Setelah 10 Tahun, Sachsenring Mencari Raja Baru

RiderTua.com – Siapa pun yang menang di GP Sachsenring hari Minggu nanti, satu hal yang pasti, penggemar akan melihat pemenang baru di GP Jerman kali ini. Marc Marquez harus melepaskan dominasinya tanpa perlawanan musim ini. BTW, selain Marquez, Valentino Rossi adalah satu-satunya pemenang ‘SaRi’ (Sachsen Ring) yang masih aktif di balapan MotoGP tahun 2021 lalu. Tapi pada 2022, keduanya absen (Rossi kini pensiun dan Marc cedera), maka akan ada pemenang baru, tapi siapakah dia? Tahun lalu urutan finis di Sachsenring: Marquez- Oliveira-Quartararo-Binder-Pecco dan tahun ini pak RT jangan sampai lupa ngitung lap…maka dia berpotensi podium 😁

Setelah 10 Tahun, Sachsenring Mencari Raja Baru

Ada moment emosional ketika tahun 2021 lalu, Marc Marquez memenangkan balapan MotoGP untuk pertama kalinya atau merupakan kemenangan Sachsenring ke-11 berturut-turut setelah hampir 1 tahun tanpa kemenangan akibat cedera. Sejak 2010 (saat itu masih di kelas 125 cc), pembalap asal Spanyol ini belum terkalahkan di sirkuit Jerman sepanjang 3,671 km dengan 10 tikungan sudut kiri dan hanya 3 tikungan kanan itu.

Di kelas MotoGP sendiri Marc sudah menang 8 kali berturut-turut sejak 2013 (tidak ada GP Jerman di 2020). Ini adalah kemenangan beruntun terpanjang kedua oleh seorang pembalap di trek kelas utama setelah Giacomo Agostini. Pemegang rekor juara dunia asal Italia itu meraih 9 kali berturut-turut kemenangan di Imatra, mulai dari tahun 1965 hingga 1973.

Tahun ini, setelah operasi lengan atas keempatnya, rider Repsol Honda itu harus menyaksikan dominasinya di Sachsenring dihentikan tanpa perlawanan. Untuk pertama kalinya sejak Dani Pedrosa pada 2012, pembalap yang bukan Marc Marquez akan mencatatkan namanya sebagai pemenang MotoGP dalam sejarah ‘Motorrad Grand Prix Deutschland’.

Baru-baru ini pemimpin klasemen Fabio Quartararo menampilkan balapan yang luar biasa di Montmelo, meskipun memiliki kekurangan dalam hal top speed. Pembalap pabrikan Yamaha itu menang dengan cara yang fantastis pada start-finish lurus sepanjang 1,047 km. Lintasan GP Jerman yang berkelok-kelok harus mengakomodasi Yamaha-nya. Para penggemar mungkin juga dibuat penasaran dengan performa Aleix Espargaro (runner-up dalam klasemen) di sirkuit ini. Bagaimana performa Aprilia RS-GP di Sachsenring?

Tahun lalu pembalap KTM Red Bull Miguel Oliveira berhasil finis ke-2 kalah 1,7 detik di belakang raja Sachsenring Marquez, di depan Quartararo yang finis ke-3 dan Brad Binder yang finis di tempat ke-4 dengan RC16.

Pembalap Ducati terbaik di GP Jerman tahun lalu adalah Francesco ‘Pecco’ Bagnaia yang finis di tempat ke-5. Sejauh ini, bagi pabrikan asal Borgo Panigale itu, Sachsenring bukanlah salah satu trek favorit mereka, Andrea Dovizioso naik podium terakhir untuk The Reds pada tahun 2016 dengan finis di tempat ke-3.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page