Mazda Mulai Pertimbangkan Bangun Pabrik Mobil di Indonesia?

MAZDA RiderTua.com – Mazda sempat dikabarkan ingin membangun pabrik mobilnya di Indonesia. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai kelanjutan dari perundingan tersebut. Tapi kini Mazda mengkonfirmasi kalau mereka mulai mempertimbangkan untuk membangunnya di Tanah Air. Walau untuk risetnya akan dimulai pada akhir tahun nanti.

Baca juga: Mazda Bakal Rilis Mazda2 Terbaru di Indonesia?

Mazda akan Mempertimbangkan Membangun Pabrik Mobil

Sejauh ini Mazda telah menghadirkan berbagai jenis produk di Indonesia, dan yang terbaru berupa MX-30 Miata. Hampir semua model yang dijualnya memang masih didatangkan langsung dari Jepang dalam bentuk CBU. Mazda sendiri belum memiliki pabrik produksinya di Tanah Air, tidak seperti produsen senegaranya.

Terlebih Mazda ingin sekali untuk mengekspor mobilnya ke Australia, tapi jika mengirimnya langsung dari Jepang mungkin akan membuat biayanya menjadi lebih mahal. Sehingga ada pilihan untuk membangun pabrik di Indonesia kalau bisa, sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh mendatangkannya dari kampung halamannya. Namun untuk bisa mewujudkannya, Mazda ingin melakukan riset terlebih dahulu.

(Motor1)

Ekspor ke Luar Negeri

Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku APM Mazda mengatakan bahwa mulai akhir tahun nanti mereka akan mendiskusikannya dengan pihak prinsipal. Tentu saja membahas potensi pabrik mobil Mazda yang akan dibangun di Indonesia nantinya, itupun jika sudah disepakati. Mereka akan mempelajarinya lebih lanjut mengenai potensi tersebut.

Jika semuanya berjalan dengan lancar, tidak menutup kemungkinan Mazda akan segera mendirikan pabriknya di Tanah Air. Bahkan jika unitnya masih didatangkan dalam bentuk CKD, setidaknya ini masih cukup untuk merakitnya secara lokal. Apalagi Mazda bisa mengirim atau mengekspor mobilnya ke luar negeri, terutama dapat menjangkau Australia.

Mazda dianggap menjadi salah satu produsen yang memiliki potensi tinggi untuk mengekspor mobilnya ke Negeri Kangguru. Mungkin inilah yang membuat Mazda mulai mempertimbangkan untuk membangun pabriknya disini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: