Wow! Chicane Baru Red Bull Ring Lebih Aman, Zig-zag?

RiderTua.com – Red Bull Ring: Chicane baru tikungan 2 siap digunakan, lebih aman dengan model zig-zag untuk meredam speed setelah treknya sedikit ‘dibengkokkan’.. Chicane baru khusus untuk balap MotoGP telah diresmikan oleh Red Bull Ring, untuk meningkatkan keselamatan di Tikungan 2. Sementara untuk F1 akan terus menggunakan tata letak asli, melewati chicane. Desain ini dirancang oleh Hermann Tilke dalam kerjasama erat dengan FIM, Dorna dan FIA. Bagaimana menurutmu?

Chicane Baru Red Bull Ring Lebih Aman, Zig-zag?

Sebelum menggelar balapan MotoGP musim 2022, Red Bull Ring meluncurkan varian layout baru dengan chicane di tikungan 2 yang akan digunakan di GP Austria mulai 19 hingga 21 Agustus di Spielberg. Kini pekerjaan renovasi di Red Bull Ring sudah selesai. Arsitek trek balap Hermann Tilke secara signifikan terlibat dalam perencanaan. Perbaikan ini dilakukan salah satunya karena crash dahsyat yang menimpa Johann Zarco dan Franco Morbidelli pada 2020. Untuk itulah sangat jelas bahwa tikungan 2 harus ‘dijinakkan’.

Red Bull Ring: Chicane Baru Sebelum Tikungan 3 Siap Digunakan

Dimulainya kejuaraan dunia balap motor menjanjikan musim yang menarik dengan banyak penantang gelar. Lebih banyak bersabar sangat diperlukan sampai pembalap terbaik di dunia mampu menunjukkan keterampilan mereka sekali lagi di Red Bull Ring-Spielberg.

Pada November 2021, berkoordinasi dengan FIM, Dorna dan FIA, pekerjaan dimulai pada konversi varian tata letak yang baru saja selesai. Perancang trek balap terkenal Hermann Tilke bertanggung jawab untuk merencanakan chicane di barat laut area tersebut, yang akan digunakan dalam seri balap roda dua mulai tahun 2022.

Namun di masa depan, Formula 1 akan terus berkompetisi untuk memperebutkan poin Kejuaraan Dunia pada trek saat ini tanpa chicanes karena tidak ada ruang bagi mobil balap untuk menyalip.

Hermann Tilke secara pribadi mengadaptasi Red Bull Ring-nya. Mulai November 2021, bagian menanjak dari Red Bull Ring di area tikungan 2 diperluas menjadi chicane dengan berkoordinasi erat dengan FIM, Dorna, dan FIA. Tindakan yang menurut direktur balapan sekaligus mantan pembalap Andreas Meklau gambarkan sebagai tindakan tidak perlu pada musim panas 2021 sebelum GP Styria.

Tetapi para pembalap MotoGP dan Petugas Keselamatan Franco Uncini setuju bahwa titik bahaya kecepatan tinggi ini harus dihilangkan dan ‘dijinakkan’. Pada 2020, Rossi dan Vinales hampir terdampak motor terbang disini!

Arsitek trek balap asal Jerman yang tahu betul seluk beluk trek GP Austria dengan sangat baik, sebagian besar bertanggung jawab atas perencanaan tersebut. Tilke mengatakan, “Semuanya dimulai dengan proyek Formula 1. Sejak itu, kami telah berulang kali mengikuti perubahan yang lebih kecil dan lebih besar di Red Bull Ring dalam perencanaan. Ini adalah trek balap yang indah di depan panorama Alpen yang menakjubkan. Lintasan ini sangat disukai oleh penonton dan pembalap.”

Buntut Insiden Balap, 4 Rider Dipanggil MotoGP Steward

Lebih Menarik dan Aman untuk Balapan

Untuk meningkatkan keselamatan di Red Bull Ring, khususnya di kelas premier, top speed untuk motor balap akan dikurangi di tikungan kedua. “Untuk MotoGP, profil kecepatan yang dikurangi diperlukan di area trek yang relevan. Hal ini dicapai oleh varian kompak dengan kombinasi kanan-kiri berpotongan tanpa mempengaruhi trek yang ada. Perencanaan merupakan tantangan nyata, terutama karena topografi medannya,” jelas Hermann Tilke.

Dalam perjalanan penyelidikan ekstensif, konsep tata letak akhir dengan chicane muncul sebagai solusi ideal dari 15 konsep. Perencanaan trek didasarkan pada perhitungan kecepatan yang solid, yang menghasilkan dimensi baru dari zona limpasan dan fasilitas keselamatan lainnya.

Dua putaran 90 derajat dalam karakter tikungan ganda yang cepat, memberikan tantangan olahraga dan akan menuntut semua keterampilan membalap para rider MotoGP.

Ini menjamin lebih banyak keseruan dengan lebih banyak manuver menyalip di kelas utama balap motor. Varian tata letak tambahan di area tikungan 2 ini terutama ditujukan untuk seri balap roda dua. Konfigurasi trek yang biasa masih dipertahankan, jadi sekarang tersedia dua varian dan jumlah tikungan tidak berubah. Red Bull Ring masih terdiri dari 10 tikungan.

Para penggemar masih harus bersabar sampai chicane baru akan dijajal pada balapan MotoGP di Red Bull Ring pada 21 Agustus 2022.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives