Toyota Fortuner Bakal Mendapat Mesin Mild Hybrid?

RiderTua.com – Toyota Fortuner sejauh ini belum memiliki varian ramah lingkungan seperti C-HR. Apalagi kini makin banyak SUV bertenaga hybrid atau listrik murni yang dijual di pasar. Oleh karena itu, Toyota Fortuner disebut akan mendapatkan mesin mild hybrid mulai tahun depan. Walau belum jelas apakah model ini berupa produk global atau tidak.

Baca juga: Toyota Innova EV Terus Distudi Untuk Pengembangan Mobil EV

Toyota Fortuner akan Mendapat Varian Hybrid

Dari semua model SUV yang dijualnya di pasar, masih ada sejumlah mobil yang belum mendapatkan varian ramah lingkungan. Salah satunya Fortuner, SUV ladder frame yang diunggulan Toyota di pasar global, tak hanya di Indonesia. Padahal seharunya model ini mendapat varian hybrid atau semacamnya agar bisa tetap dijual di sejumlah negara yang menerapkan aturan emisi tingkat tinggi.

Sehingga Toyota diam-diam sudah menggarak Fortuner bermesin mild hybrid yang siap dirilis tahun depan. Menariknya teknologi mild hybrid ini dipadu dengan mesin diesel turbo yang menjadi andalannya. Apalagi mereka akan menerapkannya untuk model berbodi bongsor seperti Fortuner, yang identik dengan tenaga dan torsi sangat besar.

(Motor1)

Susul Innova EV?

Mesin diesel 2.800 cc turbo yang digendongnya dipadu dengan teknologi integrated starter generator (ISG). Dengan ini, Fortuner dapat memberikan torsi tambahan sehingga bisa menambah performanya. Menariknya teknologi mild hybrid yang diusung Toyota ini mirip dengan teknologi pada mobil Suzuki.

Sebenarnya mobil diesel hybrid bukanlah sesuatu yang mengejutkan, sebab Suzuki pernah menghadirkannya dalam model Ertiga Diesel Hybrid. Jadi jika saja Fortuner ini dirilis di Tanah Air, maka Toyota akan menjadi model diesel hybrid kedua yang dijual disini. Tapi ini akan membuat Fortuner bisa mengungguli rivalnya, Pajero Sport, dalam hal varian ramah lingkungan.

Entah apakah Toyota melakukan ini agar Fortuner bisa menyusul Innova yang bakal memiliki varian hybrid dan listrik. Terlebih keduanya memakai platform serupa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page