Aleix Espargaro: Saya Sudah Tua

RiderTua.com – Sebelum dimulainya MotoGP musim 2022, tak ada yang menyangka jika Aleix Espargaro akan sedemikian moncer musim ini. Pembalap Aprilia itu berhasil menjadi penantang utama bagi Juara Dunia bertahan Fabio Quartararo yang kini juga menjadi pemimpin klasemen. Jarak poin mereka hanya terpaut 21 poin di paruh pertama musim. Jika melihat performanya, bisa jadi di kemudian hari Aleix akan mampu mengalahkan El Diablo dan menjadi pemuncak klasemen yang baru.

Aleix Espargaro: Saya Sudah Tua

Penampilan Aleix Espargaro di balapan terakhir sebelum memasuki jeda musim panas di Assen menjadi sorotan. Pembalap berusia 32 tahun itu sempat ‘kontak’ dengan Quarataro dan merosot ke posisi 15. Tapi dengan luar biasa, dia mampu bertahan, melesat menyalip beberapa pembalap dan akhirnya finis ke-4. Yang mengesankan, Aleix bahkan mampu menyalip Jack Miller dan Brad Binder sekaligus dalam satu action di chicane terakhir. Rider asal Spanyol itu membawa pulang 13 poin sementara Quartararo menulis nol poin pertama musim ini setelah dua kali crash.

Mengenai perhitungannya yang tepat, suami Laura Montero itu menjelaskan, “Di paddock saya sudah tua. Saya suka menganalisis bagaimana keadaannya. Saya tahu kelas ini, saya tahu motornya, saya tahu rival saya. Saya tahu betapa percaya dirinya Fabio dan saya juga mengambil banyak waktu untuk menganalisis video balapan dan semua sesi. Saya tahu bagaimana dia membalap dan tingkat kepercayaannya sangat tinggi.”

“Tetapi tidak mudah untuk mempertahankan level ini dan tidak membuat kesalahan saat kita begitu cepat. Fabio tidak arogan pada hari Minggu, tetapi karena dia merasa hebat dan jauh lebih cepat ketimbang yang lain, dia salah menilai manuver ini. Aku tahu hal seperti ini bisa terjadi. Dan sejak saat itu saya berkata pada diri sendiri, ‘Fabio hampir sempurna,” imbuhnya.

Setelah Quartararo crash pertama, apakah Aleix benar-benar berharap balapan berikutnya di Silverstone akan berlangsung besok dan bukan pada 7 Agustus? “Jujur, saya sangat lelah. Saya perlu istirahat, bukan 5 pekan. Tetapi secara mental, tahun ini benar-benar berbeda bagi saya dari masa lalu. Saya kira itu normal, kini saya bertarung untuk memperebutkan gelar,” jawab Aleix sambil tersenyum.

“Pada hari Sabtu di Assen, saya bersantai di motor home bersama putraku. Kami menonton film dan saya merasa sangat capek. Aku butuh istirahat agar pikiranku bisa berhenti. Tapi saya senang karena saya mengatakan, I wanted to go into the break less than a race down/saya ingin memasuki jeda kurang dari balapan turun sekarang 21 poin. Saya akan terus nge-push,” lanjut Papa si kembar Max dan Mia itu.

Namun, rider Aprilia itu bingung apakah dia harus mengklasifikasikan TT Belanda sebagai kemenangan atau sebagai peluang yang hilang untuk menang. “Sulit untuk mengatakannya. Karena saya pikir saya bisa menang. Jika Fabio berakhir di posisi ke-2, saya akan mendapatkan 5 poin. Jadi 13 poin. Jadi lebih baik dari sudut pandang klasemen, tapi saya kalah dan saya hanya punya satu kemenangan balap dalam karir saya. Jujur, saya lebih suka hanya mencetak 5 poin dan mendapatkan kemenangan,” kata kakak Pol Espargaro itu.

Faktanya adalah, Aleix Espargaro adalah satu-satunya pembalap yang selalu finis dan mencetak poin di 11 balapan pertama musim ini.

Apakah Aleix terkejut dengan dirinya sendiri di paruh pertama musim itu? “100 persen. Sebelum Assen, Fabio mengantongi jumlah poin yang sama persis dengan poin tahun lalu dan dia adalah juara bertahan. Saya sekarang 21 poin di belakangnya. Itu berarti level saya luar biasa di paruh pertama musim ini,” pungkas Aleix.

Related Articles

3 COMMENTS

  1. Untuk Alex Espargaro sangat berat bisa menjadi juara musim ini. Mengingat rivalnya di puncak klasemen saat ini Fabio Quartararo yg bermental juara dan selalu menampilkan kepiawaiannya di atas tungganganya YZ …Yamaha Sangatlah berat untuk Alex Espargaro. Hanya bila Quartararo banyak mengalami ketidak mujuran yg bisa mengantar Alex Espargaro menjadi juara dunia musim balapan 2022 ini. Sukses Alex Espargaro kami mendukung Aprilia yg makin meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page