Categories: MotoGP

Aleix Espargaro: MotoGP Tahun Depan akan Seru

RiderTua.com – Saat ini Aleix Espargaro hanya tertinggal 2 poin dari Johann Zarco yang berada di peringkat 6 dalam Kejuaraan Dunia setelah 18 dari 20 Grand Prix tahun ini. Dapat dibayangkan apa yang dilakukan pembalap pabrikan Aprilia itu dalam dua seri terakhir musim ini.

“Saya tidak akan bertele-tele. Saya ingin menang di sini atau setidaknya memperebutkan podium,” tegas Aleix pada hari Kamis di Qatar. Pembalap berusia 34 tahun itu akan mengikuti Grand Prix ke-320, dimana sejauh ini dia berhasil meraih 3 kemenangan MotoGP dan 11 podium MotoGP.

“Saya berusaha sangat keras pada balapan di luar Eropa dan selain Malaysia di mana kami sangat lambat, kami selalu sangat kompetitif, kami sering berada di posisi 5 besar dan dekat dengan podium. Kami berada di level tinggi. Dan di Qatar kami selalu cepat. Itu sebabnya saya mengharapkan podium,” ujar Aleix.

Aleix Espargaro: MotoGP Tahun Depan akan Seru

Aleix Espargaro

Resep apa yang akan digunakan Aleix Espargaro untguk mendukung keinginannya itu? “Saya tidak boleh terlalu stres, kami harus tampil santai pada latihan hari Jumat. Terlihat jelas kondisi lintasan akan berubah signifikan mulai FP1 hingga sprint. Kita harus selalu mengingat hal itu. Penting bagi kami untuk 100 persen menyerang pada waktu yang tepat akhir pekan ini. Lintasannya tentu belum siap menghadapi risiko 100 persen di FP1. Hal serupa juga terjadi di Malaysia dan juga terjadi di banyak wilayah di Eropa. Saya selalu harus mengingatkan diri sendiri. Ketika saya mengambil risiko penuh, saya harus berhati-hati,”jawab rider asal Spanyol yang tinggal di Andorra itu.

Pada usia 34 tahun, Aleix Espargaro dianggap sebagai teman sekaligus ‘ayah’ bagi beberapa pembalap Spanyol seperti Fermin Aldeguer (18 tahun). Aleix juga menunjukkan rasa respect kepada Pedro Acosta yang masih berusia 19 tahun, yang memenangkan Kejuaraan Dunia Moto3 pada tahun 2021 dan menjadi Juara Dunia Moto2 pada 2023.

Suami Laura Montero itu menjelaskan, “Saya rasa Pedro juga akan memberikan beberapa pemandangan indah dan seru di MotoGP pada tahun 2024. Namun terkadang dia masih sedikit pemalu. Tapi dia masih remaja, dia harus tumbuh dewasa. Saya tahu dia tidak terlalu bahagia di Malaysia Minggu lalu, meskipun dia memenangkan Gelar Dunia. Sebab, dia ingin memahkotai gelar tersebut dengan kemenangan balap. Saya bertanya padanya, ‘Kamu tidak terlihat bahagia di podium’. Namun dia mengelak. Itu yang membuatnya istimewa. Dia mengingatkan saya pada beberapa pembalap lain di masa lalu. Pedro akan menjadi kejutan bagi para jurnalis.”

Apa yang bisa kita harapkan dari Pedro Acosta di musim rookie-nya di KTM? “Saya pikir musim 2024 akan luar biasa. Kita menantikan Marc pindah ke Ducati, lalu kita menantikan kecepatan Jorge Martin di tim satelit yang semoga bisa dipertahankannya tahun depan. Maka akan menyenangkan ketika Honda dan Yamaha mendapatkan bantuan melalui konsesi. Ditambah Acosta yang spektakuler di KTM. Ini akan menjadi tahun yang menyenangkan dan akan terlihat bagus. Penting bagi kami untuk menampilkan pertunjukan yang seru,” jawab Papa Max dan Mia itu.

Bagaimana pendapat Aleix Espargaro dengan 7 balapan dalam waktu 9 pekan? “1 tahun yang lalu saya sangat khawatir ketika melihat jadwal balapnya. Saya khawatir, setelah Valencia kami akan hancur total. Tapi ternyata semuanya berjalan dengan baik. Mungkin karena saya bepergian dengan keluargaku. Dan sebelum Sepang kami juga bersantai di Bali bersama Jorge dan Fermin,” jawab Aleix.

“Saya sangat menikmati musim ini, saya belum pernah mengalami musim yang menyenangkan seperti ini. Saya merasakan vitalitas tambahan dan segar ketika saya dikelilingi oleh pembalap muda seperti Jorge dan Fermin. Saya sangat menikmati tahun ini, menurutku jadwal balapnya tidak membuat stres,” pungkas kakak Pol Espargaro itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki Ertiga Hybrid yang akan Mendapat Rival Baru Dari Mitsubishi

RiderTua.com - Suzuki Ertiga Hybrid menjadi satu dari tiga mobil hybrid yang dijualnya di Indonesia. Penjualannya cukup bagus, meski belum…

7 Mei 2024

Toyota Belum Juga Hadirkan Mobil Hybrid Termurahnya

RiderTua.com - Boleh dibilang Toyota mampu mendominasi penjualan mobil hybrid di Indonesia selama ini. Dari beberapa model yang dijualnya, Kijang…

7 Mei 2024

Hyundai Recall Ioniq 5 dan 6 di Indonesia Karena Ini

RiderTua.com - Penjualan mobil Hyundai di Indonesia masih cukup bagus, apalagi dari line-up mobil listriknya. Baik Ioniq 5 maupun 6…

7 Mei 2024

Neta V akan Dihentikan Penjualannya di Indonesia

RiderTua.com - Neta telah meluncurkan model terbaru dari mobil listrik V berupa V-II, dengan desain yang lebih modern. Tidak seperti…

7 Mei 2024

Chery Temukan Penyebab Masalah Patahnya Sumbu Roda Omoda 5 di Malaysia!

RiderTua.com - Sebelumnya Chery mengumumkan recall terhadap Omoda 5 di Malaysia beberapa waktu lalu. Ini dilakukan setelah terjadi dua insiden…

7 Mei 2024

Motor Adventure Baru Paling Murah Dikelasnya, CFMoto 450 MT Rilis di Indonesia

RiderTua.com - Sebuah motor adventure baru CFMoto 450 MT yang dirilis oleh PT. MForce Indonesia yang menaungi CFMoto Indonesia. Hadir…

7 Mei 2024