Toyota Avanza Kini Tak Selaris Dulu Lagi?

RiderTua.com – Toyota Avanza selalu dikenal sebagai mobil terlaris di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Apalagi sebagai ‘mobil sejuta umat’, model low MPV ini masih menjadi incaran bagi konsumen. Tapi entah mengapa Toyota Avanza tak lagi menjadi mobil terlaris selama beberapa bulan terakhir. Ini terjadi setelah Veloz menjadi model terpisah dari Avanza.

Baca juga: Toyota Avanza-Veloz Jadi Mobil Terlaris di IIMS 2022

Toyota Avanza Tak Lagi Jadi yang Terlaris

Mungkin kedengarannya cukup mengejutkan, sebab tak biasanya Avanza tak lagi menjadi mobil terlaris di Indonesia. Keadaan ini terjadi sejak bulan Desember 2021, dimana Avanza hanya menduduki peringkat ke-5 dalam hasil penjualan mobil secara keseluruhan. Ini terjadi sampai bulan Februari lalu ketika Avanza sudah tersingkir dari peringkat 10 besar.

Ini terjadi setelah Avanza mendapat model generasi terbaru, tapi jarang penjualannya menurun begitu drastis setelah dirombak. Ternyata ini disebabkan oleh Veloz yang sudah menjadi model terpisah dari Avanza. Karena Veloz menjadi model tersendiri, maka konsumen Avanza mulai beralih ke model paling mewahnya.

(Toyota Astra Motor)

Disaingi Brio

Namun di bulan Maret lalu, Avanza kembali masuk ke dalam posisi tiga besar, sedangkan Veloz di peringkat 11. Sepertinya keadaan mulai berbalik, dimana Avanza bisa mencatatkan hasil cukup bagus ketimbang Veloz. Walau belum dapat dipastikan apakah keadaan ini bisa bertahan hingga akhir tahun 2022.

Tapi tetap saja Avanza masih belum dapat memuncaki penjualan mobil di Indonesia secara keseluruhan. Jelas karena model ini mendapat persaingan sengit dari sejumlah model lainnya, entah itu LMPV, SUV, LCGC, atau bahkan mobil niaga. Honda Brio misalnya, yang selalu memuncaki penjualan mobil di Tanah Air, atau Suzuki Carry Pick-up.

Toyota sudah tahu akan adanya persaingan yang semakin ketat di pasar roda empat di Indonesia. Walau begitu, mereka tetap yakin Avanza dan Veloz sudah menjadi tulang punggung penjualannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives