Kijang Innova EV Concept, Calon Mobil Listrik Pertama Toyota?

RiderTua.com – Kijang Innova EV Concept ternyata menjadi kejutan yang dimaksud Toyota pada pameran IIMS 2022. Mobil MPV medium ini hadir sebagai model konsep yang mengandalkan tenaga listrik murni. Meskipun Kijang Innova EV Concept ini belum bisa dijual, tapi modelnya sudah cukup menjanjikan. Model tersebut juga disebut menjadi calon mobil EV pertama yang akan diproduksi Toyota di Indonesia.

Baca juga: Toyota Veloz Diuji Tabrak Oleh ANCAP, Ini Hasilnya

Kijang Innova EV Concept Belum Bisa Dijual

Untuk penampilannya, sekilas masih sama dengan model konvensionalnya, walau bagian grille-nya diubah secara keseluruhan. Selain itu, Toyota memberi aksen warna biru pada logo, lampu depan, serta bodi mobil. Tentunya aksen warna biru ini digunakan untuk mempertegas identitasnya sebagai mobil listrik.

Namun Toyota tak merinci spesifikasi yang diusung pada Kijang Innova versi listrik ini. Tapi karena berupa model EV, jelas mobil MPV medium ini hanya mengandalkan motor serta baterai listrik. Sehingga model ini bisa menghasilkan emisi yang lebih minim jika dibandingkan dengan model konvensionalnya.

(AutoFun)

MPV Listrik

Selama beberapa tahun, Kijang Innova memiliki varian mesin bensin dan diesel yang ditawarkan di Indonesia. Toyota sengaja memilih model ini untuk dikonversi ke model EV karena sejarahnya yang cukup panjang di pasar roda empat. Seakan Kijang Innova sudah menjadi ‘model kesayangan’ Toyota Indonesia.

Walau bukan mobil nasional, Kijang Innova memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mendapai 89 persen. Selain itu model ini masih menjadi pemimpin di pasar mobil MPV medium selama beberapa tahun terakhir. Apalagi dengan era elektrifikasi yang semakin maju, Toyota memilih untuk menggabungkan Kijang Innova dengan teknologi EV miliknya.

Untuk sekarang, model ini baru sebatas model konsep sehingga belum bisa dilepas ke pasar. Tapi siapa tahu Kijang Innova EV bakal menjadi mobil listrik pertama Toyota yang diproduksi secara lokal.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives