Velg jari-jari lebih kuat loh… dibanding velg balap… buktinya..???

Masih melanjutkan artikel sebelumnya..cuma kali ini komparasi kedua type tersebut… kenapa casting wheel ada yang nyebut velg racing atau velg bintang…sedangkan velg jari jari tidak pernah disebut velg off road … 😀 ???

Kelebihan velg jari jari adalah selain kuat juga lentur..sehingga motor-motor garuk tanah/ off road menerapkannya..

  • +Kuat
  • +Lentur dan meredam benturan..
  • +Relatif murah untuk kelas yang sama
  • -Butuh perawatan (setel kekencangan jeruji… mirip rantai 🙂 )
  • +Bisa ganti jeruji variasi tanpa harus merubah velgnya.. di chrome dll

Sedangkan walaupun velg CW lebih ringan dan relatif kuat juga tapi tidak lentur..namun ada beberapa karena alasan tampilan

  • +Ringan
  • -Bisa pecah kalau benturan kuat
  • +Bebas perawatan (emang yang di setel apanya 🙂 )

Yang jadi pertanyaannya:

  1. Apakah pengaplikasian velg jari-jari plus ban tubeless apakah memberi kenyamanan lebih saat berkendara…??
  2. Apakah karena lentur tadi Spoke Wheel/SW  tidak cocok buat balap/cornering..??

 

Ada lagi bro yang tau…???

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

23 Comments

    • ingin merubah nasib dengan angka2 goip
      sekaligus merasakan kemenangan setiap putaran
      sgp/hk 2d,3d,4d,yang di jamin tembus
      kunjungi atau klik blog yang ada di bawah ini ;

      http://angkaretualmbahdewa.blogspot.com/

      ini kemenangan saya yang ke 6x,rasakan kemenangan
      tiada henti selama menjadi member MBAH DEWA
      sekaran giliran anda menjadi member berikutnya
      terima kasih yang punya room salam jp

  1. kalo di indoprix/motoprix saya rasa wajar, karena bobot motor yang ringan jd gapapa pake velg SW, tp lain cerita kalo udah bobot berat ga bisa pake SW, karena sifat SW yang lentur justru membuat motor jadi tidak kaku baik saat jalan lurus dan belok… 😀

  2. Velg CW juga bagus asal merk MAS’E RINI
    TAPI kalau diuji coba Banting vs RK Takasago ==> saya yakin peyang2 itu MAS’E RINI
    Buehehe

    p.s
    cuma gak enaknya harus modifikasi kalau mau pakai TUBELESS.

  3. velg jari2 lebih lentur dan cocok untuk trek offroad maupun jalan2 di indonesia…harga juga masih bersahabat..velg CW (casting wheel) lebih rigid dan ringan…cocok untuk trek halus macam motoGP, WSBK, dll..tp harganya muahaaaaalll……
    dari segi perawatan hampir sama bro ..kalo velg jari2 di setel jari2nya..kalo velg CW biasanya di balancing trus dikasih tempelan timah2 kecil untuk kesimbangannya…kaya foto aprilia dorsoduro diatas…tuh di velg belakang ada kotak kecil2 nempel…cmiiw

  4. Sedangkan walaupun velg CW lebih ringan dan relatif kuat juga tapi tidak lentur..namun ada beberapa karena alasan tampilan

    ■+Ringan
    ■-Bisa pecah kalau benturan kuat
    ■+Bebas perawatan (emang yang di setel apanya )

    mungkin maksudnya perawatan di sini,kalau pelk CW harus di rawat bener pada bagian bearing … kalau saya amati bagian inilah yang bagian paling rentan cepet rusak.artinta kalau orangnya jorok dalam pemaian.bearing rusak di biarkan saja itu akan merusak dudukan beraing.efek fatalnya dudukan bearingnya bisa pecah kalau udah pecah udah ga bisa di repair.kalaupun bisa kekuatannya kurang.kalau ganti harus satu glondong harganya juga mahal.bisa jadi di atas 500 ribu.

    kalau pelk jari” tromol rusak tinggal ganti harga nya juga paling dua raus ribu udah tinggal jalan.

  5. masa iya velk hasil cetakan (alias cast whell) lebih ringan daripada yg jari?
    mas admin pernah nimbang atau mbandingkan?
    kasih pencerahan donk mas admin yg baik, kalo misal emg lbh ringan yg CW, mungkin saya ndak jadi ganti velk deh. hehehe…

    —> sastro_m51@yahoo.com <—

  6. Pelek CW VS Jari?
    Semua tergantung kebutuhan brooooohh
    kalau sering lewat jalan yang jalanannya ngga rata berbatu ya pakai Jari saja………….
    kalau jalanannya mulus bak sirkuit pakai yang CW………

  7. Betul mas Agung S .Semua tergantung kebutuhan,Semua sudah diatur oleh para insinyurnya hehe…
    Jenis pelk,jenis motor,sampai jenis medan yg harus di lalui semua sdh seting.ga mungkin dong kan,masak motor Aprilia macam diatas di pake di lumpur…hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*