Romano Albesiano: Hilangnya Konsesi dan Tim Satelit Baru akan Membuat Semakin Rumit

RiderTua.com – Untuk pertama kalinya, Aprilia akan diperkuat 4 pembalap di lintasan MotoGP pada musim 2023. Direktur Teknis Aprilia, Romano Albesiano mengungkapkan apa yang dia inginkan untuk tim satelit WithU RNF di masa depan, apa yang saat ini sedang dikerjakan di Noale dan pendapatnya tentang kontrol kualitas Michelin. Dalam sebuah wawancara, Romano Albesiano selaku Direktur Teknis di Aprilia berbicara tentang tantangan baru ini. “Saya percaya itu. Di markas besar Aprilia, itu akan menjadi bertambah rumit karena akan memaksa kita untuk mengubah banyak hal dalam organisasi kita. Mungkin juga akan mempekerjakan lebih banyak orang? Semuanya akan menjadi lebih kompleks. Dan itu akan terjadi di tahun ketika kita harus melepaskan hak konsesi. Jadi semakin rumit dalam hal perencanaan mesin,” katanya..

Aprilia, seperti Suzuki sebelumnya, berhasil menunjukkan bahwa mereka bisa bangkit dan menjadi kompetitif tanpa harus memiliki tim satelit. Apakah lebih penting untuk memiliki tim penguji yang bagus? “Ini akan menjadi pengalaman baru bagi kami memiliki tim satelit. Jadi ini adalah seperti alat baru yang perlu kita pelajari cara menggunakannya terlebih dahulu,” jawab Romano.

“Ketika tim bergabung sebagai tim terintegrasi dan saya tidak bermaksud sebagai tim penguji, kita dapat mendorong pengembangan bersama. Itu pasti berarti lebih banyak potensi. Karena tim penguji akan tetap eksis dan melakukan tugasnya. Kami juga akan mempunyai empat pembalap di trek yang akan memberi kami umpan balik,” imbuhnya.

Jadi Romano yakin itu akan menjadi keuntungan? “Saya percaya itu. Di markas besar Aprilia, itu akan menjadi bertambah rumit karena akan memaksa kita untuk mengubah banyak hal dalam organisasi kita. Mungkin juga akan mempekerjakan lebih banyak orang? Semuanya akan menjadi lebih kompleks. Dan itu akan terjadi di tahun ketika kita harus melepaskan hak konsesi. Jadi semakin rumit dalam hal perencanaan mesin,” jawab bos asal Italia itu.

Tugas Tim Satelit Aprilia (RNF)

Peran apa yang akan dilakoni oleh tim satelit baru, apakah akan bertindak sebagai semacam tim pelatihan untuk pembalap muda atau akan lebih menjadi jembatan antara tim penguji dan tim pabrikan? “Anda harus bertanya kepada Massimo (Rivola), yang memimpin negosiasi dengan tim satelit masa depan,” ujar Romano sambil tersenyum.

Tapi apa yang Romano inginkan? “Saya ingin empat pembalap yang cepat,” jawabnya sambil tertawa. “Selain bersenang-senang, sangat penting bahwa semua pembalap bersedia bekerja sama untuk mempertahankan iklim yang kita miliki di pit sekarang. Iklim kerja, suasana di mana tidak ada argumen dan semua orang bekerja untuk maju.

Pekerjaan apa yang biasanya tidak tersentuh? Jadi apa yang Aprilia kerjakan di musim panas? “Faktanya adalah sangat sedikit tes hari ini. Jadi tes setelah GP Misano akan sangat penting. Ini adalah salah satu dari sedikit kesempatan bagi pembalap pabrikan untuk menguji hal-hal tertentu. Karena kita tidak bisa melakukan itu di balapan akhir pekan. Tes Misano tak hanya penting untuk akhir musim, tetapi juga untuk menguji beberapa hal untuk tahun depan,” kata Romano.

Romano menambahkan, “Kami memiliki daftar komponen yang sangat panjang untuk diuji. Kami sudah mengerjakannya sejak lama, kami tidak memulainya hanya saat liburan musim panas. Lorenzo (Savadori) mengujinya terlebih dahulu dan jika dia oke, Aleix dan Maverick baru akan mengujinya setelahnya.”

Akankah Manuel Cazeaux (salah satu insinyur top di paddock MotoGP sekaligus kepala kru Alex Rins saat ini) bergabung dengan Aprilia setelah Suzuki mundur? “Saya tidak tahu, Anda harus menanyakan itu padanya. Dia pasti sangat kompeten,” tegas Romano.

Manuel Cazeaux
Manuel Cazeaux – Alex Rins

“Berbicara tentang kontrol kualitas Michelin, ketika saya mengunjungi markas besar Michelin, tempat pembuatan ban balap, mereka mengizinkan saya membuat ban mobil. Saya mengerti banyak hal tentangnya, dan itu merupakan ilmu yang sangat sulit.”

“Setiap balapan membutuhkan spesifikasi yang berbeda dalam kasus kami. Jika ada ketidaksempurnaan pada satu titik, saya dapat memahaminya dengan sangat baik. Tetapi saya akan mengatakan bahwa, di mana kasus performa ban dapat dikritik adalah 2 banding 100,” pungkas Romano Albesiano, bos teknis Aprilia yang dulu pernah dibantu oleh Gresini di MotoGP ini..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page