Categories: MotoGP

Aleix Espargaro: Saya Sudah Tua

RiderTua.com – Sebelum dimulainya MotoGP musim 2022, tak ada yang menyangka jika Aleix Espargaro akan sedemikian moncer musim ini. Pembalap Aprilia itu berhasil menjadi penantang utama bagi Juara Dunia bertahan Fabio Quartararo yang kini juga menjadi pemimpin klasemen. Jarak poin mereka hanya terpaut 21 poin di paruh pertama musim. Jika melihat performanya, bisa jadi di kemudian hari Aleix akan mampu mengalahkan El Diablo dan menjadi pemuncak klasemen yang baru.

Aleix Espargaro: Saya Sudah Tua

Penampilan Aleix Espargaro di balapan terakhir sebelum memasuki jeda musim panas di Assen menjadi sorotan. Pembalap berusia 32 tahun itu sempat ‘kontak’ dengan Quarataro dan merosot ke posisi 15. Tapi dengan luar biasa, dia mampu bertahan, melesat menyalip beberapa pembalap dan akhirnya finis ke-4. Yang mengesankan, Aleix bahkan mampu menyalip Jack Miller dan Brad Binder sekaligus dalam satu action di chicane terakhir. Rider asal Spanyol itu membawa pulang 13 poin sementara Quartararo menulis nol poin pertama musim ini setelah dua kali crash.

Mengenai perhitungannya yang tepat, suami Laura Montero itu menjelaskan, “Di paddock saya sudah tua. Saya suka menganalisis bagaimana keadaannya. Saya tahu kelas ini, saya tahu motornya, saya tahu rival saya. Saya tahu betapa percaya dirinya Fabio dan saya juga mengambil banyak waktu untuk menganalisis video balapan dan semua sesi. Saya tahu bagaimana dia membalap dan tingkat kepercayaannya sangat tinggi.”

“Tetapi tidak mudah untuk mempertahankan level ini dan tidak membuat kesalahan saat kita begitu cepat. Fabio tidak arogan pada hari Minggu, tetapi karena dia merasa hebat dan jauh lebih cepat ketimbang yang lain, dia salah menilai manuver ini. Aku tahu hal seperti ini bisa terjadi. Dan sejak saat itu saya berkata pada diri sendiri, ‘Fabio hampir sempurna,” imbuhnya.

Setelah Quartararo crash pertama, apakah Aleix benar-benar berharap balapan berikutnya di Silverstone akan berlangsung besok dan bukan pada 7 Agustus? “Jujur, saya sangat lelah. Saya perlu istirahat, bukan 5 pekan. Tetapi secara mental, tahun ini benar-benar berbeda bagi saya dari masa lalu. Saya kira itu normal, kini saya bertarung untuk memperebutkan gelar,” jawab Aleix sambil tersenyum.

“Pada hari Sabtu di Assen, saya bersantai di motor home bersama putraku. Kami menonton film dan saya merasa sangat capek. Aku butuh istirahat agar pikiranku bisa berhenti. Tapi saya senang karena saya mengatakan, I wanted to go into the break less than a race down/saya ingin memasuki jeda kurang dari balapan turun sekarang 21 poin. Saya akan terus nge-push,” lanjut Papa si kembar Max dan Mia itu.

Namun, rider Aprilia itu bingung apakah dia harus mengklasifikasikan TT Belanda sebagai kemenangan atau sebagai peluang yang hilang untuk menang. “Sulit untuk mengatakannya. Karena saya pikir saya bisa menang. Jika Fabio berakhir di posisi ke-2, saya akan mendapatkan 5 poin. Jadi 13 poin. Jadi lebih baik dari sudut pandang klasemen, tapi saya kalah dan saya hanya punya satu kemenangan balap dalam karir saya. Jujur, saya lebih suka hanya mencetak 5 poin dan mendapatkan kemenangan,” kata kakak Pol Espargaro itu.

Faktanya adalah, Aleix Espargaro adalah satu-satunya pembalap yang selalu finis dan mencetak poin di 11 balapan pertama musim ini.

Apakah Aleix terkejut dengan dirinya sendiri di paruh pertama musim itu? “100 persen. Sebelum Assen, Fabio mengantongi jumlah poin yang sama persis dengan poin tahun lalu dan dia adalah juara bertahan. Saya sekarang 21 poin di belakangnya. Itu berarti level saya luar biasa di paruh pertama musim ini,” pungkas Aleix.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Toyota Masih Memimpin Penjualan Mobil di Indonesia Bulan Lalu

RiderTua.com - Toyota masih mempertahankan penjualan mobilnya di Indonesia dengan 23 ribu unit yang terjual sepanjang bulan lalu. Secara keseluruhan,…

19 Maret 2024

Marc Marquez : Saat Duel Melawan Pedro Acosta Saya Bilang Saya akan ‘Switch On’

RiderTua.com - Secara mengejutkan, rookie Pedro Acosta mampu menyalip juara dunia MotoGP 6 kali Marc Marquez di GP Qatar. Namun…

19 Maret 2024

Di MotoGP Portugal Marc Marquez akan Tampil Brutal

RiderTua.com - Debut Marc Marquez dengan Ducati diawali dengan hasil yang luar biasa. Pendatang baru tim Gresini itu finis ke-5…

19 Maret 2024

Fermin Aldeguer Menandatangani Kontrak dengan Ducati Corse untuk MotoGP 2025

RiderTua.com - Penandatanganan Fermin Aldeguer Mengual dengan Ducati untuk musim MotoGP 2025 akhirnya resmi. Pengumuman yang sangat dinanti telah tiba,…

19 Maret 2024

Tim VR46 Menuju ke Yamaha ? Peluang dan Tantangan!

RiderTua.com - Selain peluang yang terbuka, tim VR46 juga dihadapkan pada berbagai tantangan jika mereka memutuskan untuk bergabung dengan Yamaha. Salah…

19 Maret 2024

Apakah Martin akan Senasib dengan Diggia, Harus Pergi untuk Memberi Ruang pada Marc Marquez?

RiderTua.com -  Bukan duel Bestia versus Martinator, tapi Marc Marquez dan Jorge Martin yang berebut kursi disamping Pecco Bangnaia di…

19 Maret 2024