Toyota Starlet Kembali Hadir… Sebagai Kembarannya Baleno

RiderTua.com – Toyota Starlet pernah menjadi mobil hatchback yang difavoritkan konsumen Indonesia sekitar tahun 90-an. Walau kini sudah tidak dijual lagi, nampaknya mereka tak ingin namanya memudar begitu saja seiring berjalannya waktu. Sehingga Toyota Starlet kembali dihadirkan di Afrika Selatan. Meski sebenarnya model ini merupakan kembarannya Suzuki Baleno.

Baca juga: Toyota Fortuner Bakal Mendapat Mesin Mild Hybrid?

Toyota Starlet ‘Dihidupkan Kembali’ di Afrika Selatan

Memang Starlet yang satu ini bukanlah model lamanya, yang pernah dijual di Indonesia sekitar tiga dekade lalu. Modelnya lebih modern dan makin menonjolkan kesan ala mobil hatchback saat ini. Walau secara garis besar Starlet ‘reborn’ lebih terlihat seperti kembarannya, Suzuki Baleno.

Jangan kaget, karena sebenarnya model ini merupakan hasil kerja sama Toyota-Suzuki di India. Mereka mengembangkan berbagai produk yang menggunakan basis dari model seperti Baleno hingga RAV4. Hasilnya kedua produsen ini menghadirkan mobil baru dari Suzuki Across sampai Toyota Starlet/Glanza.

(latestnews.upexampaper.com)

Starlet dan Glanza

Sebenarnya Toyota tak hanya menghadirkan model Starlet reborn saja, tetapi juga Glanza yang hanya dijual di India. Keduanya tak memiliki perbedaan yang cukup jauh jika dibandingkan dengan Baleno, meskipun Starlet mengambil desain dari Baleno generasi terbaru. Dari spesifikasinya hampir serupa, walau untuk tampilan fascia-nya sudah disesuaikan oleh Toyota.

Starlet menggendong mesin 1.500 cc bertenaga 77 kW dan torsi 138 Nm, lebih besar dari performa mesin 1.400 cc sebelumnya. Model ini juga dilengkapi dengan fitur seperti hill assist control, rem ABS-EBD, vehicle stability control, dan sensor parkir belakang. Di Afrika Selatan, model ini dibanderol mulai dari Rp 210-290 jutaan.

Memang Starlet tidak lagi dijual di Indonesia dan sudah digantikan dengan Yaris. Tapi Toyota masih mempertahankan model ini, walau menggunakan basis dari model yang sudah ada.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page