Valentino Rossi Pindah BMW Tim VR46 ke Yamaha

RiderTua.com – Upaya yang tiada henti Yamaha sejak Mei untuk mengontrak tim Mooney VR46 Valentino Rossi sebagai tim satelit Yamaha untuk tahun 2024 bukanlah berita baru. Namun semua seperti meragukan melihat perbandingan performa Ducati dan Yamaha, yang secara hitungan Rossi jelas memilih motor yang kompetitif. Namun baru-baru ini presiden FIM, Jorge Viegas malah mengatakan kesepakatan VR46 dengan Yamaha untuk 2024 sudah meyakinkan. Bisa jadi aturan yang mengharuskan batas pabrikan hanya bisa menurunkan maksimal 6 motor bisa mendesak Rossi kembali ke Yamaha.. Artinya Ducati dipaksa mengurangi tim satelitnya karena beberapa tim lawan keberatan… Rossi pun dikabarkan akan pindah dari Audi ke BMW di balap mobil..

Sejak GP Mugello Yamaha berupaya untuk menemukan tim satelit MotoGP lagi setelah berpisah dari tim RNF. Tim WithU Yamaha RNF sebelumnya milik Razali Razali akan bergabung dengan Aprilia pada 2023 dan 2024, dengan pembalap: Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Dan Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, tentu saja mengharapkan bisa menandatangani tim Mooney VR46 asuhan Valentino Rossi, meski terikat dengan Ducati hingga akhir 2024. Jarvis tidak membantah spekulasi bahwa Yamaha akan memasok tim Rossi di 2024. “Jelas kami tidak akan memiliki tim satelit MotoGP pada 2023. Jumlah motor MotoGP ideal kami di grid adalah empat,” kata Lin Jarvis.

Pasukan Ducati dinilai terlalu banyak oleh beberapa rivalnya.. karena Ducati akan punya lebih dari sepertiga dari 22 pembalap dengan delapan pembalap pada musim 2023, tetapi Yamaha hanya memiliki dua motor di grid, ditambah masing-masing empat dari Honda, Pierer Group dengan KTM & GASGAS dan empat Aprilia. Stefan Pierer menyatakan ketidakpuasannya dengan keunggulan jumlah pembalap Ducati di asosiasi pabrikan MSMA.

Setelah dua belas kemenangan musim ini, 32 podium dan lima pembalap di antara 9 besar di Kejuaraan Dunia MotoGP, pabrikan berbicara tentang persaingan yang tidak sehat dan kondisi yang tidak seimbang. Meskipun Ducati mampu menarik tim satelit dalam era ‘pasar bebas’ dengan konsep dan kualitas Desmosedici mereka.

Jorge Viegas- FIM
Jorge Viegas- FIM

Presiden FIM Berbicara

Kini bahkan Presiden FIM yang baru terpilih kembali Jorge Viegas mengomentari masalah tersebut. Dia menyayangkan Yamaha hanya menurunkan dua motor M1 di grid pada 2023. “Saya tidak terlalu suka situasi ini.. Tapi menurut saya itu baru akan terjadi pada 2023. Pada 2024, tim Valentino akan pindah dari Ducati ke Yamaha. Ini hanya sebuah ide sejauh ini, tidak ada yang dikonfirmasi. Tapi saya yang menyebarkan berita ini. Dalam dua tahun kita akan melihat enam Ducati dan empat Yamaha,” katanya dalam wawancara dengan RAI TV sebelum FIM Awards di Rimini.

Bagaimana hubungan Rossi dengan Ducati di balap mobil?.. Kolaborasi antara Rossi dan Audi Group, yang juga termasuk Ducati Motor, akan berakhir pada 2023. Juara dunia sembilan kali itu akan pindah dari Audi (satu pemilik dengan Ducati) ke BMW sebagai pembalap mobil sport. Jadi sepertinya hubungan antar grup juga tidak ada masalah jika Rossi balik ke Yamaha lagi..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives