Penjualan Mobil Bulan Maret 2022 Sudah Memulih!

RiderTua.com – Penjualan mobil pada tahun 2020 lalu sempat mengalami penurunan drastis jika dibandingkan dengan sebelumnya. Akibatnya, pada tahun selanjutnya pemerintah memberikan keringanan berupa insentif PPnBM bagi sejumlah mobil. Namun pada bulan Maret tahun ini, penjualan mobil tercatat sudah memulih jika dibandingkan dengan sebelumnya. Bahkan hasilnya sudah lebih baik dari dua tahun sebelumnya.

Baca juga: Daihatsu Catatkan Kenaikan Penjualan Mobil Hingga 55 Persen!

Penjualan Mobil Bulan Lalu Memulih Dari Sebelumnya

Bulan Maret lalu, penjualan mobil tercatat mencapai 98.524 unit secara wholesales dan 89.811 unit secara retail. Angka penjualan ini nyaris menyentuh angka 100 ribu unit, dan ini sudah menjadi hasil yang sangat bagus. Bahkan hasilnya sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya sejak tahun 2020 lalu.

Dengan ini pasar roda empat di Tanah Air sudah memulih sepenuhnya, terbukti dengan adanya hasil yang bagus ini. Meskipun saat ini produsen dihadapkan dengan masalah lainnya seperti krisis chip semi-konduktor. Walau ada sebagian yang terkena dampaknya, tapi tak begitu serius seperti yang diduga.

(Honda Indonesia)

Pameran Otomotif

Selain itu, adanya insentif PPnBM juga mampu memberikan hasil maksimal pada penjualan mobil di Indonesia. Meskipun penerapannya terlambat, setidaknya ini sudah cukup untuk meningkatkan penjualan secara keseluruhan. Apalagi kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh produsen, dengan meluncurkan produk terbarunya.

Contohnya Honda yang meluncurkan generasi terbaru HR-V pada bulan Maret lalu, tepat sebelum pameran otomotif IIMS 2022 dimulai. Ketika pameran berlangsung akhir Maret 2022, banyak produsen yang juga merilis produk anyarnya. Selain itu juga, model seperti Avanza-Veloz-Xenia yang mulai mencatatkan kenaikan penjualannya setelah mendapat perombakan.

Gaikindo berharap ke depannya penjualan mobil bisa ditingkatkan lebih jauh lagi. Meskipun insentif PPnBM tak lagi diperpanjang, setidaknya untuk sekarang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives