Franco Morbidelli: Fairing Baru Lebih Sedikit Downforce

RiderTua.com – Di balapan kandang Mugello, Franco Morbidelli gagal mendulang poin setelah hanya finis ke-17. Meski begitu, pembalap pabrikan Yamaha MotoGP itu bersikeras bahwa dia telah membuat kemajuan yang ‘menarik’. Morbidelli memakai paket aero baru. “Fairing baru menawarkan downforce yang lebih sedikit, tetapi menambah sedikit top speed di trek lurus (1 km/jam), yang berguna untuk masuk di grup teratas. Tapi itu bukan perbedaan besar,” ujar Franky mengenai pembaruan aerodinamis pada Yamaha M1.

Franco Morbidelli: Fairing Baru Lebih Sedikit Downforce

Di GP Italia, Franco Morbidelli hanya finis di urutan ke-17 di belakang Darryn Binder, meskipun rookie dari tim WithU-RNF Yamaha tersebut mendapat long lap penalti setelah melakukan kesalahan di FP3. “Dia membalap dengan baik dan lebih kuat dari saya,” kata Franky ketika ditanya tentang rekan semereknya asal Afrika Selatan itu.

Di antara keempat rider Yamaha, hanya Fabio Quartararo yang mampu finis ke-2 di Mugello. Juara Dunia 2021 itu hanya kalah melawan pembalap Ducati Pecco Bagnaia. Sementara 3 pembalap Yamaha lainnya, semuanya gagal mencetak poin. Namun Morbidelli meyakinkan, “Ada peningkatan menarik akhir pekan ini. Saya tidak terlalu jauh dari Fabio di FP3. Saya memilih ban yang salah di kualifikasi,” ujarnya menjelaskan posisi startnya yang ke-23 di grid GP Italia.

Di sisi lain, Franky juga mengakui, “Saya belum membalap seperti seharusnya. Tapi seperti yang saya katakan, kami membuat peningkatan akhir pekan ini, kami perlu membuat lebih banyak kemajuan di Barcelona.”

Setelah balapan 23 lap, Morbidelli kalah sekitar 20 detik di belakang pemenang Pecco Bagnaia (Ducati). “Balapan akhir pekan ini, terutama di sesi latihan, semua pembalap Yamaha mengalami kesulitan. Tapi saya lebih dekat dengan pembalap tercepat. Gap di akhir balapan juga salah satu yang terkecil, meski bukan yang terkecil tahun ini. Ada perbaikan, ada peningkatan yang menarik. Kita harus terus berjalan,” imbuh murid Valentino Rossi itu.

Franky dikenal sebagai pembalap yang cool. Saat konferensi pers, dia muncul dengan senyum di wajahnya dan terlihat jauh lebih bijaksana. Ditanya tentang suasana hatinya, Morbido menjelaskan, “Saya tidak terlalu santai tetapi saya juga tidak terlalu tertekan. Saya tahu di mana saya perlu meningkatkan dan saya akan terus bekerja untuk melakukan itu.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page