Categories: MotoGP

Alex Marquez: Saya Merasa Tidak Berguna di Honda

RiderTua.com – Di balapan akhir musim di Valencia, Alex Marquez tidak menyembunyikan fakta bahwa dia senang akhirnya bisa memasukkan Honda RC213V ke garasi (untuk terakhir kali) setelah total 3 tahun. “Saya tidak meminta, apakah saya bisa menyimpan motor itu untuk dipajang di ruang tamu,” ungkap rider berusia 26 tahun itu sambil tersenyum. Dari dulu hanya satu pembalap yang bisa bagus di Honda dan itu adalah kakaknya, bahkan Alex Marquez merasa sangat tidak berguna di Honda setelah dipindah ke tim satelit LCR, berikut penjelasannya..

Seberapa buruk hubungannya dengan Honda sejak debut bersama tim pabrikan Repsol Honda pada 2020? “Tidak, itu bukan hubungan yang buruk. Saya selalu berhubungan baik dengan Honda, tidak pernah ada masalah. Tapi saya selalu mengatakan, bahwa itu tidak sama apakah kita berada di tim pabrikan atau tim satelit. Oke, mungkin kita juga bisa memiliki kontrak kerja di tim satelit. Namun, itu tidak persis sama. Suku cadang baru selalu tiba sedikit terlambat di tim satelit. Dan ketika kita memiliki motor dengan banyak masalah, itu benar-benar terlihat (bedanya),” jelas Alex Marquez.

Alex Marquez: Hanya Satu Pembalap Honda yang Bisa Melakoni Balapan dengan Baik

“Tapi hubungan saya dengan Honda akan selalu baik. Saya sangat bersyukur mereka memberi saya kesempatan untuk naik ke MotoGP. Saya juga menang bersama mereka di Moto3. Dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita harus selalu bersyukur,” tegas juara dunia dua kali itu (2014 di Moto3 dan 2019 di Moto2).

Alex Marquez

Faktanya adalah, musim lalu sangat mengecewakan bagi Alex Marquez karena hanya mencetak 50 poin dan menempati peringkat 17 di Kejuaraan Dunia. Apakah ada yang menjadi sorotan? Dia merenung sejenak dan kemudian menjawab, “Bisa jadi Australia. Itu balapan akhir pekan yang sangat bagus.” Kecuali balapan tentu saja, di mana Alex melakukan kesalahan dan Jack Miller menang .

“Kami selalu cepat dalam kondisi hujan. Kami memiliki momen kami, tetapi terlalu bergantung pada motor. Itu sesuatu yang saya tidak suka sebagai pembalap. Misalnya di Malaysia, saya suka di sana, tapi kami sangat kesulitan, dengan cengkeraman belakang dan semuanya. Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Itu sulit bagi seorang pembalap. Tapi saya belajar banyak dari tahun ini,” imbuh Alex.

Pernahkah Alex merasa nyaman dengan motor tahun ini? “Tidak,” tegasnya.

“Motornya seperti ini, jika kita memiliki cengkeraman, itu cukup bagus. Jika cengkeraman hilang, feelingnya buruk. Sangat sulit bagi pembalap untuk membangun dan memahami feeling bagian depan. Jadi begitulah, bukan gaya balap yang bisa kita nikmati. Kita hanya menikmatinya saat tes karena ada banyak abrasi ban Michelin di lintasan. Selain itu, ini adalah motor yang sulit. Kita harus selalu memaksakan diri hingga mencapai limit dan kita tahu siapa satu-satunya pembalap yang bisa melakukan itu,” kata adik Marc Marquez itu sambil tersenyum penuh arti.

Mungkinkah sejarahnya dengan Honda berbeda jika para eksekutif HRC belum memutuskan sebelum awal musim 2020 yang tertunda untuk mengirimkan Juara Dunia Moto2 2019 itu dari tim Repsol ke tim LCR hanya dalam 1 tahun? Di tim satelit, Alex tak mampu lagi mengulang dua kali podium dari musim rookienya.

Alex Marquez menambahkan, “Jujur, saat itu saya tidak begitu setuju dengan keputusan tersebut. Tapi saya menghormati mereka dan saya memahami posisi Honda. Kami tidak bisa mengubah masa lalu. Seperti yang saya katakan, keputusan ini agak sulit bagi saya. Saya merasa sangat tidak berguna di LCR untuk Honda, bukan untuk tim tapi untuk Honda. Saya sering berkata pada diri sendiri, ‘oke, saya tidak bisa membantu’. Memang agak sulit pada satu titik, tapi begitulah adanya.”

“Seperti yang saya katakan, saya belajar banyak dan saya akan selalu berterima kasih kepada Honda atas kesempatan yang mereka berikan kepada saya. Kita tidak bisa lagi mengubah masa lalu, kita hanya bisa melihat ke depan,” imbuh rider berusia 26 tahun itu.

2023 akan menjadi musim pertama Alex Marquez di Ducati. Karena alasan kontrak, pendatang baru di tim Gresini Racing itu belum diperbolehkan berbicara mengenai detail GP22 dan perbedaannya dengan Honda. Namun setelah hari pertama tes, dia tidak merahasiakan bahwa dia sangat senang dengan motor barunya .

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024