Toyota Terlalu Lamban Lakukan Elektrifikasi Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com – Toyota boleh dibilang sebagai rajanya pasar roda empat di Indonesia. Tapi kalau elektrifikasi mobil bisa dikatakan mereka masih agak terlambat dari kompetitornya. Sebenarnya Toyota cukup lamban dalam melakukan elektrifikasi karena harus menyesuaikan diri dengan pasarnya. Apalagi untuk mengembangkannya sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia cukup sulit.

Baca juga: Toyota bZ4X Bisa Kebagian Varian GR?

Toyota Lamban Dalam Elektrifikasi Mobilnya

Sejauh ini Toyota belum memiliki banyak mobil listrik yang dijual di Tanah Air, walau kini mereka memiliki banyak model hybrid. Tapi itu saja masih belum cukup, sebab mereka sudah tertinggal dari merek lainnya seperti Hyundai. Merek mobil asal Korea Selatan ini saja sudah mendatangkan tiga mobil EV, termasuk Ioniq 5 yang kini diproduksi lokal.

Seharusnya Toyota sudah bisa mengejar ketertinggalannya dengan menghadirkan lebih banyak mobil listrik. Namun tak satupun belum dijual di pasar, kecuali dari divisi Lexus dalam model UX 300e. Sisanya hanya tersedia sebagai kendaraan untuk riset pengembangan mobil listrik atau untuk kepentingan armada bagi perusahaan tertentu.

(Motor1)

Rilis Mobil EV

Toyota mengaku kalau yang menjadi tantangan bagi mereka untuk merilis mobil EV yaitu kondisi pasarnya. Belakangan ini dampak krisis chip semi-konduktor sudah merambah ke sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia. Ini membuat produksi mobilnya terganggu, apalagi untuk mendapatkan stok komponen chip saja masih sulit.

Selain itu, kesiapan pasar dalam menyambut mobil ramah lingkungan di Tanah Air belum sepenuhnya tercapai. Sehingga Toyota harus pelan-pelan dalam melakukan elektrifikasi mobilnya, agar produknya tidak mengecewakan konsumennya. Apalagi untuk menyesuaikan modelnya dengan kondisi jalanan yang ada disini.

Jadi jangan heran kenapa Toyota hanya memiliki mobil hibrida saja di Indonesia. Walaupun ke depannya mereka juga akan menghadirkan model listrik murni.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page