Honda Patenkan Lane Keep Assist Khusus Sepeda Motor

HONDA RiderTua.com – Honda nampaknya masih terus mengembangkan inovasi menarik untuk produk otomotifnya. Terutama produk sepeda motor, dimana mereka membuat fitur seperti ABS dan traction control. Belakangan ini Honda mematenkan fitur lane keep assist yang dirancang untuk sepeda motor. Sepertinya mereka ingin menerapkannya pada produk roda duanya juga.

Baca juga: Honda ADV 160 Resmi Diluncurkan di Jawa Timur!

Honda Mematenkan Fitur Lane Keep Assist Untuk Motor

Lane keep assist mungkin terdengar sebagai fiturnya mobil, kebanyakan pada mobil kelas menengah ke atas. Fitur semacam ini memang cukup banyak ditemukan pada produk roda empat, tetapi tidak untuk sepeda motor. Kalaupun ada, itupun hanya sebatas pada model kelas premium.

Fitur ini cukup berguna dalam memastikan agar kendaraan bisa berjalan lurus di jalan tanpa menyelenong ke bagian jalan lain. Tak hanya berguna pada mobil, tetapi juga sepeda motor, apalagi jika ditambah dengan fitur dukungan lainnya seperti radar. Karena belum ada fitur semacam itu pada sepeda motor, maka Honda mulai mengembangkannya sendiri.

(Visordown)

Fitur Mobil

Sebenarnya Honda bukanlah produsen pertama yang menggarap fitur seperti ini, karena Ducati sudah memiliki fitur radar pada motornya. Lane keep assist ini memang merupakan fitur semi-otonom, sehingga motor dapat menyesuaikan diri saat melaju di jalanan. Mengandalkan fitur radar dan kamera, keduanya dapat mendeteksi marka jalan untuk menjaga motor tetap melaju lurus.

Berbeda dengan Ducati, sepertinya Honda ingin menjadikan fitur lane keep assist sebagai fitur standar untuk berbagai jenis motor. Kalau benar, maka siapa tahu fitur ini tak hanya diterapkan pada motor kelas premium, tetapi juga kelas menengah. Sebab lane keep assist sudah menjadi fitur pada mobil saat ini.

Honda mungkin harus sesegera mungkin untuk menerapkannya pada produk roda duanya. Ini karena Yamaha juga tengah mengembangkan fitur serupa pada produk motor petualangnya, Tracer.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page