Aleix Espargaro Pecahkan Rekor Lap GP Catalunya, Kita Lihat di Balapan!

RiderTua.com – Aleix Espargaro berhasil memecahkan rekor lap sepanjang masa yang dicetaknya sendiri dari FP3 di Circuit de Barcelona-Catalunya pada kualifikasi MotoGP Sabtu sore, untuk mengamankan pole position di balapan kandangnya dengan waktu 1:38.742 menit. Francesco ‘Pecco’ Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Yamaha) melengkapi barisan depan di grid start. Apakah menjadi yang tercepat akan membuatnya auto-juara di Catalunya? Kita lihat saja di balapan nanti malam..

Aleix Espargaro Pecahkan Rekor Lap GP Catalunya

“Sejauh ini, itu adalah lap tersulit yang saya lakoni musim ini. Saya berbicara dengan tim dan kami tidak yakin, apakah saya bisa melakukannya di bawah 1:39 menit. Tapi saya memasukkan semuanya ke dalam satu lap, saya tergelincir di setiap tikungan dan berada di limit di mana pun. Pada akhirnya saya berhasil dan saya seperti di atas bulan,” ujar Aleix Espargaro sumringah.

Pecco Bagnaia menjadi ancaman serius bagi Espargaro, karena murid Valentino Rossi itu membukukan waktu hanya selisih 0,031 detik dari waktu pole. “Kami melakukan pekerjaan dengan baik. Aleix tidak terkalahkan tetapi kami dekat dengannya. Kami mengambil langkah maju di FP4, mungkin kami bisa mengimbanginya di race hari Minggu nanti,” tegas pembalap Ducati-Lenovo itu.

Aleix Espargaro
Aleix Espargaro

Pemimpin klasemen Fabio Quartararo melengkapi barisan depan untuk GP Catalonia 2022 di tempat ke-3 di grid start. “Sesi yang sulit. Pada hari Jumat kami punya masalah besar dengan cengkeraman di roda belakang. Itulah mengapa tujuan kami adalah membuatnya menjadi dua baris pertama dari grid, dan kami mampu mencapai itu,” ujar rider pabrikan Yamaha itu puas.

Baris kedua di grid ada di tangan Ducati. Johann Zarco ke-4, di tempat ke-5 ada Fabio Di Giannantonio sangat mengejutkan dan ke-6 Jorge Martin. Rookie dari tim Gresini itu melanjutkan hasil positifnya setelah meraih pole position sensasionalnya di GP Italia serta penampilan meyakinkan lainnya. Sementara rekan setimnya Enea Bastianini terjebak di Q1 dan hanya berada di urutan ke-14 di grid.

Pengganti Marquez, Stefan Bradl akan start dari posisi ke-21 di grid. Alex Marquez melewatkan kualifikasi setelah crash dalam kecepatan tinggi di akhir FP4. Pembalap LCR Honda Castrol itu mengeluh sakit di lengan kirinya, namun pemeriksaan pertama di pusat medis tidak menunjukkan adanya patah tulang. Usai sesi pemanasan akan dilakukan lagi pemeriksaan, dokter balapan akan memutuskan apakah adik Marc Marquez itu dapat menempati posisi ke-25 atau terakhir di grid pada hari Minggu ataukan harus absen di balapan kandangnya kali ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page