Categories: MotoGP

Michelin : Alokasi Ban untuk 2023 akan Dikurangi

RiderTua.com – Michelin telah memutuskan satu set ban baru untuk MotoGP musim 2023. Manajer Motorsport Roda Dua Piero Taramasso bertanggung jawab atas penggunaan ban di kelas premier. Pabrikan ban asal Perancis itu telah memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan selama beberapa waktu terakhir. Itulah sebabnya alokasi yang tidak perlu dan jumlah ban yang tidak diperlukan harus dikurangi secara bertahap.

“Kami telah berdiskusi dengan Dorna dan tim mengenai topik ini selama beberapa tahun. Kami ingin mengurangi jumlah ban agar lebih ramah lingkungan. Itulah tujuan Michelin, Dorna, dan keseluruhan kejuaraan. Olahraga ini harus menjadi lebih ramah lingkungan,” jelas Taramasso dalam sebuah wawancara.

Michelin : Alokasi Ban untuk 2023 akan Dikurangi

Michelin – Mandalika

“3 tahun lalu, 15 ban depan dan belakang tersedia per pembalap per akhir pekan. Jadi kami memutuskan untuk mengurangi jumlah ban belakang. Ban depan jauh lebih sensitif. Banyak pembalap lebih menyukai kompon soft, sebagian lainnya lebih menyukai ban depan hard. Itu sebabnya kami membiarkan ban depan tidak disentuh dan hanya mengganti ban belakang saja. Dari 15 ban yang tersedia, kami kurangi menjadi 13 pada tahun 2022,” ungkap Taramasso.

Taramasso melanjutkan, “Pada tahun 2023 kami hanya akan mengalokasikan 12 ban belakang per pembalap per akhir pekan, dibagi menjadi dua kompon, sejauh ini sudah ada tiga. Kami membawa 7 ban dengan kompon soft dan 5 ban dengan kompon hard. Pada tahun 2016, kami hanya memiliki dua kompon untuk bagian belakang. Namun pengalaman kami saat itu masih sangat sedikit, karena kami baru saja kembali ke kelas MotoGP.”

“Semua campuran yang kami gunakan saat ini memiliki area kerja yang sangat luas. Kami dapat terus mencakup semua kemungkinan skenario di masa depan. Akan lebih mudah bagi pembalap untuk memahami area tersebut. Jika kita melihat ke masa lalu, jarang sekali ketiga campuran tersebut digunakan,” imbuh bos asal Italia itu.

Pada musim 2023 hanya akan ada dua kompon roda belakang per akhir pekan. Keluhan mengenai kualitas senyawa yang dipilih untuk Grand Prix tertentu berulang kali dikritik oleh pembalap dan tim. Terutama jika cuaca lebih panas atau lebih dingin dari perkiraan atau dari tahun lalu.

Apakah alokasi depan juga akan diubah? “Untuk saat ini kami ingin menyediakan ban depan dengan tiga kompon berbeda. Ban depan ini pasti berfungsi dengan baik. Mungkin di masa depan kami akan berbicara tentang membatasi diri pada dua campuran di depan. Secara umum, kami memastikan bahwa kami dapat melindungi lingkungan sebaik mungkin. Di semua bidang,” jawab Taramasso.

BTW, di GP India para pembalap MotoGP mendapat tambahan dua ban belakang pada hari Jumat karena Michelin belum pernah melakukan tes di sana dan sebagai pengecualian mereka berlatih selama 60 dan 70 menit pada hari Jumat, bukan 45 dan 60 menit di trek balap yang baru, jadi total 25 menit lebih lama dari biasanya.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Kelemahan Motor RS-GP24? Ini Kata Direktur Teknik Aprilia

RiderTua.com - Direktur Teknik Aprilia, Romano Albesiano, menjelaskan apa yang kurang dari RS-GP dan anak buahnya untuk membidik gelar juara…

3 Mei 2024

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

RiderTua.com - Meskipun Ducati mendominasi MotoGP di awal musim 2024, Maverick Vinales dan Aprilia mampu bersaing dengan hasil yang sangat mengesankan.…

3 Mei 2024

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024