Aleix Espargaro: Empat kali Crash Saat Menggunakan Suspensi Baru

Aleix Espargaro - Aprilia - Terbakar

RiderTua.com – Aleix Espargaro kembali harus menelan kekecewaan pada balapan MotoGP hari Minggu di Sepang. Bagi Aprilia, Sepang adalah akhir pekan yang patut dilupakan. Hanya Maverick Vinales yang berhasil menyelesaikan balapan pada hari Minggu meski hanya finis di posisi ke-11, tertinggal lebih dari 20 detik dari pemenang Enea Bastianini (Ducati). Duo pembalap RNF Miguel Oliveira (crash) dan Raul Fernandez (masalah teknis) serta Aleix gagal finis. Sesaat sebelum pertengahan balapan, rider berusia 34 tahun itu roda depannya slip akibat hairpin.

“Ini adalah akhir pekan yang harus kita lupakan. Kami melakukan banyak perubahan pada motor saat pemanasan agar lebih cepat. Kami membuat bagian depan lebih tinggi dan swing arm yang lebih pendek. Saya kuat dalam cuaca panas, tetapi saya juga memberi tahu timku bahwa saya mendapat lebih banyak tekanan di lini depan. Risikonya sangat tinggi, sayangnya hal itu terjadi dan saya terjatuh,” ungkap Aleix. Saat itu, dia berada satu grup bersama Johann Zarco (Pramac Ducati), Franco Morbidelli (Yamaha), dan Vinales.

Aleix Espargaro: Empat kali Crash Saat Menggunakan Suspensi Baru

Aleix Espargaro - Aprilia - Terbakar
Aleix Espargaro – Aprilia – Terbakar

Mengenai pengalamannya dengan suspensi Ohlins barunya, Aleix Espargaro mengatakan, “Saya menggunakan suspensi baru pada hari Jumat dan empat kali crash, kemudian kami melepasnya. Segalanya jauh lebih baik pada hari Sabtu dan Minggu. Saya sudah tiga kali menggunakan suspensi ini. Kami menggunakan suspensi panjang pada hari Jumat karena beberapa pembalap selalu menggunakannya. Sepang akan menjadi salah satu lintasan di mana hal ini bisa dilakukan. Kami mencoba, tetapi gagal.”

Mengenai kemungkinan keunggulan dari varian suspensi yang lebih panjang, kakak Pol Espargaro itu berkata, “Kita bisa mengerem lebih keras dengan itu, that’s oke. Namun jika kita melepaskan rem, motor akan benar-benar tidak seimbang dan kita tidak memiliki dukungan pada bagian depan.”

Terkait crash yang dialaminya di lap 8 tikungan 9 (saat berada di posisi ke-13), suami Laura Montero itu mengaku, “Treknya bergelombang sekali, tikungan ini juga sangat sempit. Setiap kali kita melepaskan rem depan, itu sangat penting.”

Setelah gagal finis, Aleix kembali kehilangan peringkat 5 di klasemen Kejuaraan Dunia yang kini direbut Johann Zarco (Pramac) karena finis double zero di Malaysia (hanya finis di posisi ke-12 dalam sprint).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *