pelaku mengaku-ngaku sebagai keluarga dekat Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Putut Eko Bayu Seno. “Kalau atas dasar bahwa pelaku yang mengaku-ngaku dari keluarga Kapolda Jawa Barat, kemudian pelaku tidak ditahan, tentu sangat disayangkan,” pungkasnya.

    Sebagaimana diketahui, Parlan harus meregang nyawa setelah motornya diserempet kemudian ditabrak dua Moge secara berurutan. Motor pertama Harley Davidson B 3000 DZ yang dikendarai oleh HH, 44 warga Bandung Jawa Barat, menyerempet motor Yamaha Mio korban. Disusul kemudian, hantaman Harley Davidson B 6060 SES yang dikendarai oleh DD, 45, Kamis (26/4). Namun, meski sudah menyebabkan kematian, Polres Kulonprogo tidak menahan kedua pelaku.

  17. Nah skrang coba bayangin kumpulan moge sbk, cruiser dll konvoi tanpa dikawal di jln umum?

  18. lha wong saya aja gak dikawal.. padahal pake moge (motor getar) juga..

    yg semprul itu ya orang kaya + artis indonesia itu.. udah tahu jalan indonesia gak cocok buat motor2 1000cc, masih aja maksa beli. minta dikawal cuma buat senang2..

  19. jgnkan moge, dulu pernah ane disalip ama 3 ninja250 , buset hampir aja nyrempet wong yg sana ga pke klakson, maen lewat aja.
    Ya ane slaku rider motor bbek ngrasa kaget donk
    . Dan merasa kecil tntunya. 🙁

  20. misalnya ga dikawal.. ee.. kelamaan mbuntut terus di belakang kita.. ee..
    malah bikin cemburu.. 😀

  21. Bro CYT ane setuju ma ente…. Klo konvoi moge di indonesia yg nunggang Nya rata2 cowo setengah Masak, beda tuh ma di USA yg asli gengster nggak pake polisi2an malah FBI Dan CIA mush terbesar mereka, tdk Ada instilah orng kaya, mrka semua anak jalanan yg be kerja sampingan Dan hidup dengan berkendara….style juga ok ,tdk dipaksa2 sdh asli Brutal, baru lihat sepatu boot Nya Aja nyali Dan ciut blm lihat yg nunggang Dan montor Nya bs2 lnsung jantungan…. CEk di you tube penampkn geng motor Harley di USA kyk hells angels,bandidos,outlaws,pagans,sons of anarchys,Mongols Dll…. Tdk Ada instilah arrogan dijalanan, meskipun mrka gengster tp nggak nyuruh orng mingir tuh malah mrka lbh sopan dijalanan saat berkendara…… Di indo yg make HD artist2 yg lebay anak Mami…..

  22. dari pengalaman ane beberapa kale ikut touring bareng, krumunan lebih sering memicu emosi & ego, itu sebabnya ane sekarang klo pengen touring sendirian aja bisa bebas n nyantai, klo soal kecepatan seh tergantung lingkungan jg kondisi yg dilewati, klo pas liwat dijalan bagus n sepi bolehlah main di atas 140 kpj, tpi klo pas diperkampungan mending main aman di 40-60 kpj ntu dah bagus lagian klo ane ngebut rugi gk bisa narsis n dianggap gk sopan ma org kampung. OK bro keep safety rideing n driveing ya ….

Leave a Reply