Categories: MotoGP

Gigi Dall’Igna Sudah Tahu Siapa yang Dipilih untuk Menjadi Rekan Setim Pecco Bagnaia

RiderTua.com – Gigi Dall’Igna sudah tahu siapa yang dipilih untuk menjadi rekan setim Pecco Bagnaia.. Ketika tenggat waktu semakin dekat, siapa yang terpilih menjadi rekan setim Pecco Bagnaia di tim pabrikan Ducati pada 2025 masih jadi tanda tanya. Marc Marquez, Jorge Martin atau Enea Bastianini? GP Catalunya akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir sebelum Ducati mengambil keputusan besar di Mugello.

Atau apakah keputusan sudah diambil? “Ada perbedaan antara mengumumkan keputusan dan mengambil keputusan. Kami sudah lama mendengar ‘tanggal’ Mugello ini. Gigi (Dall’Igna) telah menyebutkannya dan menurutku dia juga menggunakan ungkapan bahwa itu adalah ‘hal yang harus dilakukan secara sportif’ karena dia ingin para pembalap yang dikecewakan memiliki waktu untuk mencari tempat lain jika mereka menginginkannya,” kata editor MotoGP Pete McLaren.

Gigi Dall’Igna Sudah Tahu Siapa yang Dipilih untuk Menjadi Rekan Setim Pecco Bagnaia

Pete McLaren menambahkan, “Itu adalah hal yang sangat sportif untuk dilakukan. Tapi saya juga berpikir jika mereka mengumumkannya di Mugello, itu karena mereka sudah tahu apa yang mereka inginkan. Ingat kasus Dovi (Andrea Dovizioso) pada tahun 2020, bahkan keputusan terakhir Bastianini dan Martin beberapa tahun yang lalu, keputusan tersebut terus berlanjut hingga akhir tahun.”

“Jadi dari dulu, kalau tidak yakin Ducati akan menunggu. Jadi fakta bahwa mereka menyebut Mugello, setelah GP Catalunya akhir pekan ini, menurut saya memberi tahu kita bahwa mereka sudah tahu siapa yang mereka inginkan. Gigi jelas merupakan seorang insinyur yang luar biasa. Jadi dia orang data, dia orang yang suka angka. Dia akan melihat hasil dan performanya. Mungkin, dia sudah cukup melihatnya,” lanjutnya.

Ketika McLaren ditanya, menurut anda seberapa sulitkah bagi Ducati untuk membandingkan seseorang seperti Martin yang telah berkembang selama beberapa tahun dengan seseorang seperti Marquez yang hanya melakukan beberapa balapan dengan mereka?

Gigi Dall’Igna – GP24

Dengan panjang lebar McLaren menjawab, “Mereka akan mencoba memprediksi grafik performa masing-masing pembalap. Seberapa tinggi naik atau turunnya? Menurut mereka ke mana arahnya setelah ini? Level apa yang akan dicapai setiap pembalap, katakanlah awal balapan tahun berikutnya?”

“Sulit, bukan karena kita punya seorang pembalap seperti Jorge Martin yang masih sangat muda dan dalam performa fantastis. Apa lagi yang bisa dia lakukan saat ini? Dia memenangkan beberapa balapan, memenangkan sprint race, memimpin klasemen dan dia mengalahkan pembalap yang sudah dikontrak Ducati Pecco saat berada di tim satelit.”

“Tapi kemudian Marc mampu bertarung melawan rider-rider ini dengan motor berusia 1 tahun, setelah hanya 5 seri dengan Ducati. Jadi ke mana arah kurva performanya? Dan tentu saja, pernyataan Gigi bahwa dia juga mempertimbangkan ‘sejarah’ para pembalap, membuat telinga semua orang terangkat karena hanya ada satu pembalap di grid yang memiliki sejarah lebih dari yang lain.”

“Jika kita seorang Ducati yang sempurna, kita ingin mempertahankan keduanya. Itu target impian mereka. Mereka punya Bagnaia. Jika mereka bisa mempertahankan Martin sekaligus Marquez untuk tahun depan dan semuanya menunggangi motor pabrikan, sungguh susunan pembalap yang luar biasa! Dan siapa tahu dengan Bastianini, mungkin dia akan lebih bahagia, misalnya melakukan pertukaran dengan Marquez dan kembali ke Gresini di mana dia memenangkan balapan dan terlihat sangat nyaman.”

“Jadi secara potensial mereka bisa mempertahankan semua pembalap ini, tapi hanya jika mereka mengontrak Martin ke tim pabrikan. Karena jika mereka mengontrak Marc ke tim pabrikan, Martin akan pergi, dia tidak akan bertahan dan menjadi pembalap tim satelit selama bertahun-tahun lagi.”

“Marc belum begitu jelas mengenai ‘garis merah’nya tetapi sepertinya ada peluang bagus dia akan bertahan di Ducati dengan mengendarai motor pabrikan di tim satelit. Jadi jika kita adalah Ducati dan ingin mempertahankan semua pembalap ini, satu-satunya cara agar mereka memiliki peluang adalah dengan mengontrak Martin ke tim pabrikan,” jelas McLaren.

Jordan Moreland menambahkan, “Satu-satunya pembalap Ducati selain Pecco, yang menandatangani kontrak saat ini adalah Fermin Aldeguer dan masih belum tahu ke mana dia akan pergi. Apalagi Pramac belum mengonfirmasi akan bertahan bersama Ducati.”

Lalu ada kemungkinan apakah Aleix Espargaro akan terus membalap di Aprilia atau tidak, dan siapa yang mungkin pindah ke sana. “Beberapa penggemar mengatakan Martin akan ke tim pabrikan Ducati. Tapi penggemar yang lain mengatakan Ducati akan memberikan Marquez ‘privilege’ setelah Gigi menyebutkan ‘sejarah’ para pembalap. Tetapi tidak ada keraguan bahwa jika dilihat dari sisi komersial, Marquez masih unggul jauh dalam hal itu. Kita bisa melihat berapa banyak kaus Gresini yang ada di antara penonton tahun ini,” jawab McLaren.

“Marc mempunyai kekuatan bintang yang besar, kekuatan pemasaran yang besar dan Ducati harus mempertimbangkan segalanya. Tapi mereka juga tidak ingin kehilangan Martin. Dan di sinilah mereka mencoba untuk menyeimbangkan semuanya. Menurutku solusi terbaik yang bisa mereka dapatkan secara realistis dengan mempertimbangkan pemasarannya, adalah dengan menempatkan Marc pada motor spesifikasi pabrikan dengan corak pabrikan di tim Gresini, karena mereka tidak memiliki sponsor utama. Jadi dia mengendarai Ducati merah. Itu terlihat seperti motor pabrikan,” pungkas Pete McLaren.

This post was last modified on 22 May 2024 22:18

Tags: Ducatimotogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Selain Pembalap, Mekanik, Teknisi, dan Manajer juga Bisa Membocorkan Rahasia

RiderTua.com - Pasar transfer yang ramai saat ini memunculkan sejumlah pertanyaan untuk mengevaluasi kemungkinan perjanjian antara pabrikan dan pembalap. Pengalaman…

17 June 2024

Jetour Siap Rilis Dua Mobil Baru di GIIAS 2024!

RiderTua.com - Jetour sudah lama dinantikan kehadirannya di Indonesia setelah Chery mengkonfirmasi peluncurannya mulai tahun ini. Merek mobil asal Negeri…

17 June 2024

Toyota Rush Masih Menjadi LSUV Terlaris, XL7 Mulai Mengejar!

RiderTua.com - Penjualan Toyota selama bulan Mei lalu memang masih cukup bagus, walau dengan kondisi pasarnya yang belum membaik. Tetap…

17 June 2024

Kontrak Enea Bastianini Berdurasi 2 Tahun di Tech3 KTM

RiderTua.com - Mulai MotoGP musim 2025, Enea Bastianini akan mengendarai RC16 di tim Red Bull KTM Tech3 yang akan memiliki tingkat…

17 June 2024

BYD Mulai Mengirim Atto 3 ke Konsumen Indonesia?

RiderTua.com - Dengan BYD yang telah meluncurkan tiga mobil listriknya di Indonesia, seharusnya unitnya sudah dikirim ke konsumen beberapa bulan…

17 June 2024

Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia Harus Diprioritaskan?

RiderTua.com - Mobil listrik yang dijual di Indonesia terus bertambah jumlahnya, dan pilihannya di pasar juga semakin bervariasi. Apalagi dengan…

17 June 2024