Honda Baru Bisa Menjual Motor Listrik Dua Tahun Lagi?

RiderTua.com – Honda sebenarnya bisa menjual berbagai jenis motor ramah lingkungan di Indonesia. Namun dari banyak model yang dimilikinya, baru PCX e:HEV dan Electric yang dihadirkan disini. Sehingga Honda mulai berencana untuk mendatangkan motor hybrid dan listrik lainnya di Tanah Air untuk dua tahun ke depan. Salah satu diantaranya disebut berupa skuter yang setara dengan Beat.

Baca juga: Honda Dax 125 Ternyata Sudah Bisa Dipesan Sekarang

Honda Berencana Menjual Motor Listrik di Indonesia

Meskipun mereka sudah menjual PCX e:HEV, tapi varian listrik murninya belum bisa dilepas ke pasar. Skuter bongsor ini hanya tersedia sebagai motor sewaan bagi perusahaan ojek saja untuk sekarang. Tapi tak menutup kemungkinan Honda bakal menjualnya suatu saat nanti.

Sementara itu, produsen sepeda motor seperti Viar sudah lama menjual motor listrik di Indonesia. Walau demikian, produknya tak setenar Honda atau Yamaha, tapi masih bisa terjual cukup banyak di pasar. Tapi tentu ini belum cukup untuk menggebrak pasar roda dua, apalagi belum banyak produsen yang menjual model serupa.

(Astra Honda Motor)

Lawan Viar?

Honda melihat ini sebagai sebuah kesempatan yang bagus untuk memperluas lini produk ramah lingkungannya. Sebab sejauh ini mereka baru mempunyai dua model ‘eco friendly’ pada PCX saja. Tak mau bergantung pada satu model saja, Honda mulai melakukan studi untuk melihat potensi pasar yang akan ditujunya.

Ada banyak model yang bisa dielektrifikasi, namun Beat lebih cocok untuk dijadikan basis untuk model EV. Apalagi Beat dikenal sebagai motor matik ‘sejuta umat’ yang terjual cukup banyak selama beberapa tahun terakhir. Honda mungkin bisa saja tertarik untuk menghadirkannya sebagai skuter listrik untuk melawan Viar dkk.

Walau begitu, motor listriknya baru bisa dijual paling tidak hingga tahun 2024 mendatang. Honda masih terus melakukan studi untuk melihat kesiapan infrastruktur pendukungnya serta potensi memproduksi baterai secara lokal.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives