Nomor Start #46 Milik Valentino Rossi Dipensiunkan

RiderTua.com – Sesaat setelah Valentino Rossi melakoni balapan MotoGP terakhirnya di Valencia pada 14 November 2021, rider berusia 43 tahun itu ‘auto’ menjadi legenda dan masuk ‘Hall of Fame’ para legenda MotoGP. Juara dunia 9 kali dan pemenang GP 115 kali itu akan menerima kehormatan lain dari Dorna selaku promotor Kejuaraan Dunia yakni, nomor start #46 milik bos VR46 itu akan dipensiunkan dan tidak lagi bisa dipakai di kelas utama di masa depan. Dimana acara ini akan digelar di Mugello. Dulu Rossi tidak mau kalau nomor 46 akan dipensiunkan, namun demi menghormati karir mentereng Vale, Dorna tetap melakukannya.. Kalau di masa depan nomor #93 Marc Marquez juga dipensiunkan, habis sudah nomor dua digit.. Pembalap baru akan memakai nomor ratusan.. ­čśü

Nomor Start #46 Milik Valentino Rossi Dipensiunkan

Acara penghormatan ini akan diadakan pada hari Sabtu 28 Mei 2022, sebagai bagian dari Gran Premio d’Italia Oakley di Autodromo Internazionale del Mugello.

Nomor lain yang juga sudah tidak ada lagi di Kejuaraan Dunia Balap Motor, misalnya nomor start 58 tidak diberikan lagi sejak Marco Simoncelli meninggal di Sepang tahun 2011. Hal yang sama berlaku untuk nomor 69 milik juara dunia Nicky Hayden yang meninggal pada 22 Mei 2017, dan nomor 74 dari Daijiro Kato yang meninggal pada 20 April 2003 silam. Begitu juga dengan nomor start 34 milik legenda Kevin Schwantz dan 65 milik Loris Capirossi.

Juga di kelas Moto2, dua nomor start telah dihapus dari daftar keinginan. #48 dipensiunkan setelah kematian Shoya Tomizawa di Misano pada 2010 dan #39 milik Luis Salom yang meninggal karena crash di Catalunya pada 2016. Tahun lalu Dorna juga memutuskan untuk mempensiunkan #50 milik Jason Dupasquier yang meninggal saat balapan pada 30 Mei 2021.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page