Kebakaran di Paddock Tim Marc VDS Moto2 di Motegi, Terima Kasih Kru Suzuki

RiderTua.com – MotoGP mendarat di Motegi-Jepang, dengan peti berisi materialnya yang datang tepat waktu berikut kotak dan motor prototype sedang diatur secara teratur. Tapi beberapa jam yang lalu terjadi kebakaran besar di garasi tim Marc VDS yang berlaga di kelas Moto2. Asap yang membumbung tinggi akibat api yang dihasilkan oleh arus pendek listrik dari ‘power strip’, (peralatan listrik yang biasa digunakan di rumah). Tim asal Belgia tersebut menyatakan bahwa semua staf tidak ada yang terluka. “Untungnya semua anggota tim baik-baik saja. Terima kasih banyak atas bantuan dan perhatian semua orang dan terutama mereka yang membantu mengendalikan situasi”.

Beberapa orang dari tim Aprilia dan Suzuki melihat munculnya api tersebut. Orang-orang dari tim pabrikan bermarkas Hamamatsu tersebut, yang kebetulan bersebelahan dengan tim Marc VDS, segera menyalakan alarm dan mengamankan motor Suzuki GSX-RR dengan membawanya keluar dari pit ke pitlane. Beberapa saksi mata mengatakan adanya ‘kilat’, diikuti oleh api yang mulai muncul. Api kemudian dipadamkan dengan alat pemadam, juga berkat intervensi dari tim yang bersebelahan. Kondisi  ini tidak membahayakan program GP Motegi di akhir pekan, dengan hari Jumat yang ditandai hanya satu sesi latihan bebas untuk tiga kelas, yaitu MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Untungnya, di garasi Suzuki ada beberapa mekanik yang tidak meninggalkan garasi mereka dan alarmnya penting untuk meminimalisir kerusakan akibat kebakaran. Asap yang memasuki pit Suzuki dan Aprilia mulai memperingatkan mekanik yang bisa segera memanggil petugas pemadam kebakaran, serta memaksa masuk ke garasi untuk memutuskan semua perangkat listrik. Sebenarnya lebih banyak ketakutan daripada kerusakan, dengan kerumunan orang dari setiap pit yang menonton dengan takjub untuk melihat apa yang terjadi. Ini tentu saja bukan emosi yang ingin dibagikan kepada penonton dari seri Jepang kali ini, karena hari ini para pembalap akhirnya akan berada di lintasan balap negara matahari terbit itu. Dimulai dengan latihan bebas untuk Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Marc VDS sangat beruntung, satu-satunya kerugian dari kebakaran adalah shock belakang

Dulunya, paddock MotoGP juga dihadapkan dengan insiden yang kurang lebih serupa yang dipicu oleh arus pendek listrik. Seperti pada tahun 2018, ketika motor GSX-RR terbakar di pintu masuk pitlane, yang untungnya tidak membahayakan orang lain. Insiden yang lebih menakutkan lainnya terjadi di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, yang untungnya tidak ada balapan yang dijadwalkan saat itu, dengan kobaran api yang memaksa untuk melakukan renovasi besar di dalam lintasan balap tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: