Pecco Bagnaia Menjadi Warga Kehormatan Kota Pesaro

RiderTua.com – Kemenangan gelar MotoGP Pecco Bagnaia menarik perhatian dari semua penjuru di Italia. Juara Dunia MotoGP berusia 25 tahun itu berasal dari Chivasso dekat Turin, tetapi kemudian dia pindah ke provinsi Pesaro e Urbino pada 2014, untuk lebih dekat dengan mentornya Valentino Rossi yang berada di Tavullia. “Kewarganegaraan kehormatan adalah pengakuan yang tepat bagi seorang juara yang telah memilih untuk tinggal di Pesaro, dan pada saat yang sama merupakan cara untuk menggarisbawahi strategi komunikasi dan pariwisata kota,” ujar Walikota Pesaro Matteo Ricci.

Pecco Bagnaia Menjadi Warga Kehormatan Kota Pesaro

Francesco ‘Pecco’ Bagnaia adalah Juara Dunia Italia pertama di Kejuaraan Dunia MotoGP sejak Valentino Rossi pada tahun 2009. Yang lebih bersejarah adalah, fakta bahwa pembalap pabrikan Ducati itu menjadi orang Italia pertama yang mengendarai merek Italia sejak Giacomo Agostini pada tahun 1972 (MV Agusta) meraih gelar di kelas utama kejuaraan dunia balap motor.

Kota Pesaro Merayakan Gelar Dunia Pecco Bagnaia
Kota Pesaro Merayakan Gelar Dunia Pecco Bagnaia

Prestasi membanggakan ini diakui dan dirayakan di semua lapisan di Italia. Pecco Bagnaia menerima penghargaan Collare d’Oro dari Komite Olimpiade Nasional Italia. Dia bersama petinggi Ducati Corse juga diundang oleh Presiden Italia Sergio Mattarella di Istana Quirinal di Roma.

Bukan itu saja, atas saran Walikota Matteo Ricci, Pecco akan segera diangkat menjadi warga kehormatan Pesaro. “Kami semua senang dengan kesuksesannya yang luar biasa, yang setelah bertahun-tahun membawa sepeda motor Italia kembali ke puncak. Bagnaia adalah talenta yang tumbuh di bawah bimbingan pembalap terbesar sepanjang masa, Valentino Rossi, di wilayah kami, yang sekali lagi menampilkan dirinya sebagai negeri para pembalap dan motor,” kata Ricci.

Belum jelas kapan Bagnaia akan secara resmi menerima kewarganegaraan kehormatan itu. Menurut walikota, rencananya akan digelar sebuah festival besar di mana pemerintah kota Tavullia juga harus dilibatkan.

Pesaro menjadi Ibukota Kebudayaan Italia 2024. Sebelumnya kota ini menganugerahi Valentino Rossi sebuah ‘monumen’ helm besar tahun ini .

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives