Franco Morbidelli: Race Direction Harus Mengembalikan Poin Saya!

RiderTua.com – Franco Morbidelli berujar race direction harus mengembalikan poin dia, karena dalam buku peraturan menyebutkan jika pembalap tidak mendapat keuntungan dengan melebihi batas lintasan maka tidak dikenakan hukuman. Race direction MotoGP, Freddie Spencer dianggap tidak objektif dengan kondisinya. Pembalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha itu melewati garis finis di -di Austin. Tapi karena pelanggaran track limits (batas lintasan) di lap terakhir, pembalap murid VR46 itu kena hukuman turun satu posisi. Akibatnya, pembalap blasteran Italia-Brasil itu kehilangan poin karena turun ke posisi ke-16. Usai balapan, pembalap berusia 27 tahun itu blak-blakan mengungkap apa yang terjadi saat terjadi duel singkat melawan Andrea Dovizioso.

Franco Morbidelli: Race Direction Harus Mengembalikan Poin Saya

Franco Morbidelli menjelaskan, “Kami mencoba set-up baru untuk balapan. Saya tidak mendapatkan kesempatan untuk mencoba set-up dalam sesi pemanasan. Kami mengalami masalah elektronik. Jadi saya harus melakukannya di balapan. Saya merasa lebih baik, tetapi kami seharusnya bekerja lebih banyak. Saya bisa melakukan beberapa manuver dalam balapan, tapi saya juga sering melebar.”

Di akhir balapan, Morbidelli menganggap dirinya sebagai korban. “Saya berbicara dengan Freddie (Spencer) bahwa dia harus mengembalikan 1 poin saya. Harus dilihat dulu, tetapi saya pikir saya berhak mendapatkan poin. Ini poin penting. Saya pikir kami dapat bekerja dengan baik dengan motor in,” imbuh murid Valentino Rossi itu.

Hasil race MotoGP Amerika 2022
Hasil race MotoGP Amerika 2022

Mengenai insiden itu, Morbidelli mengatakan, “Dovi mencoba menyalip saya dua tikungan sebelum garis finis. Dia kemudian melebar. Saya juga melewati di atas garis border (seperti zebra cross), berada di zona hijau dan kehilangan banyak waktu. Kemudian di trek lurus, akselerasi saya adalah yang terburuk. Kemudian Dovi melebar di tikungan terakhir dan saya bisa menyalipnya lagi.”

“Usai balapan, mereka menganulir posisi saya. Tapi menurut buku peraturan, ini tentang berapa banyak kita justru dirugikan dengan melewati track limit, jadi saya harus mendapatkan posisi saya kembali. Mereka akan membuat aturan yang lebih jelas ke depan yang lebih cocok dengan filosofi balap. Tapi sayangnya itu terjadi kali ini. Kita lihat apa yang mereka putuskan,” pungkas Franky.

Track limits rule MotoGP

Bagian penting dari peraturan ‘trek limit’ adalah bagi pembalap yang memperebutkan posisi pada putaran terakhir, pembalap yang melampaui batas lintasan (track limits) tidak hanya tidak boleh mendapatkan keuntungan, mereka juga harus menunjukkan kerugian yang jelas dibandingkan dengan pembalap yang tetap berada di lintasan dengan siapa mereka bersaing ketat memperebutkan posisi itu.

Related Articles

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: