Alvaro Bautista: Santai di Kecepatan 300 Km/jam!

RiderTua.com – Dalam 34 balapan Superbike musim ini, Alvaro Bautista berhasil mencapai garis finis sebanyak 32 kali. Rider Ducati itu crash di Donington Park dan ditabrak hingga jatuh oleh Jonathan Rea di Magny-Cours. Pembalap asal Spanyol itu berhasil naik podium sebanyak 29 kali, 14 kali sebagai pemenang. Sejauh ini, finis ke-5 dalam balapan Superbike pertama di Phillip Island adalah hasil terburuk Bautista musim ini. Dia kesulitan dengan perubahan cuaca karena setup Ducati-nya. Memiliki tubuh ringan selain punya keuntungan juga memiliki masalah tersendiri, terutama saat balapan dalam kondisi hujan, itulah kenapa Danilo Petrucci jago di trek basah..

Di kualifikasi dalam kondisi kering, Bautista merebut pole position ke-6 nya di sirkuit Phillip Island di Australia Selatan itu. Dan pembalap berusia 37 tahun itu juga berada di depan pada awal balapan pertama di trek basah. Hingga pertengahan balapan, dia duel melawan pembalap Kawasaki Jonathan Rea dan Alex Lowes, serta rider Yamaha Toprak Razgatlioglu.

Alvaro Bautista mengatakan, “Saya mengalami kesulitan dengan motor ini dalam kondisi basah. Karena saya berbobot ringan, kami harus menyetel motor dengan sangat soft, sangat berbeda dengan saat kering. Tidak cukup bagi saya untuk sedikit mengubah preload pegas, saya membutuhkan pegas yang berbeda di shock depan dan belakang.”

Alvaro Bautista: Santai di 300 Km/jam

“Kemudian saat trek mengering sangat tidak stabil. Kita bisa melihatnya dari cara motor saya bergerak di trek lurus. Suspensinya terlalu soft untuk kondisi kering dan saya tidak mendapatkan beban apapun di roda belakang. Saat motor berbelok seperti itu dari trek lurus, otomatis kita mencengkeram setang lebih keras. Tapi cara itu membuatnya lebih buruk. Kita harus mengikuti pergerakan motor dan tetap santai (tidak kaku) di atas motor dengan kecepatan 300 km/jam. Saya banyak mengalami kesulitan itu, tetapi saya harus menghadapinya,” imbuh Bautista.

Dari tengah balapan, para pembalap beralih ke ban slick, Rea memenangkan balapan di depan Razgatlioglu dan Lowes sementara Bautista finis ke-5 tertinggal 19,3 detik dan merupakan hasil terburuknya musim ini.

“Kita harus mengatasi masalah ini. Jika kita menemukan diri kita dalam situasi seperti ini lagi di masa depan, maka kita tidak boleh kehilangan begitu banyak jika kita ingin menjadi kompetitif,” pungkas Bautista.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: