Categories: MotoGP

Aleix Espargaro : Mengenai Crash yang Dialami Pol Saya Tidak Marah Tapi Hanya Khawatir

RiderTua.com – Tentu saja, crash serius yang dialami Pol Espargaro di sesi FP2 di Portimao membuat kakaknya Aleix Espargaro cemas. Sebagai informasi, usai crash, Pol sempat dirawat di sisi trek selama beberapa menit sebelum diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter. Hal ini membuat pembalap pabrikan Aprilia itu sangat mengkhawatirkan kondisi adiknya itu. Beruntungnya, Pol selalu sadar dan masih bisa menggerakkan tangan dan kakinya namun dia mengeluh sakit di punggung dan dadanya.

Saat jumpa pers pada Jumat malam, Aleix mengatakan, “Saya baik-baik saja. Saya belum tahu sesuatu yang baru tentang Pol, istri saya Laura ada di Faro untuk mendampingi istrinya Carlota. Tapi ada Dr. Angel Charte dan itu sangat bagus karena beliau ada di sini. Dia sangat menenangkan saya. Semoga segera ada kabar baik.”

Aleix Espargaro : Mengenai Crash yang Dialami Pol Saya Tidak Marah Tapi Hanya Khawatir

Seberapa kesal Aleix karena masalah keamanan atas kondisi lapisan kerikil di Autodromo Internacional do Algarve yang telah beberapa kali dikritik dan kini Pol crash di mana tidak ada airfences atau pagar pengaman udara? “Tidak, aku tidak marah. Saya hanya ingin berbicara dengan Pol sekarang dan kuharap dia baik-baik saja. Kita masih punya waktu untuk menegur seseorang dan memasang pagar pengaman udara. Saat ini aku sedikit khawatir,” jawab rider berusia 33 tahun itu.

Namun Aleix tidak yakin dengan jadwal baru. Dia menjelaskan, “Kami harus melihat apakah kami dapat meningkatkan sesuatu. Semuanya baik-baik saja di Portimao pada suhu 25 derajat. Tapi apa yang kita lakukan pada jam 5 sore? di Jerman atau di Assen? Bendera merah dan kuning sepanjang waktu? Karena itu akan terjadi karena sesi FP2 adalah sesi yang paling penting, bahkan lebih penting dari kualifikasi.”

“Apakah kita start dari posisi 4 atau 7 di grid itu sama saja. Di sisi lain, finis ke-7 atau ke-11 pada hari Jumat membuat perbedaan besar. Itu sebabnya sesi FP2 adalah tempat kami mengambil risiko paling besar. Namun bukan ide terbaik jika digelar pada jam 5 sore di beberapa negara yang dingin,” imbuh Papa si kembar Max dan Mia itu.

Lihat Juga: Pol Espargaro Mengalami Cedera Parah, Diganti Dani Pedrosa?

Apakah sulit untuk kembali ke trek setelah insiden Pol? “Ya, benar. Luar biasa, kami sering berfoto bersama dan berkeliling dunia bersama. Itu bagus dan keren, tetapi ada saatnya kita mengalami situasi sulit dan buruk. Kita harus terbiasa dengan itu. Sayangnya Pol mengalami banyak cedera dalam kariernya dan saya selalu berada di sisinya. Tapi kita harus profesional. Ada banyak orang yang bekerja untuk saya. Kita harus tetap balapan dan mencoba. Itu tugas kami,” lanjut Aleix.

Aleix Espargaro melakukan tugasnya dengan baik pada hari Jumat dengan menempati posisi ke-9 dan langsung masuk Q2. Dia percaya diri untuk sisa akhir pekan di GP Portugal. “Tesnya lancar, tapi tidak terlalu bagus. Hari ini saya merasa sangat baik sejak awal. Setelah 15 lap saya melaju 1:38,9 menit. Saya sedikit terkejut. Dengan ban baru pertama, saya mencatatkan waktu 1:38,2 menit dan untuk sementara menjadi yang pertama,” ujar rider asal Spanyol yang tinggal di Andorra itu.

 

“Setelah itu ada yellow flag yang disebabkan oleh Marc, kalau tidak saya bisa bertarung untuk posisi pertama. Tapi saya merasa sangat baik. Jika saya bisa membuat putaran yang bagus di kualifikasi, saya pikir kami bisa bertarung untuk meraih kemenangan di sprint,” imbuh Aleix optimis.

Lengan bawah yang dioperasi 10 hari yang lalu juga tidak menimbulkan masalah besar. “Lengan saya baik-baik saja. Tapi di pagi hari sempat tidak begitu baik, lengan terasa sedikit lelah setelah sesi dan saya sebenarnya agak khawatir. Tapi saya berlatih dengan fisioterapis dan pada sore hari jauh lebih baik. Jadi operasi adalah keputusan yang tepat,” ungkap rekan setim Maverick Vinales itu.

Aleix Espargaro tidak memiliki rencana khusus untuk latihan bebas pada Sabtu pagi. “Dalam latihan bebas saya akan berkeliling dan mencoba motor lainnya. Kami telah menyelesaikan 1000 lap di Portimao, semuanya sudah siap. Satu-satunya keraguan saya untuk balapan hari Minggu adalah memilih ban belakang, soft atau medium. Tapi itu bukan sesuatu yang bisa saya coba pada Sabtu pagi karena suhunya berbeda,” pungkas Aleix.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Penjualan Mobil Chery Naik Drastis di Q1 2024!

RiderTua.com - Chery mungkin menjadi salah satu merek mobil asal Negeri Tirai Bambu yang sempat diremehkan ketika pertama kali hadir…

27 April 2024

Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Catatkan Hasil yang Positif

RiderTua.com - Suzuki telah mencatatkan hasil penjualan mobil yang cukup bagus selama bulan Maret 2024 di Indonesia. Tercatat ada kenaikan…

27 April 2024

Toyota Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbarunya!

RiderTua.com - Toyota kini memiliki sejumlah mobil listrik yang dijualnya di pasar global. Salah satunya bZ4X yang menjadi andalannya di…

27 April 2024

Toyota Alphard Kini Lebih Irit Bahan Bakar Dengan Teknologi Hybrid

RiderTua.com - Mobil hybrid Toyota di Indonesia kini cukup banyak modelnya dan dijual dalam harga yang bervariasi pula. Kebanyakan modelnya…

27 April 2024

Jorge Martin : Motor Tidak Ada Getaran!

RiderTua.com - Meski berada di posisi ke-5 dalam timesheet pada latihan hari Jumat di Jerez, Jorge Martin merasa dirinya jauh…

27 April 2024

Chery Tingkatkan Kapasitas Produksi Omoda E5!

RiderTua.com - Penjualan mobil Chery selama beberapa bulan terakhir di Indonesia masih cukup bagus. Terlebih bagi mobil listrik terbarunya, Omoda…

27 April 2024