Categories: MotoGP

Fabio Di Giannantonio Ingin Mendapatkan Pole Position untuk Kepala Krunya

RiderTua.com – Fabio Di Giannantonio kehilangan tempatnya di tim Gresini Ducati dari Marc Marquez pada tahun 2024. Dan seiring berjalannya waktu, kemungkinan besar dia harus mengucapkan selamat tinggal pada MotoGP. Namun pembalap Italia itu bertekad untuk memperjuangkan kemenangan di dua balapan akhir pekan terakhir musim ini.

Dan dia benar-benar memulai dengan baik pada latihan hari Jumat di Qatar. Di FP1, Diggia adalah salah satu dari dua pembalap bersama pemimpin klasemen Pecco Bagnaia, yang tetap berada di 10 besar di akhir sesi tanpa ban baru. Pada kualifikasi di malam hari, Diggia berakhir di posisi ke-2 sebagai pembalap Ducati terbaik.

Fabio Di Giannantonio: Ingin Mendapatkan Pole Position untuk Kepala Kru-ku dan Diriku Sendiri

Fabio Di Giannantonio

“Kami melakukan pekerjaan dengan baik sepanjang hari dan mencoba memahami bagaimana kami dapat meningkatkan feeling di lini depan. Sebab, permasalahan utama saat ini adalah ban. Ini tentang memahami ban mana yang tepat untuk balapan jarak jauh dan sprint,” ungkap Fabio Di Giannantonio setelah hari pertama latihan di Sirkuit Losail yang baru diaspal ulang.

Rekan setim Alex Marquez itu menambahkan, “Saat ini kami mengalami kesulitan dengan semua ban, kami kesulitan dengan keausan bannya . Semua kompon ban mengalami penurunan kualitas sehingga kita benar-benar harus memahami apa yang kita inginkan, kecepatan atau daya tahan. Kami bekerja sangat keras untuk itu. Feelingnya tidak luar biasa, tapi kami selalu cepat. Bagus sekali. Kami hanya memerlukan banyak waktu malam ini untuk menganalisis dan memahami apa yang dapat kami lakukan untuk meningkatkan performa lini depan.”

Saat ditanya, Diggia meyakinkan bahwa permukaan trek baru pada dasarnya sangat bagus. “Saya harus memuji orang-orang yang membuat lintasan ini. Mereka melakukan pekerjaan luar biasa. Saya rasa kita belum pernah menemukan lintasan yang sudah jauh lebih baik. Ini sangat datar, seperti meja biliar. Krebnya juga bagus, begitu pula transisi dari aspal ke kreb. Mereka melakukan pekerjaan dengan baik,” puji rider berusia 25 tahun itu.

Diggia melanjutkan, “Tapi ya, jika kita membuat permukaan yang bagus maka cengkeraman kita banyak dan kita harus menyesuaikan spesifikasi ban. Itu tidak berarti buruk bagi ban, saya hanya berpikir Michelin dan kami sebagai tim masih perlu memahami bagaimana kami harus bekerja dengan tingkat cengkeraman yang baik di lintasan.”

Ketika ditanya tentang kesulitan rekan-rekannya di Ducati khususnya Jorge Martin yang mengalami masalah besar di sesi malam hari, dengan cukup terbuka Diggia mengungkapkan, “Saya juga mengalami masalah. Feeling bagian depan tidak bagus sama sekali. Atau mungkin kami baru memulai ke arah yang lebih baik atau menuju ke arah yang benar dengan semua hal yang kami coba hari ini.”

“Seperti yang kita tahu, di Ducati kami bertukar semua data dan informasi, jadi saya yakin semua pembalap Ducati akan mengambil langkah besok. Mungkin mereka bisa mencuri beberapa lapku dan juga motorku,” imbuhnya sambil tersenyum.

Sebaliknya, pembalap Aprilia tampil dengan performa kuat secara konsisten. “Aprilia selalu memiliki cengkeraman yang kuat dan di trek ini, di mana kita harus membalap dengan sangat mulus dan mengambil banyak kecepatan saat menikung, mereka mungkin memiliki kelebihan itu. Tapi saya mendengar dari Maverick bahwa mereka juga merusak ban. Jadi ini akan menarik untuk balapan,” ujar Diggia.

Mengenai targetnya, Di Giannantonio mengatakan, “Targetnya adalah berada di barisan depan. Karena jika kita ingin melakukan pekerjaan dengan baik di sprint dan balapan utama, kita harus start dari depan. Jadi barisan depan grid akan bagus, juga karena kepala kruku (Frankie Carchedi) tidak pernah berhasil meraih pole position dalam beberapa tahun terakhir. Jadi saya benar-benar ingin mencoba mendapatkan pole untuk dia dan diriku sendiri. Dan jika kita start dari depan, kita bisa mendapatkan balapan yang bagus. Tapi pertama kita perlu kualifikasi yang bagus.”

Hal ini kini menjadi fokus proyek ketiga dari Phillip Island. Ketika ditanya tentang masa depannya yang tidak pasti, Diggia tersenyum namun dengan tegas menunjuk pada manajernya Diego Tavano. “Tanyakan padanya!” pungkasnya.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024

Subaru dan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil Subaru di Indonesia masih berjalan dengan bagus di tengah penurunan kondisi pasarnya pada April lalu. Sejauh…

17 Mei 2024

BMW Tak Khawatir Dengan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - BMW masih memimpin penjualan mobil di pasar mobil premium di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mampu mengungguli…

17 Mei 2024

Aleix Espargaro : Ingin Duetkan Pedro Acosta dan Jorge Martin di Aprilia, Vinales Kemana?

RiderTua.com -  Di usia 34 tahun, Aleix Espargaro seperti berada di persimpangan jalan dalam karirnya. Pembalap senior asal Spanyol itu…

17 Mei 2024