Honda Pilih Motor Listrik Ketimbang Kembangkan FCEV, Kenapa?

RiderTua.com – Honda telah mengumumkan akan meluncurkan 10 motor listrik hingga tahun 2025. Namun entah mengapa mereka tidak mengembangkan teknologi hidrogen fuel cell (FCEV). Padahal Honda juga sudah berpengalaman dalam membuat kendaraan FCEV seperti Clarity. Sebenarnya mereka punya alasan tersendiri mengapa mereka melakukan itu.

Baca juga: Honda Siapkan 10 Motor Listrik Hingga Tahun 2025!

Honda Sudah Berpengalaman Membuat Kendaraan FCEV

Mungkin untuk teknologi listrik murni, mereka sudah cukup berpengalaman dalam mengembangkannya. Tapi untuk teknologi hidrogen fuel cell masih cukup jarang dikembangkan belakangan ini. Padahal kendaraan fuel cell atau FCEV berpotensi untuk dirancang bagi semua jenis kendaraan, tak terkecuali sepeda motor.

Honda sendiri sudah memiliki teknologi FCEV tersebut, walau sejauh ini baru Clarity yang hadir sebagai kendaraan hidrogen. Namun nampaknya mereka tidak lagi fokus pada pengembangan teknologi ini. Sebab fokus utama mereka kali ini yaitu untuk membuat 10 motor listrik yang akan dirilis hingga tahun 2025.

(Astra Motor)

Fokus ke Motor Listrik

Sejauh ini Honda memiliki segelintir produk motor listrik yang dijualnya di pasar, termasuk PCX Electric. Namun kebanyakan masih disediakan sebagai motor sewaan, meskipun cara ini cukup efektif dalam mengenalkan motor listrik kepada konsumen. Sehingga Honda harus memperluas lini produk motor EV yang dimilikinya.

Walau mereka tidak lagi memprioritaskan teknologi FCEV, bukan berarti Honda meninggalkannya begitu saja. Mereka masih melihat adanya potensi cukup besar dari tenaga hidrogen sebagai pengganti kendaraan hybrid atau listrik murni. Namun untuk diaplikasikan pada sepeda motor mungkin akan membutuhkan waktu pengembangan lebih lama lagi.

Sehingga untuk sekarang Honda akan fokus ke motor listrik terlebih dahulu. Dua dari 10 motor EV ini bakal dijual paling cepat tahun depan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: