Suzuki Akan Diambil Alih, Dorna Menolak, Menunggu MV Agusta atau Triumph

RiderTua.com – Suzuki bisa saja lanjut di grid MotoGP pada 2023 yang dijalankan oleh tim lain (mirip kasus Kawasaki-Hayate, yakni turun ke grid dengan nama lain), tetapi Dorna menolak cara itu dan lebih memilih menunggu MV Agusta atau Triumph. Itu adalah rumor yang telah ada di paddock selama berminggu-minggu dan menurut informasinya, tim yang pernah hadir di kejuaraan dunia dan sudah pernah di MotoGP (mungkin Aspar dan Leopard) ingin mempertahankan motor GSX-RR, tetapi Dorna menghindarinya.

Dikabarkan sebuah tim (diduga Aspar atau Leopard) ingin melanjutkan Suzuki MotoGP, seluruh timya, pekerja dan bahkan pembalapnya, Joan Mir dan Álex Rins, tetapi Dorna tidak berminat. Rencana tim baru itu adalah melakukan sesuatu yang mirip dengan Hayate, yang bertahan di tahun 2009 bersama Kawasaki ketika ‘Geng Ijo’ itu mundur dari kejuaraan dunia. Namun Dorna tak ingin mengulangi cara itu, dia ingin yang menggantikan Suzuki adalah sebuah pabrikan, bukan dijalankan oleh tim pribadi.

Hayate – Kawasaki

Dorna Menunggu MV Agusta dan Triumph

Rencana Dorna tetap menunggu pabrikan, dan bukan tim satelit lain, untuk menggantikan Suzuki di MotoGP. Dan semua tertuju pada MV Agusta dan Triumph, dua pabrikan yang memiliki opsi paling banyak untuk mengisi celah itu, masing-masing dengan caranya sendiri.

Sebenarnya ada banyak tim yang ada di Moto2 dan Moto3 yang mencari cara untuk memasuki kelas MotoGP, sejauh ini belum berhasil. Diantaranya adalah Leopard Racing, Aspar (tim Jorge Martinez). Saat ini Carmelo Ezpeleta menahan opsi ini sambil menunggu merek baru.

Ada dua pabrikan yang terbuka untuk menggantikan Suzuki. Yang pertama dan paling jelas adalah MV Agusta. Merek Italia baru-baru ini diakuisisi oleh KTM, dan merk Austria itu tidak menyembunyikan rencana yang ada untuk mengembalikan MV Agusta ke MotoGP. MV Agusta tetap menjadi merek paling sukses kedua dalam sejarah MotoGP.

Hal yang mengkhawatirkan dengan masuknya MV Agusta adalah bagaimana memastikan proyeknya dan KTM bisa mandiri (sementara mereka juga sibuk dengan GasGas). Nama kedua yang tepat untuk masuk MotoGP adalah Triumph, pemasok tunggal mesin Moto2 saat ini.. Akan menarik jika Triumph menjadi merek baru di kejuaraan dunia MotoGP. Singkatnya, MotoGP punya beberapa cara untuk mengganti Suzuki, tapi yang jelas Dorna tidak mau setengah-setengah. Tidak akan ada tim pribadi yang menjalankan Suzuki GSX-RR, harus pabrikan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives