Suzuki Baleno-S-Presso Kena Recall di India, Indonesia?

RiderTua.com – Suzuki sempat mengumumkan adanya penarikan terhadap sejumlah mobilnya di India. Dari Baleno Hatchback sampai S-Presso terkena dampak dari masalah pada airbag dan sabuk pengamannya. Dikhawatirkan Suzuki juga akan melakukan hal serupa di Indonesia, yaitu me-recall Baleno dan S-Presso. Namun mereka memastikan kedua mobil ini tidak ikut kena dampaknya.

Baca juga: Suzuki Jimny 5-Door Kantongi 3 Ribu Pesanan!

Suzuki Bakal Umumkan Recall di Indonesia?

Sebenarnya penarikan tersebut sudah dilakukan sejak awal bulan ini, dengan menargetkan sejumlah model yang berpotensi mengalami masalah. Dari Baleno, S-Presso, Brezza, Grand Vitara, Eeco, dan Alto K10 disebut bermasalah, sehingga sekitar 17 ribu unit harus ditarik. Unit yang ditarik merupakan model produksi tanggal 8 Desember 2022 hingga 12 Januari 2023.

Mobil-mobil yang disebutkan sebelumnya mengalami masalah pada bagian airbag dan pretensioner sabuk pengaman yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Tentu ini akan sangat membahayakan jika fitur ini tidak berfungsi ketika terjadi tabrakan. Walau sejauh ini belum ada laporan mengenai kecelakaan terkait masalah tersebut, Suzuki harus segera menanganinya sebelum terlambat.

(The Financial Express)

Beda Model

Memang Baleno Hatchback dan S-Presso diimpor dari Negeri Bollywood, termasuk mobil lainnya seperti SX4 S-Cross. Namun Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan kalau kedua mobilnya ini tidak terkena imbas dari recall mobil di India. Mungkin unit yang dikhususkan untuk pasar luar negeri dengan domestik cukup berbeda.

Nyatanya unit yang dijualnya disini tidak termasuk dalam daftar unit di dalam tanggal tersebut. Pengiriman unitnya memang sudah dilakukan sejak Suzuki meluncurkan All New Baleno Hatchback dan S-Presso bulan Agustus lalu. Sepertinya Suzuki belum sempat mengirim unit baru ke Tanah Air, tapi pada akhirnya SIS bisa terhindar dari recall tersebut.

Tapi tetap saja, SIS akan terus memantau perkembangan recall di India. Apakah penarikan ini bisa berdampak pada pengiriman unitnya atau tidak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives