Aleix Espargaro: Aksi Menyalip Terbaik Tahun Ini

RiderTua.com – Aleix Espargaro memukau penggemar MotoGP dengan aksi menyalipnya yang luar biasa di Assen, saat pembalap Aprilia itu melewati Brad Binder dan Jack Miller sekaligus di chicane terakhir untuk merebut tempat ke-4. Aleix hampir saja terjatuh saat Fabio Quartararo (Yamaha) yang ada di depannya crash. Namun dia berhasil bertahan di atas motor dan melanjutkan balapan meski merosot jauh di P15. Dengan spektakuler, rider berusia 32 tahun itu mengejar ketinggalan dari P15 melesat ke posisi ke-4. Ini mengurangi defisit Aleix dari pemuncak klasemen menjadi 21 poin sebelum jeda musim panas.

Aleix Espargaro: Aksi Menyalip Terbaik Tahun Ini

Manuver menyalip ganda di chicane terakhir dari balapan 26 lap di Cathedral of Speeds , ketika Aleix Espargaro menyalip Jack Miller dan Brad Binder sekaligus, menjadi manuver terbaik tahun ini bagi banyak pengamat.

“Dua lap sebelum akhir saya beralih ke mapping 3, yang sama sekali tidak mudah. Saya berkata pada diri sendiri, ‘saya harus mengambil kecepatan lebih di tikungan cepat ketimbang yang mereka lakukan dan itu terbayar. Saya menyalip di titik pengereman terakhir, tetapi sebenarnya tikungan kiri menentukan. Saya 20 km/jam lebih cepat dari mereka, kecepatannya luar biasa,” ujar suami Laura Montero itu menggambarkan manuver menyalipnya yang banyak disorot.

“Saya melihat, Brad tidak terlalu baik pada rem di sana dan saya berkata pada diri sendiri: ‘Oke, sekarang saya akan mencobamenyalipnya’. Dan hal baiknya adalah saya bisa menghentikan motor. Saya sangat senang karena itu penting untuk mendapatkan poin,” imbuhh kakak Pol Espargaro itu sambil tersenyum.

Aleix menambahkan, “Saya pikir saya menyalip setidaknya 20 pembalap di sana. Saya menyalip pembalap di setiap lap.” Di sisi lain, Jack Miller mengeluh bahwa Brad dan Aleix menyalipnya dengan ‘cara yang agak gaduh’. Tapi Aleix menampiknya, “Saya sudah memberi tahu Jack bahwa saya tidak sekotor itu. Dan kemudian dia berkata, ‘Tidak, maksud saya Brad, dia menyerempet saya’.”

Papa si kembar Max dan Mia itu juga menjelaskan bahwa kecepatan tinggi di tikungan cepat berkat fairing baru dengan tepi yang terlihat jelas di samping. Varian radikal ini pertama kali terlihat di RS-GP saat tes Catalunya, dan kemudian digunakan di Assen untuk pertama kali di balapan.

“Saya bisa merasakannya dengan sangat jelas di Assen. Dari hari Jumat saya merasa bahwa jika saya melepaskan rem depan di bagian yang sangat cepat, saya jauh lebih cepat ketimbang yang lain. Saya kalah di beberapa tempat, tetapi motor saya jauh lebih baik di bagian cepat,” pungkas Aleix Espargaro.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page