Terungkap! Pengembangan Honda, ‘Dipaksa’ Ikut Kemauan Marc Marquez

RiderTua.com – Mungkin merasa akan dilengserkan dari tim, akhirnya Takaaki Nakagami secara terbuka mengakui bahwa di garasi Honda, Marc Marquez-lah yang mendikte evolusi RC213V. Bahkan pembalap tim LCR mengikuti arahannya, yang kadang sulit diterapkan Taka. “Marc Marquez memutuskan segalanya.. Jika Marc katakan TIDAK maka berlaku TIDAK untuk semua pembalap Honda, jika pembalap lain mengatakan YA, tapi Marc katakan TIDAK maka itu tetap berarti TIDAK ” ujar Taka.. Jelas arahan yang dibutuhkan adalah dari pembalap paling berpengalaman di garasi Honda bukan siapa-siapa, bahkan Pol Espargaro yang katanya lebih cocok dengan motor terbaru Honda, indikasinya mungkin tidak akan dipakai dan infonya akan didepak.. Satu lagi jika Joan Mir bergabung dengan Honda, dia harus bisa menyesuaikan dengan ‘arahan’ dari Marquez meskipun gaya balapnya beda..

Saat ini Marc Marquez masih mencari basis yang bagus untuk Honda RC213V miliknya, pada tes IRTA MotoGP di Jerez dia belum juga menemukan solusinya. Terlepas dari pembaruan frame, sasis, dan aerodinamika, meskipun komponen baru datang dari Jepang setiap akhir pekan balapan, masih jauh dari kata sempurna. Setelah cedera November lalu, Marc mendapati motor yang sangat berbeda dari versi sebelumnya. Lebih banyak grip di bagian belakang (cocok dengan gaya balap Pol), tetapi perasaan dengan bagian depan (front end) juga kacau, dan dampaknya pada saat menikung.

Pengembangan Honda, ‘Dipaksa’ Ikut Kemauan Marc Marquez

Marc Marquez
Marc Marquez – Puig

Marc Ambil Alih Pengembangan Honda

Motor Honda prototipe 2022 kesulitan di trek berliku dan lebih teknis seperti Portimao dan Jerez. Sejak kembali ke Austin, Marc Marquez telah mengambil alih kendali pengembangan, memanfaatkan sesi latihan bebas untuk menguji pembaruan, pengaturan, distribusi berat. HRC segera menyediakan sasis baru yang mungkin akan memulai debutnya di Le Mans. Pol Espargaro diberitakan akan meninggalkan tim pabrikan pada akhir musim MotoGP ini, sedangkan untuk Takaaki Nakagami karirnya di kelas premier bisa juga berakhir sampai di sini (tahun ini).

Ikuti Kata Marc Marquez

Dilansir dari media motorsport berbahasa Jerman, Takaaki Nakagami menegaskan pentingnya peran Marc Marquez di garasi Honda. “Dia adalah salah satu pembalap terbaik di trek. Dia sangat mengenal Honda. Penegasannya sebagai pembalap pabrikan sangat penting, bahkan bagi kami (tim satelit).. Kurangnya feeling dengan roda depan adalah titik lemahnya”, sehingga banyak crash yang terjadi di enam balapan pertama. Salah satunya dalam sesi pemanasan Mandalika.

Di Honda semua ditentukan oleh Marquez “Itu semua tergantung pada pernyataan Marc. Jika dia mengatakan tidak pada sesuatu, maka itu berarti tidak untuk semua pembalap Honda. Jika seseorang mengatakan ya, tetapi Marc mengatakan tidak, maka itu tetap berarti tidak,” katanya.

Related Articles

3 COMMENTS

  1. Lah, musim ini honda bikin sesuai kemauannya pol, hasilnya ? Dibelakang marc, dan honda jadi tim papan tengah, ya wajarlah arahnya jadi sesuai marc. Kecuali kalau partner marc kaya jorge lorenzo lain ceritanya. Ada jaminan kemenangan

  2. Padahal motor sudah dibuat sesuai dengan pol espargaro, tapi lihat si pol, performanya kurang bagus. Yg performanya lebih bagus tetap si marc. Wajar kalau honda membuat motor sesuai arahan marc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: