Avanza dan Xpander Bersaing Ketat di Pasar Ekspor

RiderTua.com – Avanza dan Xpander menjadi model yang paling diunggulkan di segmen low MPV di Indonesia. Sejak kehadirannya pada tahun 2017 lalu, Xpander terus membuntuti penjualan Avanza tiap bulannya. Bahkan Avanza dan Xpander masih bersaing ketat di pasar ekspor. Terlebih keduanya dikirim ke berbagai negara di seluruh dunia.

Baca juga: Toyota Avanza Jadi LMPV Terlaris Bulan Maret 2022!

Avanza dan Xpander Masih Bersaing Ketat Dalam Ekspor

Kedua mobil LMPV ini boleh dibilang menjadi pemimpin di kelasnya selama ini di Tanah Air. Meskipun Avanza tetap memimpin penjualan selama beberapa bulan terakhir, namun penjualannya sempat disalip oleh Xpander. Keadaan ini sempat terjadi setelah Avanza mendapat model generasi terbarunya.

Tak hanya bersaing ketat di pasar domestik, tetapi juga sampai di pasar ekspor. Sepanjang kuartal pertama tahun ini, Toyota sukses mengirim hingga 12.150 unit mobil ke luar negeri. Hasil tersebut membuatnya unggul dari Xpander, dimana MPV gagah ini hanya mengirim 5.451 unit saja.

(Mitsubishi Motors)

Makin Banyak Model

Hasil tersebut mungkin tak terlalu mengejutkan, mengingat Avanza sudah dirombak sebelumnya pada akhir tahun lalu. Model ini membawa perubahan drastis pada tampilan luar hingga dalam, termasuk fitur dan mesin yang juga baru. Walaupun kini Avanza mengusung penggerak roda depan karena menggunakan platform baru dari Daihatsu.

Meski demikian, Avanza masih menjadi mobil ‘sejuta umat’ yang tak hanya difavoritkan oleh konsumen di Indonesia, tetapi juga konsumen di luar negeri. Toyota sudah mengekspor LMPV ini ke sejumlah negara, dari Brunei, Thailand, Filipina, sampai Meksiko. Ini membuat Avanza menjadi semakin terkenal di pasar global.

Walau mampu menyaingi model lainnya di Tanah Air, Avanza masih belum dapat memasuki peringkat 10 besar penjualan MPV secara global. Namun Toyota tahu kalau semuanya membutuhkan proses panjang untuk bisa meraih pencapaian tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page