Kia EV6 Dirilis di Malaysia, Kembarannya Ioniq 5!

RiderTua.com – Kia ternyata masih mendatangkan mobil barunya di sejumlah negara, tak hanya di Indonesia, tetapi juga di Malaysia. Baru saja mereka merilis EV6 disana, yang menjadi mobil SUV listrik pertamanya. Sejatinya Kia EV6 ini merupakan kembaran dari Hyundai Ioniq 5. Hanya saja tak seperti Ioniq 5 di Indonesia, EV6 masih didatangkan langsung dari kampung halamannya.

Baca juga: Kia Carens Inden Sampai 1,5 Tahun di India!

Kia EV6 Kembarannya Hyundai Ioniq 5

Sebenarnya Hyundai dan Kia sudah cukup lama memproduksi mobil bersama-sama. Termasuk Ioniq 5 dan EV6 yang menjadi andalannya di pasar mobil listrik sejak dirilis tahun lalu. Walau terlihat berbeda jauh satu sama lain, tapi keduanya dibangun dari platform yang sama.

Ketika Hyundai sudah menjual Ioniq 5 di Tanah Air, Kia baru menghadirkan EV6 di Malaysia beberapa bulan setelahnya. Meski memakai platform yang sama, EV6 nampak jauh berbeda dengan Ioniq 5 yang memiliki bodi mengotak. Kia mendesainnya agar lebih terlihat seperti mobil crossover, sementara desain Ioniq 5 terinspirasi dari mobil klasik Hyundai Pony.

(Kia)

Diimpor Secara CBU

EV6 mengandalkan baterai berkapasitas 77,4 kWh yang memiliki daya tempuh sejauh 506 km dalam keadaan penuh. Tentu ini membuat mobil SUV bertenaga listrik tersebut bisa diandalkan ketika melakukan perjalanan cukup jauh. Apalagi akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 5,2 detik, serta kecepatan maksimal 185 km/jam.

Namun EV6 yang dijual di Malaysia masih didatangkan langsung dari Korea Selatan dalam bentuk CBU (completely built-up). Unit ini dijual APM Kia disana, yaitu Dinamikjaya Motors dengan harga selangit, yaitu sekitar Rp 1 miliar. Jauh lebih mahal dari Ioniq 5 yang dijual di Indonesia, dimana harganya hanya dibawah kidaran Rp 600 jutaan.

Tapi jelas harganya lebih terjangkau ketimbang EV6 karena Ioniq 5 sudah diproduksi lokal oleh Hyundai. Belum jelas apakah Kia juga akan mendatangkan SUV kembaran Ioniq 5 tersebut di Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page