Franco Morbidelli: Rossi Selalu Memberi Saya Kekuatan

RiderTua.com – Di paruh pertama MotoGP musim 2022, Franco Morbidelli hanya menempati peringkat 19 dengan 25 poin. Hal ini berbanding terbalik dengan rekan setimnya Fabio Quartararo yang nyaman nangkring di puncak klasemen. Bagaimana pembalap asal Italia berdarah Brasil itu menanggapi situasinya tersebut?

Franco Morbidelli: Rossi Selalu Memberi Saya Kekuatan

Jelas ketika seseorang menawarkan kita tempat di tim pabrikan, kita tidak bisa mengatakan tidak. Tapi mungkinkah kepindahan Franco Morbidelli di pertengahan musim 2021 itu sebuah kesalahan? “Tidak terlalu. Berada di sana adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada saya dalam karir membalap saya,” tegas rider berusia 27 tahun itu.

“Membalap di tim pabrikan, tim dengan paket terbaik, motor terbaik dan pembalap terbaik, itu luar biasa. Fabio melakukan pekerjaan dengan baik, meski bukan motor tercepat. Itu berarti mungkin untuk mendapatkan potensi yang sama, seperti yang dia lakukan dengan tim dan dengan paket tersebut. Berdiri di tempat saya adalah posisi terbaik. Sayangnya, saya bermasalah, tetapi itu adalah tantangan,” ujar Morbido.

Saat Franky ditanya, apakah dia berbicara dengan sang guru Valentino Rossi tentang situasi ini? “Ya, kami membicarakannya,” jawabnya.

Lalu apa yang Rossi katakan padamu? “Vale selalu memberi saya kekuatan,” imbuhnya.

Franco dan timnya secara teratur terus memeriksa data telemetri Fabio dengan cermat. Apa yang Quartararo lakukan secara berbeda yang tidak dapat Franky lakukan dengan motor yang sama? “Rumit untuk melakukan apa yang dia lakukan. Dia berhasil menahan kecepatan di tikungan saat late braking. Dan karena kecepatan tinggi di tikungan, dia menghabiskan banyak waktu. Fabio memaksimalkan setiap sudut motor kami, di setiap area dia mendapatkan potensi penuh dari paketnya,” jawab rider murid VR46 Academy itu.

Apa yang kini dipikirkan Morbidelli? Apakah karena ada terlalu banyak balapan MotoGP musim ini? “Tidak,” jawabnya singkat.

Bukankah sebuah paradoks bahwa motor paling lambat di lintaan MotoGP secara teratur bisa menang? “Ya, itu agak paradoks,” tegasnya.

Haruskah aerodinamika tetap menjadi bagian dari MotoGP? “Ya,” ungkapnya.

Begitu juga dengan hole shot device? “Ya,” jawabnya.

Apa pendapat Franky tentang kontrol kualitas Michelin? Dia menjawab, “Sekarang kualitas ban membaik.”

Apakah Franky ingin menguji motor balap listrik Ducati (Moto-e) yang baru? “Tidak,” jawabnya.

Apakah Morbido tahu berapa banyak bensin yang dia gunakan per tahun? “Tidak tahu,” katanya.

Terkesan dengan Quartararo

Manakah dari pembalap saat ini yang paling mengesankan Franky di trek? “Quartararo karena dia jauh lebih cepat dari saya dengan paket yang sama,” imbuhnya.

Apakah pers mengganggunya? “Tidak, saya suka berbicara. Ya, pers mengganggu saya ketika mereka mengklaim hal-hal yang belum tentu benar. Sebagian besar baik-baik saja,” pungkasnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page