Categories: MotoGP

Augusto Fernandez: Moto2 dan MotoGP? Ojo Dibandingke!

RiderTua.com – Satu-satunya rookie di MotoGP 2023.. Sebuah mimpi menjadi kenyataan bagi Juara Dunia Moto2 2022 Augusto Fernandez. Pembalap asal Spanyol itu menguji motor GASGAS MotoGP untuk pertama kalinya di Valencia pada hari Selasa. Bersama tim Tech3, pembalap berusia 25 tahun itu menyelesaikan lebih dari 80 lap di sirkuit sepanjang 4,005 km itu dan berakhir di posisi 22, kalah 1,6 detik dari Luca Marini (Ducati) yang menjadi pembalap terdepan.

Mana yang lebih baik, lap terakhir di balapan Moto2 pada hari Minggu atau lap pertama dengan motor MotoGP GASGAS? “Keduanya bagus, tapi tidak bisa dibanding-bandingkan. Saya sangat menikmatinya karena saya telah memimpikan MotoGP pertama sepanjang hidup saya. Penampilannya saja sudah luar biasa. Saya sangat senang. Bannya juga luar biasa, kita bisa lebih memercayainya ketimbang di Moto2,” ujar mantan rider Red Bull KTM Ajo di Moto2 itu.

Augusto Fernandez: Moto2 dan MotoGP Tak Bisa Dibandingkan

“Saya kaget. Saya memiliki titik referensi yang hampir sama pada rem seperti pada motor Moto2. Saya bisa mencapai tikungan lebih cepat, tapi saya bisa mengerem hampir di titik yang sama,” lanjut pembalap Tech3 GASGAS itu.

Apa yang dipelajari Fernandez dari tes Valencia? “Saya mengambil banyak poin dari gaya balap. Saat menikung, cornering speed jauh lebih tinggi dan akselerasi serta pelurusan motor masih membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Postur juga membuat perbedaan besar pada motor ini, karena memberi kita banyak pengaruh pada bagaimana motor ‘meluncur’ dan bagaimana menanganinya. Sekarang saya dapat fokus pada latihan saya di rumah,” jawab rider asal Madrid itu.

“Pada hari Senin dalam pertemuan pertama kami, saya terkejut dengan banyaknya hal yang harus saya pertimbangkan dan apa yang harus saya lakukan di atas motor. Jadi saya harus mencoba semua yang ada di trek dan saya benar-benar tidak pandai mengoperasikan perangkat. Saya tidak bisa mengaktifkan perangkat setiap lap karena terkadang saya lupa atau rasanya sangat aneh. Ada banyak hal lain yang harus dipelajari terlebih dahulu, lalu baru saya bisa fokus pada hal-hal itu,” kata satu-satunya rookie MotoGP musim ini pada Selasa malam.

Apa yang menjadi fokus Fernandez dan tim Tech3 pada tes Valencia? “Saya ingin memahami motor secepat mungkin dan memiliki feeling yang jelas, jadi kami melakukan pekerjaan sedikit lebih lama. Moto2 adalah tentang menyesuaikan pegas atau garpu. Hari itu saya bahkan tidak membicarakan hal-hal seperti itu, kami hanya fokus pada elektronik. Ini terutama tentang apa yang saya sukai dan butuhkan untuk gaya balap saya dan untuk feeling saya di atas motor,” jawabnya.

“Setelah 83 lap saya merasa baik secara fisik. Tentu, Sepang jauh lebih berat, tetapi secara keseluruhan tes Valencia berjalan baik dan saya fit,” jelas Fernandez.

Seberapa membantu rekan setim barunya? Pol Espargaro kini telah kembali ke Tech3 dan Pierer Group dari tim pabrikan Honda. Sebagai pengingat, Pol pernah membalap di Tech3 (di Yamaha) selama 3 tahun pada 2014-2016 sebelum bergabung dengan Red Bull-KTM selama 4 tahun.

“Sangat bagus ada Pol di dalam garasi. Bersama dia, saya membandingkan banyak data untuk melihat di mana kami lebih lambat. Kami juga sempat ngobrol saat makan siang. Ini mengejutkan saya bahwa saya sudah melakukan beberapa hal dengan baik, tetapi tentu saja perlu ditingkatkan untuk mencapai titik di mana kita bisa merasakan lebih detail,” pungkas Augusto Fernandez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Kehadiran Wuling Cloud EV Takkan Mengusik Binguo EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV telah dibuka pemesanannya di Indonesia setelah dua bulan diperlihatkan kepada publik. Mobil hatchback bertenaga listrik…

4 Mei 2024

Motor Sport Yamaha R15M Punya Tampilan Baru Mirip R1M

RiderTua.com - Dibanding model standar, Yamaha R15M punya kelengkapan lebih lengkap untuk keperluan di trek sirkuit. Di Taiwan, motor sport…

4 Mei 2024

Toyota Mengenai Peluang Fortuner Hybrid Dirilis di Indonesia

RiderTua.com - Toyota telah menghadirkan Fortuner bermesin hybrid di Afrika Selatan beberapa bulan lalu. Mobil SUV ladder frame ini memakai…

4 Mei 2024

Valentino Rossi : Pedro Acosta akan Sulit Dikalahkan di Masa Depan

RiderTua.com - Valentino Rossi membahas pembalap muda berbakat Pedro Acosta.. Dimana setelah hanya empat putaran dalam karirnya di kelas premier…

4 Mei 2024

Marc Marquez : Saya Ingin Motor Sekaligus Tim Pabrikan Tahun Depan

RiderTua.com - Selama balapan kandangnya di Jerez, Marc Marquez memberikan beberapa clue menarik tentang rencana masa depannya di MotoGP. Menjelang…

4 Mei 2024

Fabio di Giannantonio : Saya Tercepat di Tes Jerez Pasti Itu Mengejutkan Semua Orang

RiderTua.com - Selang sehari setelah rekan setimnya Marco Bezzecchi meraih podium pertama tim VR46 di MotoGP musim ini, Fabio di…

4 Mei 2024