Categories: MotoGP

Paolo Ciabatti: Enea Bastianini dan Jorge Martin Punya Peluang yang Sama

Ducati Lenovo Team RiderTua.com – Direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti belum juga mau membocorkan apakah Enea Bastianini atau Jorge Martin yang mampu menyakinkan Ducati untuk menjadikannya rekan setim Pecco Bagnaia di tim pabrikan Ducati-Lenovo. Pabrikan asal Borgo Panigale itu hanya akan memutuskan hal itu setelah GP Austria pada 21 Agustus mendatang. Pada 2022, Ducati Corse sedang menjalani musim ke-20 di kelas utama dan mengalami salah satu tahun paling sukses di Kejuaraan Dunia MotoGP. Musim ini, mereka merengkuh 7 kemenangan, 8 pole position, total 17 dari kemungkinan 36 podium, dan 4 pembalapnya masuk di 6 besar di klasemen pembalap. Selain itu, Ducati sedang dalam perjalanan untuk memenangkan Kejuaraan Konstruktor dengan Desmosedici untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Paolo Ciabatti: Enea Bastianini dan Jorge Martin Punya Peluang yang Sama

Tetapi ada fakta mengejutkan bahwa, secara individu pembalap Ducati kurang konsisten. Pecco Bagnaia memang berhasil memenangkan 4 kemenangan dalam 12 seri, tetapi dia belum meraih podium lain. Enea Bastianini membukukan 3 kemenangan tetapi juga tidak masuk 3 teratas lainnya. Johann Zarco 3 kali naik podium tetapi belum pernah menang, Jack Miller meraih 4 podium juga tanpa kemenangan sementara rookie Marco Bezzecchi naik podium sekali saat finis ke-2 di TT Assen.

Untuk saat ini, Fabio Quartararo (Yamaha) dan Aleix Espargaro (Aprilia) masih bersaing untuk memperebutkan Gelar Pembalap.

Ini adalah salah satu alasan, mengapa Ducati membutuhkan banyak waktu untuk memikirkan tempat kedua di tim pabrikan Lenovo untuk tahun 2023. Dan bahkan sekarang, belum ada jadwal kapan pastinya Enea Bastianini atau Jorge Martin akan dipilih dan dihadirkan untuk posisi yang didambakan ini.

Pada tahun 2020, Ducati juga butuh banyak waktu ketika memilih pembalap. Itulah sebabnya Andrea Dovizioso kehilangan kesabarannya di GP Austria di Spielberg dan dia secara mengejutkan mengumumkan kepergiannya dari Ducati pada Sabtu sore.

Setelah itu, Ducati mampu menginisiasi perubahan generasi. Sejumlah pembalap muda dan masih fresh direkrut, yang semuanya telah membuktikan kemampuannya seperti Luca Marini, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio.

Di Silverstone, Direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti mengatakan, “Tidak ada informasi baru dalam hal line-up tim pabrikan untuk 2013. Kami tidak menetapkan tenggat waktu. Kami selalu mengumumkan bahwa kami masih menunggu dua seri pada bulan Agustus. Pada akhir Agustus kami akan duduk dan memutuskan. Kami tetap berpegang pada rencana itu.”

“Enea dan Jorge keduanya memiliki peluang yang sama. Jelas, masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dan sisi positifnya. Hal yang menyenangkan adalah keduanya telah menandatangani kontrak dengan kami. Mereka akan mendapatkan perlakuan yang sama pada tahun 2023, baik secara ekonomi maupun teknis,” imbuhnya.

Bos asal Italia itu menambahkan, “Kami tidak berpikir bahwa sekarang kedua kandidat berada di bawah tekanan ekstra, karena mereka akan mendapatkan gaji yang sama persis apakah mereka membalap untuk Pramac atau di tim pabrikan. Selain itu, mereka akan mendapatkan motor yang sama persis dan dukungan teknis yang sama. Mereka akan menjadi dua penggerak pekerjaan, baik dari sudut pandang ekonomi dan teknis.”

“Menurut pendapat saya, kami menghilangkan tekanan dari pembalap dengan cara ini. Tentu saja selalu lebih bergengsi jika kita mendapatkan kontrak untuk tim Pabrikan Ducati Lenovo ketimbang Pramac. Bahkan jika kita mendapatkan gaji yang sama,” tegas Ciabatti sadar akan hal itu.

“Ini hanya masalah, apakah kita membalap dalam livery pabrikan atau tidak. Kami tidak berpikir itu harus membuat perbedaan. Karena kami telah menjanjikan kepada Enea dan Jorge langkah-langkah pengembangan dan peningkatan yang sama,” pungkas Paolo Ciabatti.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024