Quartararo: Sudah Jatuh Dua Kali Terkena Penalti, MotoGP Gak Menarik Lagi?

RiderTua.com – Fabio Quartararo mendapat hukuman ‘long lap penalti’ di balapan berikutnya nanti (GP Inggris) karena menyebabkan insiden antara dia dan Aleix Espargaro kemarin. Namun, Panel Stewards MotoGP harus konsisten dan adil: jika satu pembalap menabrak pembalap lain, bahkan tanpa sengaja, harus dikenakan sanksi “long lap”, sama seperti kasus Nakagami atau Jack Miller yang ‘jatuh sendiri’ saat yellow flag. Sehingga tidak ada kontroversi di sana, itulah salah satu solusi yang dibutuhkan sekarang. Namun jika semuanya terlalu ketat juga, maka pembalap akan sangat hati-hati untuk menyalip dan mempersilakan pembalap lain untuk menyalip karena sungkan (merasa tidak enak)😁 , atau takut secara tidak sengaja menjatuhkan lawan. Karena, tidak saja kena hukuman dari steward MotoGP namun mendapat ‘hukuman bully’ dari netizen dan mendapat gelar sebagai ‘tukang seruduk’.. 🤣

Sementara itu bagi Yamaha dan Fabio Quartararo, GP Assen adalah peristiwa yang harus dilupakan. Pembalap Prancis itu jatuh dua kali dalam balapan dan pulang tanpa membawa poin. Dia juga kemudian dihukum karena menjadi penyebab jatuhnya Aleix.

“Saya melakukan kesalahan bodoh di lap ketiga. Tidak perlu melakukan manuver seperti itu di awal balapan. Saya akan belajar dari kesalahan itu,” kata pembalap pabrikan Yamaha Fabio Quartararo setelah jatuh di TT Belanda. Pembalap Prancis itu jatuh di balapan saat menyerang Aleix Espargaró di Tikungan 5.

“Pecco membangun keunggulan besar di lap pertama. Namun pada lap berikutnya kami kembali mendekatinya. Di lap sebelum terjadi crash, saya melihat bahwa saya bisa memulai serangan di tikungan.. Sayangnya, saya saat itu sedikit lebih jauh, saya mengerem terlalu keras. Saya pikir itu akan berhasil, tapi itu salah,” kata juara dunia bertahan MotoGP itu menjelaskan tindakannya.

“Tentu saja aku ingin bertarung. Tapi aku baru saja melakukan kesalahan. Strategi kami adalah: jika saya di depan, berikan segalanya; ketika saya di belakang seseorang untuk tidak membuat kesalahan. Saya melakukannya sebaliknya… Itu bodoh. Saya mungkin akan marah selama dua hari sekarang, tetapi kemudian saya berpikir tentang balapan sebelumnya, yang sangat luar biasa.”

Steward FIM MotoGP mengecam penalti pasca-balapan di Quartararo atas insiden Espargaro. Fabio harus menjalani penalti ‘long lap’ dalam balapan berikutnya di GP Silverstone dengan alasan dia merusak balapan pembalap Aprilia, Aleix…

Apakah dengan seringnya pembalap kena sanksi membuat balapan menjadi saling menghormati dan lebih sopan.. silakan duluan mas..

Related Articles

3 COMMENTS

  1. Peraturan tidak konsisten, harusnya race accident biasa. Bahkan aleix diklasemen mlah dpat keuntungan. Yg nakagami nabrak pecco n rins malah dianggap insiden race biasa saja mlahan. Peraturan aneh wkkk

  2. Kalo untuk kasus yg ini malah bikin menarik, superhero memang butuh ketidakadilan untuk dilawan. Semoga yamaha M1 mau diajak kerjasama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page