Toyota Veloz Diuji Tabrak Oleh ANCAP, Ini Hasilnya

RiderTua.com – Toyota Veloz kini menjadi model terpisah dari Avanza setelah sekian lama menjadi varian tertinggi bagi LMPV tersebut. Tak seperti Avanza, Veloz memiliki tampilan dan fitur lebih bagus dan lengkap. Baru saja Toyota Veloz menjalani tes tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP. Hasilnya MPV ini mendapatkan rating lima bintang dari ANCAP.

Baca juga: Toyota GR Yaris Bakal Hadirkan Pilihan Transmisi Otomatis?

Toyota Veloz Menjalani Tes Tabrak Dari ASEAN NCAP

Rating lima bintang tentu sudah menjadi hasil yang sangat bagus, terutama untuk mobil baru seperti Veloz. Model ini nyaris mendapatkan skor 80, atau tepatnya 79,99 poin, itupun merupakan total keseluruhan poin yang didapatkannya. Ini termasuk skor perlindungan untuk penumpang dewasa, anak-anak, serta pengguna jalan.

Untuk perlindungan penumpang dewasa, Veloz mendapat rating lima bintang dan mencetak angka 27,90 dari total poin 32,00. Sementara untuk perlindungan penumpang anak-anak mendapat skor 43,78 dari 51,00 poin, dengan hasil lima bintang pula. Kemudian safety assist dan motorcycle safety mendapat 16,83 poin dari total 21,00 dan 9,53 dari total 16,00.

(Toyota Astra Motor)

Hasil Sempurna

Tentu ini hasil yang cukup bagus, sebab Veloz yang diujikan memiliki segudang fitur keselamatan cukup lengkap. Dari res ABS, seat belt reminder, electronic stability control, serta airbag, walau di Indonesia hanya ada dua airbag depan saja. Namun keseluruhan fitur keselamatannya dikemas dalam Toyota Safety Sense (TSS).

Veloz memiliki fitur keselamatan yang jauh lebih lengkap ketimbang Avanza maupun Xenia, walau di negara lainnya harus ada fitur yang menjadi fitur standarnya. Seperti blind spot detection yang menjadi fitur standar bagi Veloz yang dijual di Vietnam, Brunei, dan Thailand. Kemudian autonomous engine braking inter-urban juga menjadi fitur standarnya di Brunei.

Memang Veloz takkan tersedia di seluruh kawasan Asia Tenggara, begitupun dengan Avanza. Seperti di Filipina, dimana hanya Avanza yang dihadirkan disana ketimbang Veloz.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives