Categories: MotoGP

Kalender MotoGP 2024 Mulai Lagi di GP Qatar

RiderTua.com – Kalender MotoGP 2024 akan mirip dengan tahun 2022. Dimana musim akan kembali dimulai di Qatar, kemudian menyusul India atau Mandalika. Jika Portimao mau berbenah diri, kemungkinan besar akan digelar pada bulan September.

Sebagai informasi, usai GP Portugal, Bos Dorna Carmelo Ezpeleta menjelaskan bahwa GP Portugal tidak akan lagi menerima homologasi Grade A untuk tahun 2024 jika kondisi gravel trap tidak disesuaikan dengan pedoman yang ditentukan pada waktu yang tepat.

Pasalnya, pada saat tes MotoGP masih ditemukan batu seukuran telur ayam di area run off. Usai crash yang alami Fabio Di Giannantonio pada tes pramusim pada pertengahan Maret lalu, pihak sirkuit hanya menutupi dengan lapisan kerikil sedalam 3 cm untuk balapan pada 26 Maret. Kondisi ini harus diperbaiki sebelum balapan Kejuaraan Dunia Superbike di Portimao (29 September hingga 1 Oktober).

Kalender MotoGP 2024 : Mulai Lagi di GP Qatar

“Ada cukup banyak negara dan sirkuit lain yang bersedia untuk menjadi tuan rumah Grand Prix jika tindakan pencegahan keselamatan di Portimao tidak disesuaikan,” tegas Ezpeleta.

Jika diperlukan, MotorLand Aragon juga tersedia sebagai tempat pengganti. Di trek yang menuntut dengan infrastruktur modernnya, balapan MotoGP diadakan di Aragon mulai dari tahun 2010 hingga 2022 bahkan dalam 2 tahun yakni 2020 dan 2021 masing-masing digelar dua kali balapan.

Di GP Misano 2022, delegasi dari Arab Saudi sudah menandatangani presentasi untuk balap motor, tapi lintasan Formula 1 di Jeddah terlalu berbahaya untuk balapan motor. Dan proyek masa depan ‘The Line’, yang seharusnya juga mencakup lintasan balap, dapat memakan waktu 5 atau 10 tahun lagi jika benar-benar dipraktikkan.

Misalnya, meski sirkuit Losail di Qatar dan trek Formula 1 yang baru di Jeddah masing-masing dibangun dalam waktu 9 bulan, GP Arab Saudi diperkirakan belum masuk kalender 2024. Lokasinya belum ditentukan.

GP Finlandia di KymiRing juga sudah dibatalkan oleh Dorna.

Perubahan kalender 2024

Kalender balap 2023 mendapat kritikan dari banyak tim dan pabrikan, karena 21 balapan akan digelar untuk pertama kalinya dan 7 balapan di luar Eropa berturut-turut dijadwalkan diadakan di musim gugur.

Namun kompilasi ini diperlukan karena Sirkuit Losail sedang dibangun kembali sehingga tidak mungkin terbang ke Asia pada Maret atau awal April seperti tahun 2022 (Mandalika).

Kalender MotoGP 2024 kembali akan sangat mirip dengan versi 2022. Seperti biasa, musim akan dimulai di Qatar, dilanjutkan dengan balapan Kejuaraan Dunia di India atau GP Indonesia di Mandalika.

Setelah itu terbang ke Argentina dan Texas, Jerez akan menjadi Grand Prix kelima 2024 dan akan menjadi pembuka GP Eropa. Portimao diperkirakan akan dipindahkan ke musim gugur jika homologasi terwujud, misalnya sebagai pengganti GP Aragon pada pertengahan September.

Tur luar Eropa pada bulan September dan Oktober 2024 akan mencakup balapan di Sirkuit Motegi, Buriram, Phillip Island, Sepang dan Buddh (India) atau Mandalika.

Seperti biasa, balapan final Kejuaraan Dunia 2024 akan berlangsung di Valencia.

“Kami merencanakan 21 balapan lagi untuk musim 2024,” pungkas Carmelo Ezpeleta.

This post was last modified on 8 April 2023 03:14

Tags: dornamotogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024