Pol Espargaro ‘Balik Kucing’ ke KTM, Setelah ‘Membelot’ ke Honda

RiderTua.com – Pol Espargaro dikabarkan akan kembali ke KTM setelah dua tahun ‘membelot’ dan mengalami kesulitan di Honda Repsol. Setelah resmi menetapkan skuadnya: di mana tim pabrikan KTM Red Bull akan diperkuat dengan Brad Binder dan Jack Miller selama dua tahun ke depan. Pol Espargaro kini diarahkan untuk menempati tim lapis keduanya yakni Tech3, di mana dikatakan akan tandem dengan Remy Gardner.

“Pol memiliki pengaruh yang sangat kuat pada proyek MotoGP dari 2017 hingga 2020. Dengan bantuannya kami sampai di tempat kami sekarang. Pol masih memiliki skor untuk diselesaikan di KTM. Karena ketika motor menjadi mampu menang, dia meninggalkan kami untuk pabrikan lain, di mana dia mengejar impian masa kecilnya. Sementara itu, telah diperhatikan bahwa tidak semuanya lebih mudah di sana daripada bersama kami. Seperti Jack Miller, Pol memiliki kemampuan luar biasa,” kata bos KTM, Pit Beirer..

Pol Espargaro Kembali ke KTM

Seperti yang diperkirakan, Jack Miller resmi menjadi pembalap kedua di tim resmi Red Bull-KTM selama dua tahun ke depan bersama Brad Binder, yang saat ini berada di urutan keenam di klasemen. Dan Miguel Oliveira yang akan ditransfer ke tim satelit Tech3 menghilang dari list rider KTM. Karena pembalap asal Portugal itu tidak mau ditempatkan di tim satelit oleh KTM dan dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan Gresini Racing.. Di mana dia akan mengambil alih kursi Enea Bastianini di tim satelit Ducati, yang pindah ke tim pabrikan Lenovo Ducati, gantikan Miller.

Oliveira menjelaskan kepada KTM sebelum GP Mugello bahwa dia menolak kembali ke Tech3. “Saya telah memberi tahu manajemen KTM bahwa saya pasti tidak akan menerima kursi Tech3 dan saya akan mengklaim tempat saya di Tim Pabrikan. Tapi yang ini tidak lagi tersedia… Jadi saya mempertimbangkan pilihan lain. Dan selain KTM, masih ada beberapa kursi tersisa,” kata pembalap asal Portugal itu.

Sementara itu, KTM telah mengkonfirmasi kontrak dua tahun dengan Miller. Dan bukan rahasia lagi sejak GP Mugello bahwa Pol Espargaro akan kembali ke KTM setelah dua tahun di Repsol Honda. Tidak seperti Oliveira, telah menerima tawaran untuk tim satelit Tech3.

Pol Espargaro telah mengalami banyak kekecewaan dan jatuh di atas motor Honda. Dia hanya berada di urutan ke-13 di klasemen Kejuaraan Dunia dan hanya memiliki dua podium dalam 27 balapan: tempat ke-2 di Misnao-2 tahun lalu dan tempat ke-3 di Qatar 2022. Dia mengeluh bahwa para insinyur Honda akan berada di sana dalam dua tahun gagal menghasilkan lebih banyak grip dan traksi pada roda belakang.

Duet Pol dan Remy?

Belum jelas siapa yang akan menjadi rekan setim Pol Espargaro. Remy Gardner memiliki prospek terbaik asalkan perselisihan antara manajernya Paco Sanchez dan KTM dapat diselesaikan. Masalah klasik dari Remy adalah gaji yang ditawarkan untuk 2023 terlalu rendah dan juga mempertanyakan kualitas kru teknis Tech3 dan keterampilan kepala kru pimpinan Alex Merhand. Pemilik tim Tech3 Herve Poncharal mengatakan bahwa semua pembalap di KTM diputuskan bersama oleh bos perusahaan Stefan Pierer, anggota dewan Hubert Trunkenpolz dan direktur motorsport Pit Beirer.

Poncharal menyebutkan bahwa Raúl Fernández masih dalam diskusi di Tech3 untuk tahun 2023. Tapi Raul terlihat lebih mengalami kesulitan dibanding Gardner di MotoGP, Raul saat ini terlihat tak berdaya dan putus asa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page