Alvaro Bautista: Panigale V4R 2023 Dilengkapi Connecting Rod Titanium!

RiderTua.com – Ducati tidak mau berpuas diri. Meskipun juara dunia Alvaro Bautista menunjukkan kecepatan luar biasa dengan V4R-nya tahun ini, pabrikan asal Borgo Panigale itu membawa pembaruan Panigale V4R untuk tahun depan. Untuk Kejuaraan Dunia Superbike 2023, Ducati memiliki model homologasi Panigale V4R baru. Apakah ini membuat motor tercepat di lintasan itu menjadi lebih baik?

Connecting rod titanium adalah suguhan teknis yang baru. Part ini disinyalir lebih baik dalam memasok area penting dengan oli mesin khusus. V4R 2023 adalah sepeda motor produksi pertama yang dilengkapi dengan batang penghubung titanium tersebut. Teknologi ini biasanya hanya ditemukan pada motor balap hand-made. Camshaft intake baru juga memiliki profil yang lebih agresif dan memberikan bukaan klep lebih tinggi…

Alvaro Bautista: Semoga Ducati yang Baru Tidak Buruk

Perubahan lain yang masuk akal dapat ditemukan pada sasis. Posisi baru poros swingarm meningkatkan efek ‘Anti squat’ (pengaturan diperlukan saat suspensi menerima beban ketika motor melakukan akselerasi), motor tidak boleh mendongak saat akselerasi penuh atau terangkat dari suspensi saat pengereman. Hal ini meningkatkan stabilitas dan presisi, sehingga memudahkan pembalap untuk menjaga racing line saat keluar tikungan.

Seperti yang diperikirakan, desain dan aerodinamika juga dimodifikasi. Winglet dua bagian (sayap utama dan flap) menjamin downforce aerodinamis yang sama, tetapi desainnya lebih compact dan lebih tipis dari model sebelumnya.

Bautista sukses memenangkan 16 balapan tahun ini dan meraih 31 podium. Dia mengamankan gelar dengan unggul 72 poin atas Toprak Razgatlioglu (Yamaha). Ekspektasinya terhadap model baru tidak muluk. Pembalap asal Spanyol itu tahu bahwa Ducati sudah berada pada level yang sangat tinggi dengan versi balap saat ini.

Bautista menjelaskan, “Apa yang saya dengar dari Ducati adalah, motornya akan sangat mirip dengan milik saya tahun ini. Ini semua tentang detail, tidak ada yang berubah drastis. Kecepatan yang lebih tinggi dari motor produksi tidak berguna bagi kami untuk balapan, karena kami tidak diizinkan mengendarainya. Kami memiliki beberapa ide, tetapi saya tidak tahu apakah itu akan terwujud di motor baru. Sejauh ini saya hanya melihat foto. Saya berharap motor setidaknya tidak akan lebih buruk dari yang sekarang. Saya akan senang jika bekerja sebaik mesin saya tahun ini.”

Bautista yang merayakan ulang tahunnya yang ke-38 pada hari Senin, akan menghabiskan liburan selama 8 minggu hingga tes musim dingin pertamanya di Jerez pada akhir Januari. “Akan ada pesta dengan teman-teman saya dan orang-orang dari kota saya. Kemudian ada pesta di Aruba dan satu di Ducati. Sebenarnya saya tidak terbiasa berpesta seperti itu,” ujar Bautista.

“Di antaranya, saya akan bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Mulai Januari saya akan kembali bekerja dan mendedikasikan diri untuk beberapa area yang bisa saya tingkatkan sebagai pembalap. Tahun depan akan lebih sulit dari ini karena rival saya ingin mengalahkan saya. Jadi saya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin,” pungkas rider asal Spanyol itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: