Motor Listrik Bakal Dapat Subsidi Rp 6 Juta, Bakal Lebih Laris?

RiderTua.com – Motor listrik sejauh ini masih belum banyak terjual di Indonesia. Namun pemerintah mulai memberikan dukungan untuk kendaraan ramah lingkungan yang ada di Tanah Air. Rencananya motor listrik mendapat subsidi Rp 6 juta mulai tahun depan. Seharusnya dengan ini harga jualnya bisa sedikit lebih murah.

Baca juga: Piaggio Belum Punya Rencana Produksi Motor Selain Vespa?

Motor Listrik Mendapat Subsidi Mulai Tahun Depan

Walaupun jumlah motor listrik terus meningkat di Tanah Air, tapi jumlahnya masih belum menyamai motor konvensional. Terlebih model yang dijual merupakan produk dari merek ‘underrated’ di pasar, artinya walau kualitasnya bagus tapi tidak dikenal luas oleh masyarakat. Jelas dengan dominasi merek seperti Honda membuat produsen lainnya agak kesulitan untuk bersaing disini.

Selain itu, harga jual sepeda motor listrik rata-rata masih terbilang cukup mahal. Contohnya Alva One yang dijual dengan harga Rp 35 jutaan, itupun masih terlalu mahal jika dibandingkan dengan model sejenisnya. Sehingga dipersiapkan subsidi untuk motor listrik sebesar Rp 6 juta dan mulai diberlakukan tahun depan.

(100KPJ)

Elektrifikasi Dipercepat

Mungkin subsidi ini dirasa masih terlalu kecil bagi motor listrik, walau ini sudah lebih dari cukup. Sebab dengan subsidi Rp 6 juta, harga jualnya bisa menjadi sedikit lebih terjangkau dari harga normalnya. Sebagai contoh, Alva One yang awalnya dijual Rp 35 jutaan akan dibanderol Rp 29 jutaan setelah mendapat subsidi.

Memang dengan ini harganya bisa bersaing dengan model konvensional yang ada di pasar, sekaligus mempercepat elektrifikasi kendaraan di Tanah Air. Tapi belum jelas apakah ini sudah cukup untuk meningkatkan penjualan motor listrik, mengingat masih banyak konsumen yang menggantungkan pada motor biasa. Terlebih merek terkenal seperti Honda belum menjual motor listrik hingga tahun depan.

Apapun itu, yang jelas subsidi motor listrik akan diberikan mulai tahun depan. Dengan ini, produsen roda dua dapat bernafas lega sudah diberikan keringanan dalam berjualan motor listrik di Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives